Tablet pc dan video kesehatan gigi mempermudah pelayanan kesehatan di puskesmas

Teknologi dibuat untuk memudahkan manusia, ya itu benar, jika diingat-ingat sewaktu kuliah, saya biasa membersihkan karang gigi si pasien dengan alat manual. Manual yang dimaksud adalah beberapa set alat dengan desain sedemikian rupa, bertujuan untuk mengangkat karang gigi yang memiliki struktur keras agar keluar dari permukaan gigi maupun saku gusi, setelah mencoba alat yang bernama ultrasonic scaler, membersihkan karang gigi menjadi jauh lebih mudah dan menghemat waktu. Itu adalah salah satu contoh dari sekian banyak kemudahan yang didapat dari tehnologi, khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

Sebagai abdi masyarakat dibidang pelayanan gigi dan mulut, upaya kesehatan yang mencakup promotif(penyuluhan), preventif(upaya pencegahan penyakit gigi), dan kuratif(upaya pengobatan gigi dari penyakit) tentunya sudah sering dilakukan, khususnya dalam bidang penyuluhan dan konsultasi gigi di pelayanan poli gigi. Terbatasnya alat dan prasarana penunjang upaya promotif, seperti tak tersedianya model gigi dan gambar anatomi gigi menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan penyuluhan.
Suatu hari, saya menemui kasus gigi dengan mahkota rusak parah, saat itu penyuluhan dilakukan dengan gambar, coretan tangan pada selembar kertas demi menginformasikan tentang keadaan gigi pasien dan tindakan apa saja yang diperlukan, kini berbekal tablet pc dan video kesehatan gigi mempermudah pelayanan kesehatan dipuskesmas.


Saya hanya perlu menyesuaikan kasus yang dihadapi dengan sekian banyak pilihan video yang sudah tersimpan rapi dalam folder tablet pc, jika dulunya dijelaskan dengan gambar, kini dilakukan dengan memutar video sambil menjelaskan detailnya, keuntungan lain dari menjelaskan video adalah kita tak keluar jalur dari kasus yang dihadapi, kalo dulu biasanya menjelaskan gambar sambil ngalur ngidul dan akhirnya malah jadi ngobrolin politik dengan pasien, kebiasaan buruk.
Maka berterimakasihlah pada tehnologi, hal tersebut sangat membantu saya dalam mengabdikan diri kepada masyarakat walau ditempat paling terpencil sekalipun.


Thanks for your comment