Blog Vs Buku Tulis


Pada tulisan sebelumnya saya mencoba untuk menjelaskan apa manfaat menulis bagi kita, dari sekian banyak manfaat yang bisa didapat berikutnya muncul ketertarikan kita untuk menulis, menulis bisa dilakukan di banyak media, kita sebut saja salah satunya layanan blog dan buku tulis. berikut akan saya coba memberikan gambaran mengenai kelebihan masing-masing media tulis tersebut.

1. Dari segi kecepatan.
kata orang menulis dengan tangan itu lebih cepat, namun jika kita menuliskan banyak ide kedalam buku tulis tentu saja tangan jadi kecapean dan keram.
Sedangkan menulis di blog menggunakan jari, jika terbiasa tentunya akan lebih cepat.

2. Dari segi pengeditan tulisan.
Menulis di blog jika ada kata-kata yang kurang tepat atau salah ketik tentunya bisa diedit sesegera mungkin, ada fitur penyimpanan tulisan jika dirasa belum saatnya tulisan itu dipublikasikan sehingga suatu saat kita bisa membuka kembali dan mengedit sesuai dengan yang kita inginkan(kali-kali aja nanti bakal muncul ide baru dan kata-kata yang lebih baik dibaca oleh khalayak).
Menulis di buku tulis tentunya kata-kata yang salah bisa dihapus dan diganti dengan tulisan lain dengan menggunakan penghapus (itupun jika anda menulis dengan pensil), bayangkan bagaimana jika anda melakukan kesalahan dalam penulisan dengan menggunakan bolpoint? berapa banyak cairan pemutih yang anda gunakan untuk menyamarkan kalimat/kata anda yang salah? menggunakan pemutih/mencoret pada bagian yang salah tentunya akan merusak tulisan pada buku tulis anda.

3. Dari segi biaya
Memang membeli buku jurnal/buku diary cukup murah dan bisa digunakan selama mungkin, tergantung dari ketebalan buku tulis yang anda beli, buku diary rata-rata memiliki ketebalan halaman sehingga kita bisa menuliskan pengalaman yang terjadi setahun penuh.
Berbeda halnya dengan blog, kita harus menyediakan cukup uang untuk menulis blog di warnet atau dengan membeli paket data.

4. Dari segi tampilannya
Kita tidak akan bisa mempermak tampilan dari buku tulis, namun bisa disiasati dengan menambah pernak-pernik stiker pada sampul buku agar terlihat lebih menarik.
Berbeda halnya dengan blog dimana halaman bisa kita permak sesuai dengan yang kita mau, pada menu blog biasanya terdapat fitur widget/gadget yang bisa memperkaya tampilan blog, sebagai contoh kita bisa memasukkan menu yahoo messenger sehingga jika ada yang berkunjung ke blog bisa langsung berinteraksi dengan kita, tentunya ini adalah salahsatu dari sekian banyak kelebihan blog yang bisa mendekatkan kita dengan si pembaca, masih banyak gadget lain yang berguna dan itu tergantung style/phasion dari masing-masing orang.

5. Dari segi keamanan
Seperti halnya diary tentunya buku tersebut bersifat sangat pribadi sehingga kita harus menyimpan sebaik mungkin agar tidak terbaca oleh orang lain, hal ini menjadi sepenuhnya tanggung jawab bagi pemilik buku karena bersifat pribadi dan merupakan hak asasi daripada pemilik itu sendiri.
Dengan menulis di blog kita bisa memilih tulisan mana yang bisa diterbitan ataupun yang hanya bisa dibaca oleh pemilik blog.

6. Dari segi nilai kenangan
Menulis di diary pada saat remaja tentunya akan sangat berharga jika dibaca saat berusia 30 tahunan.
Di blog tentunya memiliki kenangan juga, sepanjang blog kita masih aktif.

7. Dari segi pertemanan
Dengan buku tulis yang ada miliki anda bisa memiliki banyak teman atau bahkan fans jika dengan tulisan yang anda miliki mampu menginspirasi banyak orang, itupun jika anda mau memperlihatkan tulisan anda di buku tulis kepada semua orang.
Berbeda dengan blog, menulis di blog jika anda publikasikan keseluruh dunia tentunya akan dibaca oleh banyak orang melalui akses internet, dengan demikian anda bisa memiliki banyak teman yang tertarik dengan tulisan anda, selain itu anda juga bisa memiliki teman antar pengguna blog, baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara.

Nah itu dia masing-masing kelebihan dan kekurangan dari kedua media tulis tersebut. Sekarang terserah pilihan anda mau menulis dengan media apa, saran saya jika anda ingin menulis sesuatu yang bersifat pribadi tulislah di buku diary, namun jika anda menulis sesuatu yang bermanfaat atau pengalaman anda yang menarik kepada seluruh dunia gunakanlah blog.

Baca juga artiket terkait:

1 komentar :

Click here for komentar
19 November 2013 14.29 ×

Menangkan Voucher Belanja IDR 250,000 dengan mengikuti Activorm’s Survey Days yang ada di website ACTIVORM.. Dengan mengikuti Activorm’s Survey Days, kalian juga berkesempatan untuk mengikuti Activorm’s Private Beta dimana akan ada lebih banyak lagi hadiah menanti kalian! Klik sekarang juga ACTIVORM, kesempatan terbatas untuk 1,000 orang pertama!

Congrats bro Wicco Steven you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment