Paket internet untuk tablet pc

Kebanyakan dari kita mungkin mengalami kebingungan menggunakan operator selular dan jumlah data yang diperlukan untuk menjalankan internet dalam sebulan. Inilah pengalaman yang akan saya bagi kepada para reader sekalian yang sedang membutuhkan referensi operator selular untuk mengoperasikan tablet pc yang menggunakan 3G.

Tablet 3G? Seperti apakah itu?

Pada beberapa tablet pc dibawah 2jt tidak disediakan slot SIM card, biasanya tablet ini mendapatkan akses internet yang berasal dari wifi/hotspot, bisa juga disediakan slot data pada produk axioo picopad 7" yang memungkinkan pengguna menggunakan modem. Saya pikir penggunaan modem pada tablet sedikit tidaknya cukup mengganggu, bayangkan ada sesuatu yang menggantung pada tablet pc, rasanya sedikit kurang profesional.


Berbeda dengan tablet pc yang menggunakan koneksi 3G dari operator seluler, disediakan slot SIM card untuk mengakses data jika jauh dari wifi/hotspot, hanya tinggal membelikan paket data maka internet terkoneksi 24jam. Pertanyaannya, berapakah besaran data yang dibutuhkan untuk menjalankan tablet pc?
Saya menggunakan samsung galaxy tab 2 7" dan aktif menggunakan berbagai aplikasi yang terhubung ke internet seperti facebook, twitter, beberapa game online serta updatean aplikasi secara otomatis. Operator yang digunakan adalah 3(tri) yang saya pilih dengan berbagai pertimbangan, diantaranya adalah:

  1. Sinyal yang mencakup kecamatan kintamani, blahbatuh-gianyar, dan denpasar. Walaupun terkadang sinyal sering naik-turun di kintamani.
  2. Kecepatan akses data yang lumayan, hal ini pernah saya bandingkan dengan operator lain dengan cara simpel yaitu mendownload aplikasi yang sama dengan device sejenis hanya berbeda operator, alhasil operator yg saya gunakan mampu menyelesaikan unduhan 10menit lbh cepat dari operator lain.
Mengenai besaran data yang dibutuhkan sepertinya untuk ukuran tablet minimal data yang harus tersedia adalah 2Gb/bulan karena berdasarkan pengalaman sendiri membeli paket data 1GB pada tanggal 20 juli 2012 telah habis 500Mb tak lebih dari seminggu pemakaian padahal beberapa kali sempat menggunakan akses wifi sebagai alternatif.
Jadi kesimpulannya adalah gunakan operator seluler yang menyediakan sinyal bagus ditempat anda demi kenyamanan dlm menggunakan tablet secara online, sediakan data minimal 2GB/bulan karena konsumsi data yang cukup besar, terakhir gunakan wifi/hotspot jika tersedia untuk menghemat pemakaian data anda.

3 komentar

Click here for komentar
Anonim
admin
31 Juli 2012 09.36 ×

mas, mau nanya, apakah galaxy tab 2 7" INI Dapat dibuat maen game online di facebook, kayak zynga poker dan mafia wars? mohon dibalas

Reply
avatar
31 Juli 2012 10.01 ×

Kalau zynga pocker dan mafia wars ada gamenya sendiri yg bisa di download di playstore, tentunya online 24 jam dan perlu paket internet yang besar. Masalah game di facebook, tadi saya sempat buka game melalui facebook dengan browser asli maupun mozila, sayangnya gagal terus. Koneksi aman tidak tersedia katanya, mungkin support buat flash player berbeda dgn PC.

Saran saya, jika hendak membeli galtab ini gunakan aplikasi atau game yang tersedia di playstore saja.

Reply
avatar
28 September 2012 21.21 ×

http://curhatz.blogspot.com/ : nice infonya

Reply
avatar
Thanks for your comment