Menjadi fotografer menggunakan kamera ponsel


Siapa bilang untuk jadi seorang fotografer harus dengan menggunakan kamera DSLR yang canggih? dengan memanfaatkan kamera ponsel kita juga bisa menjadi seorang fotografer yang handal. Dengan bantuan beberapa aplikasi foto editor yang bisa didapat dengan gratis, kita bisa melakukan editing untuk mencerahkan gambar dan memberikan beberapa efek yang dapat menambah seni suatu foto.
Tehnik menggunakan kamera ponsel sudah pernah saya tulis sebelumnya, anda bisa mempelajarinya disini 

Fotografi berasal dari bahasa yunani, Phobos yang berarti cahaya dan Graphoo yang berarti menulis. Fotografi adalah pembuatan gambar dengan menggunakan lensa dan film atau pelat peka cahaya. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Sir John Herschel pada tahun 1839.
Kita sebut saja Phonselografer, ialah seseorang yang membuatan gambar dengan menggunakan lensa dan film atau pelat peka cahaya dari kamera ponsel. Istilah ini pertama kali digunakan oleh.. saya

Adapun beberapa alasan menggunakan kamera ponsel adalah:

  1. Mudah dibawa. karena bentuknya yang kecil dan tipis ponsel tentunya dibawa kemanapun yang kita inginkan hanya dengan memasukkannya ke kantong celana.
  2. Ringan. Berbeda dengan kamera DSLR yang memiliki bobot 1/2-beberapa kilogram.
  3. Mudah dipakai. kamera ponsel mudah dioperasikan, cukup dengan menyalakan-atur pencahayaannya seperti modus malam/normal. ya gitu aja seh..
  4. Resolusi gambar yang kecil. seperti hasil tangkapan kamera ponsel saya yang menghasilkan gambar dengan besaran data 200-300kb.
Masih banyak kemudahan lainnya yg mungkin lupa saya sebutkan lagi :p

Untuk menjadi seorang Phonselografer ada beberapa peralatan dan aplikasi yang wajib kita miliki, saya menggunakan ponsel Blackberry curve 8520 dengan resolusi kamera 1,5Mpx:
  1. Tentu saja kamera ponsel, 1.5Mpx saja sudah cukup kok, tergantung pengaturan kamera terhadap tempat yang menjadi objeknya, jika gelap gunakan modus malam, namun saran saya usahakan mengambil gambar tidak disaat dan di suatu rungan yang gelap, atau jika memang hasil gambar gelap bisa diedit dengan menggunakan aplikasi dibawah ini.
  2. Aplikasi foto editor seperti Photo Editor Ultimate Free bisa kita gunakan untuk mencerahkan gambar, disana terdapat menu Color yang berfungsi untuk menambah/mengurangi contras, gamma dll. masih banyak menu lainnya yang bisa kita manfaatkan secara gratis dan yang terpenting adalah tanpa watermark.
  3. Aplikasi Picmix bisa dimanfaatkan sebagai foto editor untuk memberikan efek bingkai pada foto kita.
Contoh gambar dari aplikasi Photo Editor Ultimate Free
Disini saya menggunakan Photo Editor Ultimate Free untuk mencerahkan gambar yang gelap. Fitur ini bisa didapatkan di menu color

Aplikasi Picmix.
Saya menggunakan aplikasi ini untuk memberikan desain bingkai, selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk merubah warna dari gambar, misalkan saja black and white, shepia, lomo dll.






Dan satu lagi, PixMic juga merupakan Social Network fotografi Mobile dimana kita bisa melihat foto teman atau orang lain dari berbagai belahan dunia.

Berminat menjadi fotografer ponsel? take your cellphone and get start it

4 komentar

Click here for komentar
29 Maret 2012 15.07 ×

teknologi sekarang memang bikin semua jadi makin praktis, apalagi soal kamera. Bisa dibilang bukan handphone berkamera lagi sekarang malah kamera yang bisa telepon. hehe

Ada event buat para blogger nih, hadiahnya Samsung Galaxy ACE dan uang tunai, info lebih lanjut langsung saja ke blog saya.

Reply
avatar
29 Maret 2012 18.00 ×

sy udah pasang mapnya, dan blognya jg udah didaftarkan. mudah2an menang ya bro ^^

Reply
avatar
21 April 2012 20.15 ×

belum sempet coba picmix......lebih suka instagram.......

Reply
avatar
21 April 2012 21.00 ×

tergantung devicenya seh bos, kalo instagramnya ada di blackberry mungkin bakal make itu. kalo di picmix kita leluasa ganti figura sama nambah efek warna pada foto spti sephia, lomo dll

Reply
avatar
Thanks for your comment