Recehan bagi kasir minimarket

Pernah belanja di mini market kan? Beli apa aja? Harganya berapa? Ada kembaliannya kan?
Semua orng pasti pernah belanja di mini market, segala keperluan kita ada disana mulai dari camilan, softdrink hingga keperluan rumah (walau tak selengkap supermarket) ada disana, disamping itu tempatnya yang bersih membuat kita nyaman untuk berbelanja, namun diantara segala kenyamanan yang didapat rupanya ada satu hal sepele namun fatal yang membuat orang kadang enggan belanja diminimarket, yaitu sistem kembalian uang receh yang diganti dengan beberapa bungkus permen saja.

Suatu ketika, disiang yang panas matahari ada dua..tiga..empat #upsIklan rasa dahaga menyerang, berhubung diarea tempat saya berada kala itu tidak ada warung tersedia (maklum tempat elit) maka mini market menjadi satu2nya pilihan yang ada.

Saat masuk mini market suasana langsung adem, AC distel dengan suhu 18 derajat celcius bikin betah berlama-lama diam disana, mata tertuju pada lemari pendingin, tempat dimana terdapat beraneka minuman segar yang bisa dipilih sesuai selera untuk memuaskan dahaga.


Kali ini saya memilih minuman kaleng seharga Rp.4600, rencananya sih mau diminum dingin2 dibawah rimbunan pohon jambu sambil mengawasi beberapa siswa smp latihan gerak jalan demi persiapan lomba memperingati 17 agustusan, kebetulan saat itu saya sedang dalam tugas P3K dari instansi tempat bekerja.

Back to mini market, setelah memilih minuman kaleng saatnya membayar ke kasir, petugas menyapa dengan hangat "beli ini saja pak? Harganya 4600 mau diplastikin?" Saya bilang 'ga usah trims' gila aja cuman beli barang sebiji mau diplastikin, ga tau bahaya limbah plastik nih..
"Uangnya 5000 pak ya, kembaliannya dengan permen"
GUBRAKK!!
Enak aja duit 400 diganti permen 3 biji, gampang amat cari duit.

Well,, ini sih hal sepele, lagian bisa beli apa jg dgn duit Rp.400? Tapi tetap saja saya menyayangkan duit receh itu jadi permen 3biji buat kembalian. Bayangin deh, jika skr dpt kembalian 400, besok belanja dpt kembalian 100 tentu saja jadi Rp.500 itu artinya shampoo clirr 1shaset ditangan, Masuk akal bukan?

Saran saya sih untuk minimarket, hendaknya siapkan kembalian dengan pecahan uang Rp.100 yang banyak ketimbang pelanggan ngedumel gara2 dpt permen 3 biji. Walau tergolong hal yang sepele namun kepuasan pelanggan berada di peringkat utama, jangan sampai masalah kembalian bikin pelanggan ogah belanja kembali ke minimarket.

7 komentar

Click here for komentar
1 Agustus 2012 00.24 ×

Mahal sekali 3 butir permen dihargai Rp. 400. Apa sudah ada edaran resmi menteri keuangan ya kalau "permen bisa sebagai tukar uang" :D

Reply
avatar
1 Agustus 2012 00.28 ×

Memang mahal, namun kenyataan berkata demikian. Disini(bali) kita hanya dpt permen 3biji dgn duit Rp.500 selain shampoo.

Reply
avatar
1 Agustus 2012 00.32 ×

Kalau shampoo masih mendinglah cocok harganya, tp klo pembeli tdk pakai shampoo merek tsb, wah repot juga deh.. padahal kan pemilik supermarket bisa ko menukarkan uang logam ke bank indonesia atau bank terdekat. Saya pikir yg dilakukan mereka salah satu tehnik supoaya permennya laku hehehe

Reply
avatar
1 Agustus 2012 01.07 ×

nah itu dia jawabannya, tehnik menjual permen :D

Reply
avatar
1 Agustus 2012 18.02 ×

apa lg klo lagi seret ya... duit 100 rupiah aja berharga apa lg 400... hwhwhwhw

Reply
avatar
1 Agustus 2012 18.32 ×

Dulu sy pernah ngebiasain nyimpan recehan hasil dri kembalian. Alhasil setoples recehan, logam putih-emas-aluminium yg jika dilihat-lihat bak harta karun. Bandingkan dgn kembalian berupa permen. jika semua permen hasil kembalian dimasukkan toples alhasil rumah jdi kayak warung.

Reply
avatar
1 Agustus 2012 18.48 ×

ahahahaha..... bener bener...
sy juga suka ngumpulin uang recehan.... lumayan jg...
bukanx pelit sih, soalnya kalo disumbangkan untuk PMI sy iklas2 aja....

Reply
avatar
Thanks for your comment