2 cara mengapresiasi karya blogger

Dijaman sekarang, untuk mendapatkan informasi yang cepat bisa diakses melalui internet. Dengan pesatnya perkembangan tehnologi, memungkinkan kita mencari informasi di perangkat seluler melalui sambungan internet.

Sesuai pengalaman, hampir 99% informasi didapat melalui blog, selain wikipedia. Dengan adanya blog memungkinkan seorang blogger(sebutan bagi pengelola blog) untuk berbagi konten, bisa berupa text, video, audio dan gambar yg sekiranya menarik dan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Bagi pencari informasi seperti saya, sumber informasi dari blogger melalui blognya sungguh sangat membantu dalam perkembangan ilmu pengetahuan, terdapat banyak informasi, tips dan trik seputar apapun yang didapat sesuai dengan pengalaman yang ditulis seorang blogger, dan itu semua didapat secara gratis. Pernahkah anda berfikir, bagaimana cara kita berterima kasih pada seorang blogger yang telah membagikan pengetahuan dan pengalaman hidupnya yang berharga dan bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita?

2 cara mengapresiasi karya blogger

Bagi saya, ada dua hal yang bisa dilakukan seorang pencari informasi dalam mengapresiasi konten blog yang disukai, yaitu secara langsung dan tidak langsung.


  1. Secara langsung. Saya membiasakan diri untuk berkomentar pada kolom komentar yang disediakan dibawah tulisan, biasanya ucapan terima kasih atas ilmu yang dibagikan, ataupun masukan kecil yang sekiranya bisa membantu penulis untuk berkarya lebih baik lagi. Bagi seorang blogger, penghargaan apa sih yang lebih baik selain mendapatkan feedback dari pembacanya?
  2. Secara tidak langsung. Rata-rata blogger memasang iklan pada sidebar blog, untuk apa lagi jika bukan untuk nyari duit sampingan walau hasilnya kecil. Blogger manapun pasti ingin dan bahkan ada yang abisius untuk dpt penghasilan dari ngeblog. Jika konten yang disampaikan bagus, saya juga membiasakan diri untuk mengklik iklan yang ditayangkan, tujuannya sama, merupakan reward dan apresiasi saya bagi konten yang ditulisnya.

Itulah kebiasaan kecil yang sering saya lakukan jika berselancar dari blog ke blog, bukan jenis pembaca mampir-kabur, abis baca blog langsung ngibrit tanpa sepatah komentarpun.
Jadi, apa apresiasi terhadap karya blogger yang sudah anda baca?
-->
Thanks for your comment