Membuat toko online di Dwarapala

Selamat datang para enterpreneur.

Membuat toko online sebagai suatu sarana bisnis untuk mencari rejeki memang lagi marak dan layak untuk dipertimbangkan dijaman sekarang ini, tidak hanya perusahaan besar yang berlomba membuat toko online untuk memasyarakatkan produknya bahkan masyarakat pun memanfaatkan internet sebagai bisnis sampingan, bahkan banyak diantaranya justru sukses dari bisnis sampingannya tersebut dengan membuka toko online.

Berbeda dengan toko fisik, membuat toko online dibutuhkan modal yang relaif sedikit. Sebagai ilustrasi, untuk membuat toko baju anda harus menyewa tanah dan bangunan, beli stok barang, ngurus perijinan, bayar gaji karyawan, belum lagi jika anda berurusan dengan pajak. bandingkan jika anda memiliki toko online, hanya dengan membeli domain sebesar Rp.100.000 atau yang paling mahal sejuta, anda sudah memiliki toko online anda sendiri. dan lebih menarik lagi, dengan membuka toko online anda tidak perlu memiliki stok barang, anda hanya perlu order barang sesuai dengan pesanan pelanggan di suplayer langganan anda dan biarkan mereka yang mengurus pengiriman tepat kerumah konsumen anda, bisnis ini disebut dropshipping.

Berminat mencari sampingan dengan membuka toko online?
Melalui tulisan ini saya akan mengajak para pengusaha sekalian untuk belajar membuat toko online sendiri melalui layanan subdomain gratis DWARAPALA dimana seluruh materi sudah diusahakan tersusun dengan rapi yang mencakup:

  1. Cara mendaftar di  DWARAPALA
  2. Cara memasukkan foto produk.
  3. Seting toko online
  4. Membuat Page
  5. Tips terupdate
Mengapa menggunakan Dwarapala? karena bagi saya pribadi dwarapala merupakan layanan subdomain Toko Online yang menarik, proses pendaftaran cepat dan ga pake ribet. Dwarapala merupakan karya anak bangsa yang patut dibanggakan, sistem pembayaran yang sangat memasyarakat menggunakan transaksi dalam rupiah.

Tentu saja hal tersebut sudah dinanti-nantikan oleh para pelaku bisnis yang kepentok masalah pengetahuan tentang membuat toko online, saya jamin dengan mengikuti prosedur yang sudah disusun disini maka impian anda memiliki toko online sendiri akan segera terwujud.

Mengingat materinya yang lumayan banyak, mari kita mulai tanpa banyak basa-basi lagi.

1. Cara mendaftar ke DWARAPALA

Masuk ke situs http://dwarapala.com lakukan pendaftaran dengan mengisi email, password dan nama toko yang anda inginkan. Kemudian klik OPEN STORE.

Langkah berikutnya login dengan menggunakan nama toko, email dan password seperti yang telah anda daftarkan.
Setelah melakukan pendaftaran diatas anda akan memiliki toko online sendiri, berhubung untuk kepentingan pembelajaran dan demi memudahkan pemahaman pembaca maka saya pakai contoh pendaftaran menggunakan nama toko Testingstore.
Berikutnya nama domain toko online kita menjadi http://testingstore.dwarapala.com dan produk yang akan kita jual adalah produk fashion korea.

2. Memasukkan foto produk.
Setelah melakukan pendaftaran diatas kita akan otomatis masuk ke link "products" untuk menambahkan foto pada toko online kita, perhatikan gambar dibawah.
Untuk memasukkan foto produk tinggal klik kolom "Upload product photo" maka tampilannya seperti dibawah ini

Pilih gambar produk yang akan anda pasarkan
Isikan nama produk, Tag di(misalnya dress), deskripsi produk, Jumlah stok (defaultnya 1), harga (tanpa mengisi koma, contoh 230000) dan berat dalam Kg, Jika produk yang anda jual tidak lebih dari 1Kg gunakan pecahan 3 angka dibelakang koma, misal berat produk 32gr maka isikan 0,032 di kolom weight(kg).

Maka jadinya akan seperti dibawah ini
Tampilan awal toko online anda adalah


3. Seting Toko Online
Setelah memasukkan beberapa gambar produk yang kita jual saatnya melakukan beberapa setingan pada toko online.

Pertama-tama masuk ke "seting"-"store seting" masukkan no hp anda, no hp akan muncul secara otomatis di toko online anda pada posisi kanan bawah.

