Tujuan Menulis

Setelah menulis tentang manfaat menulis pada postingan "Mulailah menulis hari ini juga" maka kini saatnya membahas tentang tujuan daripada menulis. Seseorang tergerak untuk menulis entah melalui media cetak ataupun media elektronik tentunya memiliki tujuan, hendaknya tulisan ini harus bisa dipertanggungjawabkan dihadapan publik pembacanya karena pada dasarnya tulisan  adalah sarana untuk menyampaikan pendapat atau gagasan agar dapat dipahami dan diterima oleh orang lain. Tulisan menjadi salahsatu sarana berkomunikasi yang cukup efektif dan efisien untuk mencapai khalayak yang luas.

Adapun tujuan penulisan tersebut adalah:

  1. Sarana Informasi. Apakah itu fakta, data, maupun peristiwa termasuk pendapat dan pandangan terhadap fakta, data dan peristiwa agar pembaca memperoleh pengetahuan dan pemahaman baru tentang berbagai hal.
  2. Membujuk. melalui tulisannya, seorang penulis berharap agar pembacanya dapat menentukan sikap, apakah menyetujui atau mendukung suatu tulisan yang dikemukakan. Penulis harus mampu membujuk dan meyakinkan pembaca dengan menggunakan gaya bahasa yang persuasif. Oleh karena itu, fungsi persuasi dari sebuah tulisan akan dapat menghasilkan apabila penulis  mampu menyajikan dengan gaya bahasa yang menarik, akrab, bersahabat, dan mudah dicerna.
  3. Mendidik. Melalui membaca dari hasil tulisan wawasan pengetahuan seseorang akan terus bertambah, kecerdasan akan terus diasah. Hal ini merupakan salahsatu dari tujuan komunikasai melalui tulisan.
  4. Menghibur. melalui tulisan-tulisan atau bacaan-bacaan ringan yang kaya dengan anekdot, cerita dan pengalaman lucu bisa pula menjadi bacaan penglipur lara.
Thanks for your comment