Kantor Desa Keramas menyediakan wifi gratis

Akses internet untuk masyarakat demi mewujudkan masyarakat kreatif, edukatif dan sejahtera

Staf Kantor Desa Keramas sedang berbangga, pasalnya Kantor Desa Keramas saat ini dinobatkan sebagai satu-satunya Kantor Desa yang menyediakan wifi gratis se Provinsi Bali. Menurut keterangan I Wayan Dana, salah satu staf Kantor Desa Keramas, wifi mulai dioperasikan pada tahun 2010, "Kemarin Dinas dari Provinsi sempat mampir untuk melihatnya sendiri dan kami langsung dinobatkan sebagai satu-satunya Kantor Desa yang menyediakan wifi bagi masyarakat," ujarnya saat ditemui dikediamannya.

image

Pria yang akrab dipanggil Yan Dana ini menuturkan, pada awalnya wifi digunakan untuk mengelola Website Desa Keramas, "Awalnya wifi kita gunakan intern saja, untuk mengelola desakeramas.com, pada akhirnya kami buka untuk digunakan warga, masalah dananya kita ambil dari Dana Desa" ungkap bapak dari dua orang anak ini.

Desa Keramas merupakan salah satu bagian dari wilayah Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Memiliki luas wilayah 474Ha yang terletak di pesisir selatan Kota Gianyar. Untuk mencapai desa ini bisa ditempuh melalui Kota Denpasar, lewat by pas Prof.Ida Bagus Mantra kurang lebih 35km, jarak dari Kota Gianyar sendiri hanya terpaut 3,5km, sedangkan dari Kota Kecamatan Blahbatuh berjarak 4km.

image

"Siapapun bebas mengakses wifi Kantor Desa Keramas, semua kita persembahkan khusus untuk warga, jaringan juga tidak diproteksi," tambahnya, pria yang sudah berusia setengah abad ini berharap, semoga layanan ini berguna bagi masyarakat untuk mengakses informasi melalui internet, demi mewujudkan masyarakat kreatif, edukatif dan sejahtera.

Lain halnya dengan I Komang Saka Indrayana, calon Mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Warmadewa, mengaku telah lama memanfaatkan wifi kantor Desa Keramas. Pria yang bertempat tinggal tepat didepan Kantor desa Keramas ini menggunakan wifi untuk berjejaring sosial, terkadang menonton video lucu atau mendownload MP3," Saya beruntung punya rumah dekat Kantor Desa, kadang-kadang ada teman yang mampir kesini buat nyari wifi gratisan" ujarnya.

image

Pria alumni SMUN 1 Tampaksiring ini mengaku pernah memanfaatkan internet dari wifi Kantor Desa Keramas untuk keperluan sekolahnya, selain itu rumahnya kerap dikunjungi teman sekelas untuk membuat tugas kelompok,"Saya harap wifi ini masih ada hingga lulus kuliah nanti, daripada membebani orang tua untuk urusan modem," ujar pria berusia 18 tahun ini.
Thanks for your comment