Hubungkan akun Facebook dan Twitter anda pada seting "social media", gunakan akun bisnis anda jika punya karena pelanggan akan mencari tahu identitas toko anda terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli produk yang anda jual.
Tetap di bagian seting pilih Themes untuk mengganti tema tampilan toko online anda, disini saya menyarankan untuk menggunakan tema DWARAPALA karena disamping tampilannya paling menarik juga paling mudah untuk di edit.


CARA MENYETING TEMA DWARAPALA.
Pada bagian ini saya paparkan cara mengedit tema dwarapala, tidak sulit untuk mengedit HTML dibandingkan layanan subdomain lain seperti wordpress offline dan blogspot.
Berdasarkan tampilan dasarnya tema DWARAPALA memiliki desain simpel dengan latar putih, coba dilihat struktur dibawah ini.


Pada tampilan awal dari tema DWARAPALA memiliki struktur:
  1. Nama toko dan koleksi produk berdasarkan tag pada pojok kiri atas. disebelah kanan COLLECTION akan diisi oleh "page" yang akan kita buat terakhir.
  2. SHOPPING CHART dan kolom SEARCH di pojok kanan atas.
  3. HIGHLIGHTED PRODUCT dibagian kiri yang hanya berjumlah 1 produk.
  4. LATEST ENTRIES yang hanya berjumlah 6 produk tampilan, jadi jika anda sudah memasukkan puluhan produk tetap saja hanya 6 produk saja yang ditampilkan.
Tujuan theme seting ini tentunya merubah beberapa struktur diatas dengan tujuan memperbanyak jumlah tampilan produk, mengganti beberapa tulisan yang menggunakan bahasa inggris ke bahasa indonesia dan lain sebagainya.
Lihat struktur tema yang sudah diedit dibawah ini.
Beberapa hal yang berubah dari tema asalnya ialah:
  1. HIGHLIGHTED PRUDUCT yang dirubah menjadi PRODUK TERPOPULER memiliki 2 produk yang ditayangkan.
  2. LATEST ENTRIES yang berubah menjadi PRODUK TERBARU dan berjumlah 12 produk tayangan.
Dan masih banyak hal lain yang akan kita rubah, untuk itu ikuti langkah demi langkah agar hasilnya maksimal.

1. Mengganti background color
Untuk mengganti warna backgrount masuk ke setting-themes settings arahkan kursor ke Background setting klik edit dan pilih warna sesai selera anda.


Hingga saat ini toko online anda akan memiliki tampilan seperti dibawah ini:





2. Mengganti Meta Description dan Meta Keyword.
Beberapa saat yang lalu saya sempat bertanya ke support dwarapala prihal optimasi serach engine yang inti jawabannya adalah.
Semua subdomain dibawah dwarapala.com sudah secara otomatis terdaftar dalam search engine.
Jadi sebetulnya kita tidak perlu lagi mendaftarkan toko online yang dibuat ke search engine seperti google, namun tak ada salahnya jika kita tetap melakukan pendaftaran secara manual. 
Meta description berfungsi menginformasikan deskripsi tentang blog kita sedangkan meta keyword berguna untuk mempermudah menemukan toko online kita berdasarkan kata kunci yang diketik di search engine.

Untuk merubah Meta description dan meta keyword masuk ke setting-theme templates

Pada layout template perhatikan no 5 dan 6, disana terdapat Description dan keyword dengan tulisan yang berwarna hijau


caranya adalah:
  1. Ganti Description dengan deskripsi toko online anda, misalnya: Toko yang menyediakan keperluan fashion korea.
  2. Ganti Keyword dengan kata kunci toko online anda, misalnya: baju korea,fashion korea,celana korea

3.Merubah home template

Disini kita akan mengganti Highlighted Product menjadi Produk terpopuler dengan menambahkan jumlah tampilan dari 1 produk menjadi 2

Agar dapat melakukannya masuk seting-theme settings-theme templates-home template



Untuk merubah Highlighted Product lihat baris no 4, ganti dengan produk terpopuler seperti gambar diatas
Untuk merubah jumlah tampilan perhatikan baris ke 5, ganti angka 1 dengan angka 2 tepat didepan % terakhir.

Begitupun dengan latest entriest akan kita rubah menjadi Produk terbaru dimana jumlah tampilan 6 produk kita rubah menjadi 12 produk.

