Mempromosikan blog dengan QR Code


Jika anda melihat sidebar kiri dari tampilan blog ini anda mungkin akan melihat kode batangan berwarna hitam, tepatnya berada dibawah widget Yahoo Messenger, itu adalah QR Code yang tersambung ke blog saya dalam format mobile browser.

Kode QR atau QR Code sendiri merupakan kepanjangan dari Quick Response Code yang merupakan suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang memiliki fungsi sebagai hipertaut fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, no telp, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, kartu nama ataupun pada media lainnya.

Berbeda dengan kode batang yang sering dijumpai pada barang yang dijual di supermarket dimana kode yang tersimpan secara horizontal, maka Kode QR dapat menampung data secara vertikal maupun horizontal, jadi Kode QR dapat menampung lebih banyak informasi daripada kode batang.

Karena kemampuannya menyimpan informasi seperti yang dijelaskan diatas, QR Code banyak digunakan sebagai sarana komersial seperti memasukkan URL dan logo perusahaan dan bahkan mempromosikan blog dengan QR Code. Untuk kepentingan umum kode ini bisa dimanfaatkan sebagai keamanan makanan dengan menambahkan kode QR untuk mengetahui informasi kandungan nutrisi makanan, tanggal kadaluarsa dan lain sebagainya. Lebih lanjut lagi QR Code dapat dipasang pada kartu nama atau kartu pelajar untuk mempermudah absensi siswa dan mempermudah akses bagi para guru dan orang tua murid kepada proses belajar mengajar.

Cara Kerjanya?

Kode QR dapat digunakan pada Ponsel yang memiliki aplikasi pembaca Kode QR dan memiliki akses internet minimal GPRS yang berfungsi untuk menghubungkan ponsel ke situs yang dituju melalui browser seluler. Caranya yaitu pengguna ponsel harus mengaktifkan aplikasi pembaca Kode QR dan kemudian mengarahkan kamera untuk menangkap kode QR, selanjutnya secara otomatis program pembaca kode akan memindai informasi yang tertanam pada kode QR tersebut. Jika informasi yang ditanam berupa alamat situs atau URL maka kita akan disambungkan pada alamat yang tertuju tanpa mengetikkan URL situs yang dituju.


Dengan mengetahui manfaat dan kemudahan yang dihasilkan maka saya tergerak untuk membuat Kode QR bagi blog saya, Kode ini nantinya bisa ditambahkan pada kartu nama ataupun stiker.

Berminat membuat sendiri Kode QR anda? anda bisa membuatnya dengan cepat disini 


-->

2 komentar

Click here for komentar
31 Mei 2012 09.52 ×

cara mengaktifkan aplikasi pembaca Kode QR dan kemudian mengarahkan kamera untuk menangkap kode QR gimana bang? kayanya seru nih. hehe

Reply
avatar
1 Juni 2012 11.48 ×

tergantung ponselnya sih kalo saya pake blackberry jadi mesti download dulu aplikasinya di blackberry apps word, nah jalankan aplikasinya nanti otomatis masuk ke mode camera dan ambil gambar QR Codenya, nah nantinya aplikasinya sendiri akan menguraikan informasi yang tersimpan dalam QR code itu.

Reply
avatar
Thanks for your comment