Broadcast Message bisa jadi mengganggu



Pengguna Blackberry tentu sudah tak asing dengan broadcast messenger, yaitu salah satu fasilitas pesan pada blackberry messenger(BBM).

Broadcast message ini fungsinya untuk mengirim pesan kepada lebih dari satu kontak yang terdapat pada BBM, misal pesan urgent pada teman sekantor, ayah-ibu-saudara dan lain sebagainya. Jadi apakah pesan seperti ini termasuk penting? Belum tentu juga, bisa jadi penting bisa juga tidak.

Jika dulu memiliki perangkat blackberry merupakan gengsi karena nota bene harganya yang mahal dan fasilitas BIS yang memungkinkannya untuk tersambung pada internet 24 jam penuh, belum lagi fasilitas message yang menjadi daya tarik utama. Kini blackberry bukanlah perangkat mahal lagi, bisa jadi salah satu perangkat yang wajib untuk dimiliki.

Bagi saya sendiri, menggunakan blackberry messenger merupakan media penghubung antar teman sekantor, sekitar 20 orang telah memiliki perangkat ini, pentingnya bisa berbagi informasi melalui group. Menariknya lagi, dengan memiliki blackberry, saya tidak pernah memikirkan pulsa seperti saat menggunakan fasilitas SMS.


Suatu fasilitas memang ada untung ruginya, broadcast message belum tentu berisikan informasi penting, ada yang mengirimkan kata mutiara, jokes, HOAX ataupun pesan berantai yang sekiranya sangat mengganggu. Cerminan kurangnya etika dalam internet.

Etika dalam berinternet merupakan hal mutlak yang diperlukan, sama seperti beretika dalam keseharian dimasyarakat mengingat internet merupakan kumpulan dari pada pengguna diseluruh dunia. Berbicara tentang etika tentu saja berkaitan dengan aturan dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara terbaik dalam memanfaatkan fasilitas internet.

Aturannya sebenarnya sama dengan etika berinteksi lainnya di dunia nyata, tentang bagaimana menghargai lawan bicara, bagaimana menjaga sopan santun dalam berinteraksi dan lain sebagainya. Apalagi bagi orang timur seperti kita di Indonesia, etika kadang menjadi hal yang harus dihargai dan jadi pegangan dalam berinteraksi.

Sobat reader pengguna blackberry, bijaklah dalam menggunakan fasilitas internet, broadcast message juga merupakan salah satu fasilitas, ingatlah bahwa kita semua adalah manusia, perlakukan orang lain layaknya memperlakukan diri sendiri. Hargailah waktu, tak semua orang suka menerima pesan yang tidak penting apalagi ditengah kesibukan. Jangan sampai keisengan kita mengganggu orang lain.

Broadcast menggonggong, delete contact berlaku.

2 komentar

Click here for komentar
21 November 2012 18.41 ×

Semoga bermanfaat, trims atas kunjungannya :)

Reply
avatar
Thanks for your comment