Masih di Home Template perhatikan gambar berikut


Pada baris ke 33 ganti LATEST ENTRIES dengan PRODUK TERBARU kemudian baris ke 40 rubah limit dari 6 menjadi 12(atau sesuai selera anda).


4. Merubah search template

Jika anda mencari produk tertentu melalui kolom search di toko online namun gagal karena produk yang anda cari tidak ada di toko online tsb maka muncul notifikasi SORRY! NO RESULT MATCHED YOUR SEARCH
Bagaimana jika kita mengganti notifikasi tsb dengan bahasa indonesia?

masuk seting-theme settings-theme templates-search template


Perhatikan baris 50, ganti tulisan tsb dengan MAAF! KATA KUNCI YANG ANDA MASUKKAN TIDAK TERSEDIA, SILAHKAN DIULANGI BEBERAPA SAAT LAGI



5. merubah Chart Template
Chart template memberikan informasi tentang barang yang ingin dipesan seperti keterangan produk, jumlah yang dipesan, harga dan semuanya dalam bahasa inggris, agar lebih memasyarakatkan toko online kita maka kita harus melakukan beberapa pengaturan pada chart template.


Untuk melakukan hal tersebut masuk ke seting-theme settings-theme templates-chart template


Baris 3 ganti "your shopping chart is empty dengan Keranjang belanja anda kosong
Baris 8 ganti Product Desc. dengan Keterangan produk
Baris 9 ganti details dengan detail
Baris 10 ganti Price dengan harga
Baris 11 ganti Quantity dengan Jumlah
Baris 12 dibiarkan
Baris 38 ganti subtotal dengan Total belanja keseluruhan

6. Membuat Page

Vendor dan client, dua kata yang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan bisnis. Vendor butuh client (customer) begitu juga sebaliknya. Ada pembeli karena ada yang menjual. Dari sisi vendor (yang memproduksi) sangat diperlukan kelengkapan data-data mengenai perusahaannya (profil bisnis), sehingga client bisa lebih mengenal dan tahu lebih banyak… lambat laun akan muncul kepercayaan (trust). Setelah kepercayaan muncul akan terbina hubungan yang baik dan akan terjadi penjualan (sales)

Profile bisnis, merupakan hal penting yang sangat menunjang bisnis anda, begitu juga di toko online, pelanggan akan mencari tahu terlebih dahulu segala hal tentang diri anda dan bisnis anda. Profile bisnis dapat diletakkan pada Page toko online.

Beberapa hal yang wajib diletakkan pada page anda adalah:

  1. About Us/tentang kami, berisi segala hal tentang toko online anda. Disinilah profile bisnis anda terapkan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.
  2. Kontak, Berisi no telp, kontak lainnya seperti yahoo messenger, Blackberry messenger, skype dll. Pastikan pelanggan mudah menghubungi anda dan ini merupakan nilai plus bagi bisnis anda.
  3. Cara belanja, beberapa konsumen yang ingin membeli produk anda akan mengalami beberapa kesulitan dalam tata cara pemesanan, cara pembayaran, proses shipping dll. Pastikan anda menguraikannya dengan jelas.
  4. Syarat dan Ketentuan, ini adalah tameng hukum bagi usaha anda. Jabarkan segala hal yang menjadi tanggung jawab dan yang bukan tanggung jawab usaha anda.

5 TIPS TERUPDATE

21 JUNI 2012
Kali ini kita akan melakukan setingan pada 2 hal yang masuk kedalam footers toko online kita, yaitu:
  1. Merubah kontak seperti E.nama@domain.com serta P.08123456789 menjadi Email.nama@domain.com serta Phone.08123456789.
  2. Menambahkan Kontak IM seperti Yahoo Messenger dan Kontak BBM.
Perhatikan gambar dibawah ini


Untuk dapat melakukan hal tsb masuk ke setting layout template dan perhatikan gambar dibawah ini.


Tahapannya:
  1. Baris 135 Ganti E. dengan Email.
  2. Baris 136 ganti P. dengan Phone
  3. Diakhir baris ke 136 tekan ENTER sebanyak 2x sehingga kita memiliki 2 baris kosong pada baris 137 dan 138
  4. Masukkan kode dibawah ini:
Pada baris 137 masukkan kode <b><span style="font-size: large;">YM. erlan_dns</span></b>
Pada baris 138 masukkan kode <b><span style="font-size: large;">BBM. 26a1aeec</span></b>

Klik Update template
Nb. Ganti tulisan berwarna merah dengan akun anda
Berdasarkan waktu yang belum ditentukan saya telah menonaktifkan fitur right-click, utuk mendapatkan postingan ini dengan format PDF silahkan klik disini

Ok sekian dulu postingan ini, semoga bermanfaat bagi calon milyarder sekalian.

