Menjadi Blogger Sukses

Hari minggu, 28 Juli 2015 diselenggarakan acarara #NgabuburitErafone di Erafone Mega Store yang beralamat di Teuku Umar, Denpasar. Acara ngabuburit ini menghadirkan Sandi Pinatabahri selaku digital specialist untuk workshop bertajuk digital marketing. Dari judulnya aja kita udah tau, bagaimana cara memanage blog agar kita bisa menjadi salah satu blogger sukses di Indonesia bahkan Internasional.

Salah satu indikator sukses dalam ranah perblogeran tidak lain adalah benefit yang didapat, bisa berupa uang, jalan-jalan dan lain sebagainya. Salahsatu yang paling mudah sih pasang iklan PPC atau pay per click dan saat ini kebanyakan dikuasai Google melalui Addsense. Sayangnya tidak semua blogger dapat menikmati  Addsense, mengingat daftarnya yang susah dan nilai pembayaran yang sangat sedikit, yaitu Rp.200 per klik.

Sandi Pinatabahri selaku spesialis digital tentunya memberikan beberapa tips untuk mengoptimalkan blog agar sukses dari segi finansial, "buatlah konten yang tulus, brand besar lebih suka dengan blogger yang mempertahankan cirikhasnya ketimbang menggunakan bahasa baku". Saya sendiri mengakui hal tersebut, biasanya di blog ini terdapat penggunaan bahasa yang berbeda sehingga cukup kentara mana postingan yang dibayar dan mana tulisan yang memang datangnya dari hati.

Tidak hanya dari segi tatabahasa, "menjual" blog juga dirasa cukup efektif, misalnya dengan menawarkan review ke berbagai brand, hotel dan lain sebagainya. Membuat jasa kreatif juga dipandang penting, misalnya kita menuliskan lokasi-lokasi wisata yang belum populer di Bali, apa kelebihan lokasi tersebut dan sekalian menuliskan paket liburan wisata termasuk lokasi menginap dan tempat makan yang wajib dikunjungi. Gampangnya sih kita nambah konten di blog dan juga punya usaha kreatif baru yang bisa dijadikan ladang penghasil uang.

Selanjutnya Sandi Pinatabahri dan pihak Erafone Store mengajak Bali Blogger untuk berkolaborasi untuk membuat acara atau event apapun, tentunya Eraphone bersedia mencarikan tempat dan waktu. Selain itu pihak Eraphone mengajak kami untuk acara unboxing produk, kita dimintakan feedback masalah spesifikasi yang tentunya bisa dimanfaatkan untuk review produk.

Menjadi blogger sukses jika dipandang dari segi finansial sih masih belum kebayang buat saya, boro-boro mau jualan di blog, page view dan jumlah kunjungan blog aja masih bisa dihitung dengan jari. Namun tidak ada yang mustahil, menurut Sandi semuanya bisa terjadi asal kita sebagai blogger tau cara mengoptimalkan blog melalui konten dan kata kunci.
Thanks for your comment