Mulailah menulis hari ini juga

Apakah anda seorang penulis? sadar ataupun tidak bahwa semua orang apalagi yang hidup dijaman sekarang adalah seorang penulis, menulis itu sendiri merupakan kegiatan mengekspresikan diri melalui suatu media agar gagasan/pikiran/pengalaman bisa sampai ke khalayak dengan berbagai maksud dan tujuan. Pada prinsipnya, menulis hanyalah permainan bahasa dengan merangkai kata-kata menjadi kalimat, menyusun kalimat menjadi paragraf dan kumpulan dari paragraf itulah yang disebut tulisan. Saya berani berkata bahwa anda adalah seorang penulis, pada dasarnya semua orang adalah penulis, seperti yang disebutkan diatas, menulis merupakan kegiatan mengekspresikan diri melalui suatu media dengan maksud dan tujuan tertentu, pernahkah anda menulis/memposting sesuatu gagasan anda melalui jaringan sosial facebook/twitter? BINGO!! pertanyaan berikutnya adalah, "tidakkah anda memiliki minat untuk menjadi penulis yang sedikit tidaknya lebih profesional?" pastinya itu tergantung dari diri anda sendiri, disini saya akan mencoba memberikan gambaran mengenai manfaat yang bisa kita dapat dengan menulis. Dari beberapa referensi yang saya dapat manfaat menulis itu antara lain:
  1. Menulis dapat menghilangkan stress. Kita dapat mencurahkan perasaan dengan tulisan, dengan demikian tekanan batin yang dirasakan akan berkurang, menulis untuk menghilangkan stress sama halnya dengan curhat ke orang yang kita percaya, dengan menulis kita bisa berbagi dari rasa tertekan, dengan demikian kesehatan fisik dan mentalpun akan lebih terjaga.
  2. Sebagai alat menyimpan memori. Sebagai manusia yang tak sempurna tentu kita memiliki segala keterbatasan, termasuk kapasitas ingatan yang ada pada otak kita, dengan menuliskannya kita bisa menyimpan memori lebih lama, menulis untuk menyimpan memori biasanya terdapat pada buku diari, tulisan lainnya yaitu pencatatan pendapatan dan pengeluaran, menuliskan ide/gagasan dan lain sebagainya.
  3. Melatih berfikir teratur. Menulis tentunya tidak boleh sembarangan, khususnya sebuah tulisan yang dipublikasikan seperti bacaan fiksi(novel,puisi dll) maupun non fiksi(berita,ilmu pengetahuan dll) maka kita dituntut untuk membuat tulisan yang sistematis sehingga pembaca bisa mengerti apa yang ingin kita sampaikan.
  4. Menulis sebagai sumber penghasilan. Kenapa tidak?setiap orang justru membutuhkan bacaan baik berupa bacaan fiksi maupun non fiksi. bagi orang yang pandai menulis tentu saja akan menjadi sumber penghasilan.
Tertarik untuk menulis? seperti yang disebutkan diatas banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari menulis, jadi mulailah menulis hari ini juga.
Baca juga tulisan saya Apa asiknya ngeblog? yaitu suatu tulisan yang membahas tentang letak kepuasan menulis dengan menggunakan media blog.

Sumber: anneahira
Thanks for your comment