Ribetnya memperpanjang paket internet Smartfren di Androtab



Belakangan ini lagi santernya iklan smartfren yang katanya sih anti lelet, benarkah demikian? Yah, berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan modem dengan layanan ini sama aja dengan operator CDMA lainnya, sama-sama lelet #Uhuk

Beberapa saat yang lalu saya dikejutkan dengan kedatangan seorang sahabat, doi stress gara-gara punya pengalaman buruk tehadap Smartfren.

Gini nih ceritanya:


Pada tanggal 28 November kemarin sohib saya beli pulsa untuk memperpanjang paket internetnya, ini adalah pengalaman pertamanya dalam melakukan perpanjangan paket internet unlimited Smartfren pada perangkat Androtab yang dibeli sebulan yang lalu, saat melakukan registrasi langsung ditolak jaringan dengan alasan paket sebelumnya masih aktif, mungkin beberapa jam lagi paketnya mau abis pikirnya, nah saat doi kepengen melakukan registrasi ulang lagi-lagi ditolak jaringan, namun kali ini dengan alasan tidak cukup pulsa, wah gimana bisa? Sohib saya ini langsung melakukan pengecekan di 999 dan terkejut mendapati jumlah saldo yang berkurang hampir separuhnya. wah langsung galau nih.

Setelah dicek di Smartfren center denpasar, rupanya aplikasi yang aktif tersambung internet pada saat paket internet habis lah yang jadi biang keroknya, aplikasi aktif inilah telah menghabiskan pulsa sahabat saya.

The prablem is:

  1. Tidak ada pemberitahuan bahwa masa aktif internet akan segera habis tepat sebelum paket benar-benar habis.
  2. Jika pulsa tersedia sementara paket internet habis, maka koneksi internet diambil dari cadangan pulsa.
  3. Smartfren androtab adalah tablet berbasis android, jadi banyak aplikasi aktif terkoneksi di internet.
Untuk mengakalinya ini yang ribet, jika anda memutuskan untuk menggunakan perangkat tablet paketan dari Smartfren, maka hal inilah yang harus diketahui terlebih dahulu, biar ga kayak sohib saya, pulsanya tiba-tiba lenyap.

  1. Gunakan smartfren androtab untuk berselancar didunia maya hingga paket internet benar-benar habis, caranya ya gampang, cukup dipakai terus hingga samasekali ga bisa buka browser apapun. Perlu diingat bahwa masa aktif paket internet smartfren adalah 30 hari.
  2. Saat paket internet habis, matikan jaringan EVDO yaitu jaringan internet khas CDMA, caranya masuk ke setelan-selengkapnya-jaringan seluler-mode jaringan. Disana ada tiga mode jaringan yang bisa dipilih yaitu HYBRID, 1X SAJA dan EVDO SAJA, untuk menonaktifkan EVDO cukup pilih 1x saja, maka jaringan evdo mati dan jaringan seluler 1x masih aktif untuk mengirim dan menerima sms.
  3. Beli pulsa Smartfren sebesar Rp.50.000 karena untuk paket internet unlimited smarfren saat ini seharga Rp.49.000 (kata CS Smartfren pd tgl 29/11/12 di denpasar).
  4. Beli paket internet unlimited smartfren, Adapun cara berlangganan paket Premium lewat sms sebagai berikut : ketik Data(spasi)unl1 (Harian), Data(spasi)unl7 (Mingguan),Data(spasi)unl30 (Bulanan). Sedangkan cara berlangganan SmartFren unlimited regular lewat SMS, caranya KETIK Data(spasi)R30. KIRIM KE 123.tunggu beberapa saat.
  5. Jika muncul pemberitahuan bahwa anda telah sukses berlangganan smartfren unlimited internet bulanan maka aktifkan evdo, caranya masuk kembali ke setelan-selengkapnya-jaringan seluler-mode jaringan-pilih hybrid agar jaringan 1x dan evdo aktif bersamaan
Harap diperhatikan, tidak seperti berlangganan paket internet CDMA lain yang daftarnya cuman sekali, memperpanjang langganan paket internet smartfren harus dilakukan berkali-kali setiap habis jangka waktu langganan sebelumnya.
Satu lagi, Smartfren Androtab tidak dibekali kemampuan voice call, jadi jangan harap bisa ngecek pulsa di *999 atau ngecek paket internet di *995, jadi untuk mengetahui sisa pulsa anda cukup ketik CEK dan kirim ke 999 melalui sms.

 Ok sampai disini sudah cukup dipahami? Selamat bergabung di jaringan sangat ribet. -->

10 komentar

Click here for komentar
Anonim
admin
4 April 2013 23.16 ×

Terima kasih, informasinya, hal seperti itu pernah terjadi pada saya juga. Sekarang saya faham.

Reply
avatar
4 April 2013 23.35 ×

Trims atas kunjungannya, senang mendengar artikel ini membantu :)

Reply
avatar
4 April 2013 23.38 ×

Hitung2 artikel ini utk membantu korban akibat kecurangan operator, trims atas kunjungannya :)

Reply
avatar
Anonim
admin
13 Mei 2013 01.22 ×

mau tanya dong,
jika aku menggunakan paket unified connex, klo sebelum masa expiry habis aku perpanjang apakah sisa dari bulan ini terakumulasi ke bulan depannya?

Reply
avatar
13 Mei 2013 06.35 ×

Itu paket utk nambah kecepatan ya? Kebetulan sy blm pernah pakai, alangkah baiknya paket sebelumnya dihabiskan dl krn biasanya tidak ada ketentuan akumulasi.

Reply
avatar
22 Mei 2013 22.23 ×

pernah terjadi pada saya juga. skrg smart sudah kutinggalkan, kecepatanya jauh berkurang dgn yg dulu...

Reply
avatar
22 Mei 2013 22.35 ×

Selain ribet jg kecepatan sering dikeluhkan, kasian jg liat sobat sy tiap akhir bulan mesti siap kuda2 biar ga kecolongan plsanya.

Reply
avatar
6 Agustus 2013 09.24 ×

Satu lagi yg kurang . Paket unlimited smart fren yg1 bulan walaupun promonya speed sampai 1000kbps lebih .. nyatanya bohong . Artinya speed tsb tergantung data yg di sediakan sama dia . Jika data sdh mencapai quota maka speed langsung turun kadi 190kbps . Masalahnya smartfren ini ga ngasih tahu batasan datanya

Reply
avatar
8 Agustus 2013 07.03 ×

Wah, sy malah baru tau kalo smartfren ada batas pemakaian wajarnya, pantesan diakhir akhir bulan bawaannya makin lelet.

Reply
avatar
Thanks for your comment