30 komentar

Click here for komentar
16 Juni 2012 00.34 ×

keren...keren.... jeg sube rame jani blog ne...semangat Bro.... keep posting and happy blogging

Reply
avatar
16 Juni 2012 07.56 ×

Hehehe.. Heppy blogging, keep cemungeud!!

Reply
avatar
21 Juni 2012 00.45 ×

Thx mas arlan.. sy newbie yg lg belajar membuat toko online, blog ini sangat bermanfaat sekali buat saya... hopely success...

Reply
avatar
21 Juni 2012 01.01 ×

Mas Arlan..boleh tanya untuk edit footer kanan dengan tulisan email dan no telpon supaya gede gmn yah??? .. tq..

Reply
avatar
21 Juni 2012 10.13 ×

halo zoza kids toys, trims sudah mampir di blog ini. untuk merubah size footers email dan phone tentunya tidak bisa karena defaultnya sudah seperti itu namun tulisan E. dan P. bisa dirubah menjadi Email. dan Phone. dengan cara masuk di theme templates setting pada bagian Layout template.
Perhatikan baris no 135 ganti E. dengan Email. dan 136 ganti P. dengan Phone.

Untuk menambah Layanan IM seperti Yahoo Messenger bisa kita akali dengan menambahkan kode dibawah ini:

(b)(span style="font-size: large;")YM. erlan_dns(/span)(/b)

nb.ganti ( dengan < dan ) dengan >

caranya letakkan kursor diakhir baris ke 136 tepatnya dibelakang kode ..endif %} dan tekan enter dan secara otomatis tab berada pada baris ke 137.
paste kode diatas dengan merubah erlan_dns dengan akun YM anda.

cara yang serupa bisa dilakukan untuk merubah email dan hp menjadi size yg lebih besar dengan cara menghapus kode 135 dan 136 dan digantikan dengan kode tertentu, hanya saja saya memiliki kekawatiran thd kinerja toko online jika kode tsb dirubah, namun jika anda perlu mohon infokan ke saya dan akan saya buatkan kode email dan phone size besar untuk anda.

Reply
avatar
Anonim
admin
27 Juni 2012 12.42 ×

mas arlan,, saya mau nanya kalo untuk merubah font untuk nama strore kita gimana?

thanks

Reply
avatar
27 Juni 2012 12.56 ×

Mas/mba Anonim sy ucapkan terima kasih atas kunjungannya, setahu saya untuk urusan fonts sudah default artinya memang bawaannya seperti itu, tpi segera akan saya coba untuk mengotak-atik html dll dan mudah-mudahan bisa ditampilkan di updatean dari tulisan ini

Reply
avatar
28 Juni 2012 12.37 ×

Postingannya keren banget mas:) Lanjut ke TKP, tadinya olshop lewat Fb aja sih, jadi tertarik utk buat dwarapala^^ mampir ke olshopku boleh juga yaa http://www.facebook.com/hyunshoppa

Reply
avatar
29 Juni 2012 15.20 ×

thx mas arlan... ane coba yeh...

Reply
avatar
29 Juni 2012 17.13 ×

@Hyun_Shoppa: Halo hyun shoppa, koleksi fashion korea ya? koleksinya imut2 sama kayak modelnya ^^ sukses selalu buat toko onlinenya ya.

@zoza_kids_toy: mudah@an lancar ya, jika ada yg perlu ditanyakan jangan sungkan2 memberitahu saya ^^

Reply
avatar
24 Juli 2012 04.31 ×

Dear Mas Arlan.
belum ada update-an terbaru neh ???
saya mau nanya ....
knp yah untuk dwarapala di indek pencarian google kok sulit mendapat halaman pertama..

apa bisa di tambahkan fitur comment ??

tq

Reply
avatar
24 Juli 2012 06.05 ×

Halo zoza, updatean sih ada seperti mengganti logo banner dan menambahkan yahoo messenger chating utk komunikasi. Hanya saja saat ini sy sedang kebanjiran proyek bikin toko online di dwarapala dgn ongkos 350rb termasuk domain sendiri, jdi waktu utk update ilmu agak susah.

