Bima Satria (Kamenrider) Garuda X




Bima satria garuda X merupakan satu2nya tokusatsu ala Indonesia yang menceritakan pertarungan kesatria bertopeng melawan invasi para alien. Film animasi yg lebih dikenal dengan nama BSB X ini merupakan sekuel dari pendahulunya, yaitu Bima Satria Garuda.

Pada awalnya, BSB terbagi dalam 24 episode yang menceritakan pertarungan kesatria garuda melawan Organisasi Vudo yang dipimpin Rasputin. Organisasi ini ingin menguasai sumberdaya alam terutama emas untuk meningkatkan kekuatan Rasputin.

Pada sekuelnya, bumi kembali terancam oleh kekuaan baru yang jauh lebih menakutkan. Adalah Black Phantom, sebuah organisasi yang ingin menguasai bumi dengan pasukan2annya yang telah dibekali power stone sintetis. Dengan kemampuannya yang tinggi, monster komodo yang muncul pada tayangan perdana BSB X berhasil mengalahkan satria garuda.

Untuk menyelamatkan bumi, Ray Bramasakti memperoleh kekuatan baru.  Kali ini BSB X menggunakan 4 elemen dasar, seperti api, air, tanah dan udara dimana kekuatan ini didapat berkat bantuan reza, yaitu satria garuda azazel.

Kamenrider ft Kesatria

Masih belum jelas mengapa tokusatsu genre kamenrider di Indonesia menggunakan label Satria atau Kesatria alih-alih kamenrider(jepang) atau masked rider(amerika). Hal tersebut mungkin saja diakibatkan dari kisah Satria Baja Hitam dan Satria Baja Hitam RX yang sangat populer di era 90an di Indonesia.

Dengan suksesnya Bima Satria Garuda, Ishimori production selaku pembuat film dan pakaian tempur kamenrider berminat untuk membuat sekuel dengan durasi yang lebih panjang dan tentu saja biaya yang lebih besar.

Tak mau ketinggalan, bandai selaku pembuat mainan ternama turut meramaikan BSB X dengan membuat mainan seperti BSB X transform, pedang dan lain sebagainya.

Satu-satunya kekurangan yang terlihat hingga saat ini adalah dominasi Suzuki selaku "pengiklan" dalam film ini. Hal tersebut tampak dari munculnya beragam kendaraan roda dua hingga roda empat dengan merk dagang Suzuki. Hal tersebut berimbas pada tidak tersedianya kendaraan tempur seperti yang sering muncul pada film tokusatsu asal negeri sakura.
Thanks for your comment