Kopdar KK regional Bali di penghujung tahun

Empat orang saling bertatap muka, tiga orang baru beranjak remaja, yang satunya lagi om-om, sekilas kelompok ini mirip... Taman Kanak-kanak.


Di penghujung tahun 2013, tepatnya tanggal 29 Desember 2013 komuitas Kancut Keblenger regional Bali mengadakan mini kopdar. Kopi darat yang berlokasi di KFC Matahari Department Store sengaja dipilih karena lokasinya yang memang strategis. Selain adem, lokasi ini juga mudah dicari oleh member lainnya, khususnya dari luar kota.

Foto diambil oleh mas KFC yang ga pernah pegang kamera.


Ada yang menarik dari kopdar KK regional Bali (bahkan mungkin dengan regional lainnya di Tanah Air) bahwa anggotanya lebih banyak di dominasi oleh kalangan remaja, berbeda dengan komunitas lainnya seperti Bali Blogger Community yang di dominasi oleh kalangan dewasa dengan tulisan tingkat wahid dan biasanya disertai data statistik (untuk referensi sila kunjungi BaleBengong). Hal ini patut diapresiasi karena minat menulis untuk kalangan remaja masih sangat minim (kecuali menulis di media/jejaring sosial).

Perbandingan masa SMA dulu dengan sekarang menjadi salah satu topik paling asik untuk diperbincangkan. Saat internet dalam genggaman dan bisa dimasukan kedalam kantong celana, yang namanya menulis merupakan hal yang sangat lumrah. Saat ini remaja lebih sering berjejaring sosial dan bersosial media, punya alat berkomunikasi seperti HP yang notabene memiliki fungsi ganda, seperti nelfon, sms, Internet buat chating dll. Teknologi seperti ini menyebabkan manusia lebih produktif, misalnya mencari informasi melalui internet, bisa berkomunikasi dimanapun melalui telfon. Yang lagi LDR bisa chating, kalo kangen tinggal unggah foto selfie, kangen terobati. Salah satu efek tak terduga dari sosial media adalah munculnya artis-artis dadakan yang lebih dikenal dengan selebtwit (bagi yang terkenal melalui twitter), ada juga artis pendatang baru yang nongol akibat populernya saluran Youtube yang dikelolanya. Bisa dimaklumi, kini hiburan bisa diakses melalui genggaman.

Beda dengan jaman saya SMA dulu (tahun 2000-2003), kalau mau ngetrend harus jadi ketua OSIS, mau populer maka minimal rangking kelas ada di posisi ke-3, kalau mau terkenal lewat tulisan maka harus bikin artikel paling keren buat dipajang di Mading. Aktifitas tulis menulis hanya berlangsung pada saat proses belajar di kelas, misalnya mencatat point penting dalam satu mata pelajaran. Begitu pula dengan membaca, saat itu bahan bacaan yang paling populer dan menghibur adalah komik, beda dengan yang sekarang, baca komik bisa dilakukan via online.

Saat ini kegiatan tulis-menulis merupakan hal yang sangat lumrah, saya pikir memang sudah seharusnya demikian apalagi kita berada di jaman yang modern, kenapa? Jaman sejarah ditandai dengan ditemukannya tulisan, hal ini berarti manusia melepas jaman prasejarah saat mereka menemukan tulisan sebagai cara baru berkomunikasi. Saat manusia modern tidak melakukan kegiatan menulis, maka saat itulah manusia mengalami kemunduran. Ga mau kan dibilang mahluk primitif?

Kembali ke Kopdar KK regional Bali, walaupun peserta yang hadir cuma sedikit dan agak-agak adem ayem namun minat untuk blog walking sesama anggota tetap kencang. Yang paling menarik adalah blog si Yessiow, siswi SMA ini lebih suka memublikasi konten Art Work yang dibuatnya, yaitu gambar. Tidak hanya gambar, doi juga suka menulis pengalaman bahkan tips-tips dalam menjual art work. Plagiarisme adalah hal yang paling dibencinya, apalagi jika berurusan dengan menjiplak gambar orang lain.

DwikiSurya adalah ketua KK regional Bali, jangan terkecoh dengan body kecilnya yang seumuran SMP, tahun ini doi sudah menginjak kelas 1 SMA atau yang lebih ngetrend dengan sebutan kelas X (10). Sepertinya doi memiliki hobi terhadap hal-hal yang berbau Anime dan Game, melalui blog PendekarKeyboard's kita dapat menjumpai beberapa artikel berunsur kartun dan permainan video favoritnya. Sampai saat ini saya belum mengetahui alasan utama dibuatnya blog dengan mengambil tema pendekar keyboard, mungkin suatu saat nanti Mr.Chen dapat merubah dunia melalui perjuangan-perjuangan yang dilakukannya melalui tulisa di blog.

Abhi Adityaksa adalah orang Bali yang ga bisa berbahasa Bali, namun Bahasa Indonesianya lebih ke logat Bali, doi berasal dari daerah Tabanan dan mempunyai hobi di Skater. Saat Kopdar KK regional Bali si Abhi belum bisa menunjukkan blog yang dikelolanya, alasannya sih karena sedang dalam tahap membuat blog baru. Mudah-mudahan blog yang dijanjikannya rampung awal tahun ini terealisasi dengan baik. Blog sebelumnya yang dikelola adalah Teknologi Bumikita. Saat memasuki blog ini komputer rada-rada ngehang, mungkin karena musik latar yang diputar secara otomatis di blog telah menyita banyak bandwith.

Sebenarnya saya ingin menulis lebih banyak orang, sayangnya peserta yang hadir cuma sedikit, mudah-mudahan di kopdar berikutnya saya bisa berkenalan dengan lebih banyak lagi, bukankah banyak teman itu banyak rejeki?

2 komentar

Click here for komentar
2 Februari 2014 00.46 ×

Wuih, kopdar KK bali yang perdana ya, mas? Bisa di maklum kalo yang ikut cuman sedikit. Dulu waktu kopdar reg.bandung juga gitu, yang dateng dikit banget, tapi makin kesini makin banyak, jadi makin seru juga. :D

Reply
avatar
2 Februari 2014 10.24 ×

Iya ini memang perdana, kalo dilihat-lihat anggotanya kebanyakan ABG, hehehe...

Reply
avatar
Thanks for your comment