PNS butuh ponsel kamera untuk bukti kegiatan



Suatu hari kami kedatangan tamu dari dinas kesehatan kabupaten dalam rangka Bimtek atau Bimbingan Teknis terkait segala kegiatan dalam dan luar gedung di Puskesmas tempat saya bekerja. Seperti biasa, kegiatan ini dimulai dengan tanya-jawab seputar program puskesmas yang telah dijalankan termasuk kendala yang dihadapi. Sebenarnya acara bimtek ini tentunya mencari-cari kesalahan Puskesmas atau lebih spesifiknya lagi pemegang program pada saat proses hingga tahap pelaporan kegiatan.

Berikut adalah petikan percakapan di Puskesmas kami:

Bimtek: Program apa saja yang sudah dijalankan?
Petugas: Banyak, pak. dari Bla..bla..bla.. sampai Bli..bli..bli.. semuanya terlaksana.
Bimtek: Ada kendala?
Petugas: Sementara tidak ada, pak.
Bimtek: Bukti kegiatannya apa?
Petugas: Ini hasil laporan, di tempat juga sudah nulis di buku kunjungan.
Bimtek: Bukti spesifik mana?
Petugas: Hah?
Bimtek: Fotonya lho.. ga ada foto masih meragukan lhoo...
Petugas: Owh.. ini, pak. *nyodorin HP*

Dari percakapan tersebut sudah kelihatan jelas jika petugas Bimtek perlu bukti yang tidak terbantahkan jika petugas pemegang program di puskesmas melaksanakan kegiatan lapangan, hal tersebut sangat masuk akal. Bagi petugas bandel bisa jadi bikin kegiatan seadanya, alias bikin laporan dengan cara mengarang indah atau tidak sesuai dengan kenyataan.

Puskesmas sebagai ujung tombak pemerintahan memiliki tanggung jawab yang besar, tidak hanya mengobati pasien, melainkan kegiatan lain seperti penyuluhan, senam lansia, UKS ke sekolah, pembagian obat cacing dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya tidak dapat dipantau oleh pemerintah secara langsung. Dengan berkembangnya teknologi, bukti kegiatan apapun dapat terekam melalui kamera yang terletak pada perangkat seluler, apalagi kini banyak bermunculan perangkat seluler yang telah dipasangka kamera denga harga yang cukup bersaing. Mengabadikan momen kini lebih mudah dengan sekali sentuhan saja, tinggal mengambil ponsel, nyalakan kamera dan jebreeett!!!

Hingga kini di Puskesmas tempat saya bekerja terdapat puluhan foto yang terpasang pada dinding puskesmas yang menyerupai majalah dinding seperti yang umum ditemui di sekolahan, jika ada bimbingan teknis dari pemerintah daerah, maka kegiatan tersebut dapat ditunjukkan dengan cepat dan memuaskan.





Thanks for your comment