Menjadi pewarta warga menggunakan akun Facebook

Citizen journalism atau jurnalisme warga merupakan kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta menyampaikan informasi dan berita. Tipe jurnalisme seperti ini merupakan trend baru tentang bagaimana pembaca dan pemirsa membentuk informasi dan berita pada masa mendatang(dari warga untuk warga).

Jurnalisme warga di Indonesia dipicu ketika pada tahun 2004 terjadi bencana tsunami di Aceh yang diliput sendiri oleh korban tsunami. Terbukti bahwa berita yang diliput langsung dari korban dapat mengalahkan berita yang dibuat oleh jurnalisme profesional(sumber Wikipedia ).

Kenyataannya memang demikian, berita yang diupdate langsung dari seorang warga lebih mudah dan cepat tersebar dikalangan warga lainnya, pun tidak lepas dari peran internet dan media/jejaring sosial pada khususnya.

Saya teringat saat pesawat Lion Air yang gagal mendarat di Bandara Ngurahrai Bali, saat itu beberapa saksimata yang merupakan pegawai dikawasan bandara melaporkan kejadian tersebut melalui media twitter dan facebook lengkap dengan foto pesawat yang seolah-olah berenang dilaut. Selain laporan melalui text dan foto kemudian muncul video amatir yang kemudian dipakai oleh media arus utama termasuk Metro TV.

Belum lagi video pesta mahal pejabat di china yang menyebabkan pejabat yang bersangkutan mengundurkan diri dari pemerintahan. Di dalam negeri sendiri video tentang pemalakan seorang polisi di Bali yang diunduh oleh Van der spek dan beredar secara viral melalui berbagai media seperti twitter dan facebook kemudian berlanjut di media arus utama.

Konten berupa text, video dan foto bisa jadi sebuah kekuatan untuk merubah dunia. Sesuatu yang ramai diperbincangkan publik akan lebih cepat ditindaklanjuti oleh media arus utama karena isunya memang menarik. Seperti contoh kasus pemalakan yang dilakukan polisi di Bali, karena marak diberitakan diberbagai media maka kepolisianpun ibaratnya kebakaran jenggot, berlanjut pada pemeriksaan dan pembebastugasan pada oknum yang bersangkutan. Seperti tulisan mas Anton Muhajir, asalkan semua media bersinergi, maka perubahan sekecil apapun mungkin terjadi(baca disini).

Apakah pembaca tertarik menjadi seorang pewarta berita dan ikut melakukan perubahan pada dunia? berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjadi pewarta berita melalui akun Facebook anda.

2 komentar

Click here for komentar
8 Juni 2013 15.05 ×

Mih... hebat tulisannya...
saya sampai saat ini belum kesampean menulis berita terkini di blog seperti yang disebut diatas...

Reply
avatar
8 Juni 2013 16.13 ×

Mih, hebat apane bli? Ne mare nawang teorine dogen :(

Reply
avatar
Thanks for your comment