Bima Satria Garuda, tokusatsu(genre kamenrider) pertama Indonesia?

Bima Satria Garuda, pahlawan transformasi pertama di Indonesia.

Begitulah kalimat yang paling santer terdengar diberbagai media, saat mereka mengeluarkan statemen tersebut maka tak terelakkan lagi bahwa mereka telah melupakan Saras008 dan Panji manusia millenium.



Dilihat dari kostum pahlawan mengingatkan saya dengan Tokusatsu genre Kamenrider, itu lho pahlawan bertopeng yang berubah wujud melalui alat transformasi untuk melawan monster. Masih ingat dengan Kesatria Baja Hitam? Kamenrider ryuki? thats it..

Apakah Bima Satria Garuda ini merupakan Tokusatsu khusus yang dibuat diIndonesia? bisa jadi iya, kostumnya sendiri diciptakan oleh Bandai dengan kerjasama dengan pihak perfilman Indonesia, alhasil kita memiliki kamenrider khas jepang dengan beberapa ciri khas Indonesia banget.

Menurut pengamatan saya, ada beberapa hal yang wajib ada pada BSG jika ingin disebut sebagai Tokusatsu bergenre kamenrider:

  1. Alat transformasi. Kebanyakan kamenrider bertransformasi melalui alat pada ikat pinggangnya yang disebut Belt, pada kamenrider lainnya justru alat transformasi ini berada pada pergelangan tangan. BSG berubah melalui alat mirip sarung tangan pada punggung tangan dibagian kanan. jadi pada point ini BSG bisa disebut sebagai Kamenrider.
  2. Pose Henshin. saat bertransformasi, kamenrider mengeluarkan gerakan-gerakan tertentu yang menjadi cirikhasnya yang dilanjutkan dengan proses penegasan melalui kata, pada trailer BSG tampak pahlawan kita melakukan aksi disertai lafalan,"BERUBAH". jadi pada point ini BSG bisa disebut sebagai Kamenrider.
  3. Weapon. Dalam serial manapun, kamenrider dibekali senjata untuk menumpas musuh, ada pedang, kapak, senapan dll. Menurut rumor, BSG memiliki dua senjata pamungkas berupa Pedang Hellios dan Bounceball(sumber AntaraNews). Untuk ukuran pahlawan bertopeng yang menggunakan senjata, maka BSG bisa disebut sebagai kamenrider.
  4. Kendaraan tempur. Pahlawan dalam tokusatsu ga lengkap tanpa adanya kendaraan tempur, misalkan saja Kesatria Baja Hitam dengan kendaraannya Belalang Tempur dan Rosector. Hingga tulisan ini dimuat, tak satupun kendaraan tempur yang terlihat pada BSG. Apakah kendaraan tempur ini sengaja disimpan sebagai kejutan saat ditayangkan nanti? sebaiknya kita tunggu saja.
Jadi apakah BSG ini merupakan Tokusatsu versi Indonesia? jika dilihat dari ciri-cirinya sih iya, mirip dengan Kamenrider, belum lagi mainannya sendiri sudah dibuat oleh Bandai, perusahaan mainan yang juga perusahaan penghasil program anime dan tokusatsu. Hal tersebut akan kita ketahui pada penayangannya nanti pada tanggal 30 Juni 2013, jadi jangan sampai lewat.

Nb. Tulisan ini dibuat dengan mengumpulkan data seadanya yang beredar diinternet, segala informasi yang didapat masih berupa rumor dan artikel dimedia sosial.
Thanks for your comment