Fitur comment secara default memang ga ada, kalau menurut saya sih malah lucu jika seseorang bisa membuat komentar di TOKO ONLINE

Reply
avatar
25 Juli 2012 10.05 ×

Buat Mas ANONIM yang di atas, untuk merubah font nama store dengan logo toko anda atau memasanng barner bisa di lihat si blog saya Bog's.Dwarapala.com.

Buat Mas Arlan, bagi-bagi jobnya dong, hehee.

Reply
avatar
25 Juli 2012 10.45 ×

Mas clinton blognya bagus, itu tema dwarapala diedit ya? :-)

Reply
avatar
25 Juli 2012 11.18 ×

iya saya edit,saya pake tema european.

Reply
avatar
29 Juli 2012 06.53 ×

Assalam. mkasih atas infonya

Reply
avatar
Anonim
admin
13 Oktober 2012 02.51 ×

makasih banyak tipsnya..
sangat bermanfaat

Reply
avatar
Aditya
admin
19 November 2012 09.41 ×

kalo di banding prestashop bagusan mana tuh?..

oh.. iya jangan lupa mampir ke blog saya yah..

Reply
avatar
19 November 2012 16.28 ×

Bro Aditya, trims sudah berkunjung dimari. Sayangnya saya belum sempat coba prestashop jadi ga bisa kasi jawaban, nanti sy coba berkunjung ke blog Aditya :)

Reply
avatar
donny
admin
26 November 2012 11.27 ×

wah ternyata mudah buat toko onlinenya...


saya mau tanya mas caranya menambahkan image ym aktif gimana?

Reply
avatar
26 November 2012 12.23 ×

Untuk yahoo, facebook like box dll bisa dilihat langsu di supportnyasupport.dwarapala.com/customer/portal/topics/300631-tutorial-untuk-semua-theme

Reply
avatar
20 Desember 2012 18.03 ×

mas cara menampilkan sisa stock bagaimana ya di tiap halaman produk ?
saya coba {{ produk.stock }} tidak muncul, mohon jawabannya... terimakasih :)

Reply
avatar
20 Desember 2012 18.11 ×

Mas yoyok, untuk stock produknya memang tidak kelihatan di tema dwarapala yang dipakai pada tutorial diatas, dwarapala sendiri sedang memperbaiki layanannya termasuk menambahkan keterangan jumlah pengunjung di dashboard.

Untuk masalah tampilan stok di tema dwarapala bisa ditanyakan langsung via email ke cs.dwarapala atau mention twitter @dwarapaladotcom

Reply
avatar
25 Desember 2012 00.05 ×

Dear Mas Arlan Apa kabar??
saya terakhir visit blog mas arlan tapi nge-link ke iklan id-hostinger yahhh ?? makanya sy jarang berkunjung lagi...
apa ada update terbaru nih.. buat dwarapala??

Reply
avatar
25 Desember 2012 09.04 ×

Halo zoza, trims atas kunjungan anda,memang ada updatean baru silahkan kunjungi www.supportnyasupport.dwarapala.com/customer/portal/topics/300631-tutorial-untuk-semua-theme
Disana ada cara pasang YM, facebook like box dan lain sebagainya.

Beberapa bulan yang lalu blog ini mengalami masalah, untungnya sudah teratasi dengan baik :)

Reply
avatar
Teguh
admin
12 Januari 2013 04.12 ×

Saya tertarik untuk online shop, googling nemu punya mas Arlan.
Ketinggalan berapa tahun nih saya ya.
Keren habis mas. Jangan berhenti share ilmu bro.
Lanjutkan membangun Indonesia untuk lebih baik.

Reply
avatar
12 Januari 2013 07.30 ×

Ga sampai tahunan kok mas teguh br jg dibikin beberapa bulan yang lalu. :)
Itulah gunanya blog, sebagai media sharing. Apalagi sharing ilmu, pahalanya gede. Hehehe...
Trims atas kunjungannya bro, bagi penulis tak ada yg lebih berharga dari komentar pengunjungnya.

Reply
avatar
30 Januari 2013 09.23 ×

wow lengkap banget gan hhe makasih banyak ane coba deh

Reply
avatar
30 Januari 2013 21.10 ×

Senang mendengarnya, sukses selalu dgn toko onlinenya ya bro anonym :)

Reply
avatar
Thanks for your comment