3 hal yang harus diperhatikan sebelum membeli tablet pc

-->
Diminggu pagi yang cerah saya didatangi seorang sahabat, dengan pandangan berbinar dan senyum lebarnya menyapa dengan semangat. Rupanya sohib dari jaman dodol ini datang dengan membawa amplop berisi uang senilai Rp.3.300.000 yang diperuntukkan membeli Samsung Galaxy Tab 2.7 yang telah lama diidam-idamkannya.



"Bro, tar agak siangan anterin ketoko henpon ya mau beli Galtab 2.7" katanya. Sudah barang tentu ada yang janggal.

Ya iya lah, masa mau beli galtab nya saja, internetnya gimana? alat penunjang keselamatannya gimana?

Saya sangat menghormati pilihan Tablet PC sohib yang satu ini, dengan segala spesifikasi yang dimiliki membuat Samsung Galaxy Tab 2.7 masih merupakan Gadget incaran bagi banyak orang. Sebelum memutuskan membeli Tablet PC hendaknya diperhatikan biaya lainnya agar bisa mengoperasikan Tablet PC dengan nyaman.


3 hal yang harus diperhatikan sebelum membeli tablet pc:

1. Pilih operator seluler dan biaya paket data yang dibutuhkan.


Harap perhatikan akses internet Tablet PC yang anda pilih, pada beberapa Tablet PC hanya menggunakan akses internet dengan menangkap sinyal wifi, jika anda memilih gadget jenis ini maka anda tidak akan dipusingkan dengan biaya langganan paket data.

Jika anda memutuskan untuk membeli Tablet PC dengan kemampuan 3G maka siapkan kuota internet sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan pengalaman dalam menggunakan Galtab 2.7, saya menyediakan kuota internet kartu tri sebesar 5GB seharga Rp.125.000, namun berhubung menggunakan paket allways on maka masa aktif harus diisi dengan paket Rp.50.000/tahun. Tentu saja lebih untung, karena kuota 5GB mengikuti masa aktif setahun, sedangkan kuota dengan jumlah tersebut habis dalam waktu tiga bulan. berbeda dengan paket lainnya seperti 2GB seharga Rp.75.000 yang masa aktifnya hanya sebulan(30 hari).

2. Screen Guard, secara umum screen guard berfungsi melindungi layar dari goresan, terutama yang diakibatkan jari tangan. Harganya bervariasi, mulai dari Rp.30.000-Rp.100.000. Bagi saya, menggunakan Screen Guard bening seharga Rp.35.000 saja sudah cukup memuaskan

3. Leather Case, berfungsi melindungi Gadget dari benturan dan juga berfungsi sebagai stand (tatakan agar gadget berdiri dengan kemiringan tertentu), tersedia dengan desain dan harga yang bervariasi. Seingat saya harga leather case termurah bisa didapat dengan hanya Rp.89.000 saja.




Secara manual perhitungannya sebagai berikut:

  1. Samsung Galaxy Tab 2.7 didapat dengan harga semurah-murahnya (untuk bulan oktober 2012) Rp.3.299.000
  2. Screen guard bisa didapat seharga Rp.35.000
  3. Leather case seharga Rp.89.000.
  4. Untuk paket internet menggunakan kartu tri allways on, biaya masa aktif satu tahun Rp.50.000 (gratis akses ke 10 situs yang ditentukan) dan kuota 5GB yang mengikuti masa aktif satu tahun seharga Rp.125.000.
Maka total biaya yang dihabiskan adalah Rp.3.598.000.

Biaya yang tidak wajib, garansi expo/garansi toko sebesar 1-2% dengan ketentuan LCD rusak akibat terjatuh atau mati akibat terkena cairan (Akibat kesalahan pembeli), maka garansi expo menjamin penggantian perangkat sebesar 80% dalam waktu satu tahun diluar garansi resmi. Tentu saja garansi tipe ini merupakan kebijakan masing-masing toko. Jika anda merasa penting, silahkan rogoh kocek lebih dalam lagi.
Thanks for your comment