Tips foto menggunakan kamera ponsel

Pernahkah suatu ketika anda sedang berangkat untuk melakukan aktifitas rutin seperti kerja,atau berangkat sekolah serta joging diminggu pagi yg cerang dan suatu ketika ada kejadian/momen yg tak terduga pada saat anda sedang tidak membawa kamera digital/SLR yg biasa anda bawa, apa yg akan anda lakukan?

jawabannya sudah pasti menggunakan kamera ponsel.

Ponsel berkamera, tentunya sudah tidak asing lagi bagi para penikmat teknologi. Semakin hari semakin banyak saja orang yang memiliki ponsel berkamera. Beragam model dari yang harganya tidak terlalu mahal hingga yang bergaya jetset dapat kita temukan dipasaran. Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat kita mampu menghasilkan foto dari kamera ponsel layaknya foto grafer profesional.
Namun untuk mendapatkan semuanya itu ada tips-tips khusus yaitu :

















1. Dekatkan ke objekMemotret jarak jauh menggunakan kamera ponsel memang cukup sulit, ini disebabkan karena diafragma kamera ponsel terbatas dan sudut pandangnya tidak bisa lebar. Maka kita harus pandai-pandai mencari celah terbaik misalnya dengan lebih mendekat ke obyek foto
Ponsel yang tersedia kebanyakan tidak dibekali dengan fitur zoom yang maksimal, jadi pastikan anda mendekati objek yang akan dibidik. Format pengambilan foto close up membuat hasil foto jauh terlihat lebih detail. Tetapi hati-hati, pengambilan gambar yang terlalu dekat malah akan membuat gambar menjadi blur.












2. Perhatikan cahaya

Cobalah untuk mengambil gambar dalam kondisi penerangan yang cukup karena semakin kecil pencahayaan hasilnya juga semakin buruk, namun berhati-hatilah, bahkan terkadang fitur flash pada kamerapun bisa menyebabkan gambar menjadi makin buruk.








3. Perhatikan latar belakang

Tempatkan objek dengan latar belakang yang tidak terlalu sibuk perhatikan juga apakah latar belakang tidak mengganggu objek. Jangan sampai pohon yang ada di belakang objek seolah-olah tumbuh dari kepala si objek.








4. Coba angel yang berbeda

Jangan takut untuk bereksperimen. Jika ponsel anda dibekali dengan kartu memori yag cukup, cobalah mengambil foto dengan angel yang berbeda-beda. Foto akan terlihat tidak monoton dan kreatif.








5. Pilihlah resolusi yang tinggi

Makin tinggi resolusi yang anda pakai, makin baik hasil gambar yang dihasilkan. Perbedaan kualitas foto antara resolusi tinggi dan rendah tidak akan terlihat di layar ponsel. Perbedaan ini akan terlihat begitu anda melihatnya di layar komputer.








6. Bersihkan lensa

Ponsel kamera pada umumnya tidak dibekal dengan penutup lensa. Ini membuat lensa mudah kotor karena debu atau cap sisik jari anda yang tertinggal. Pastikan untuk membersihkan lensa anda sebelum mengambil foto.



























7. Bijaksanalah menggunakan memori

Biasakan untuk memindahkan foto anda ke PC. Jadi selalu ada kapasitas memori yang cukup untuk mengambil foto.








8. Steady

Jaga keseimbangan. Usahakan tangan anda jangan sampai bergoyang saat tombol shutter ditekan. Ini menjaga foto anda agar tidak blur.
Seringkali tangan kita bergoyang saat mengambil sebuah gambar, oleh sebab itulah harus dibiasakan agar tangan tetap tenang, tegap mengingat kita  tidak memakai tripod. Atau bisa dilakukan juga dengan memakai kedua tangan saat mengambil gambar/memotret.









9. Eksplorasi fitur yang tersedia

Ponsel kamera untuk tipe-tipe ponsel mid-end dan high-end umumnya dibekali dengan fitur yang cukup lengkap. Di sana anda dapat temukan fitur brightness, exposure, white balance, dan fitur-fitur lain. Sesekali sempatkanlah untuk mengeksplorasi fitur apa saja yang ada di kamea ponsel anda.








10. Eksperimen white balance

Ponsel anda memiliki fitur white balance? Cobala mengutak-atik fitur ini. anda dapat memodifikasi warna dan menghasilkan warna dan menghasilkan foto yang berbeda-beda.








11. Hindari penggunaan digital zoom’

Dekatkan diri ke objek dengan cara mengeser posisi and, bukan dengan digital zoom. Penggunaan digital zoom bisa membuat kualitas gambar berkurang.








12. Perhatikan ukuran cetak

Foto yang dibidik dari ponsel bisa dicetak dengan kualitas maksimal jika anda menyesuakan ukuran cetak dengan resolusi gambar.


Itu dia tips dan trik yang dapat saya bagikan. Semoga cita-cita anda untuk menjadi fotografer professional dapat terwujud. Selamat mencoba.

tips dari nubie  :usahakan sebuah foto itu seakan-akan bisa bercerita dgn cara memasukkan sebagian background dalam objek foto kita..
Berikut gambar yg saya ambil sendiri menggunakan kamera blackberry curve, walaupun masih jauh dari BAGUS ^^

sebelum diedit

Sebelum diedit

 Gambar setelah dicerahkan dengan menggunakan photoshop

Menggunakan tehnik hitam-putih juga menimbulkan kesan angker pada objek




Sumber:





tips ini dapat didownload disini

[scribd id=73083887 key=key-2b2uueo5kljt4c6lckh4 mode=list]
Thanks for your comment