Mifi 4G LTE dari Smartfren

4G atau LTE merupakan jaringan internet tercepat saat ini. Berbagai operator di tanah air berlomba-lomba menghadirkan internet super cepat mulai dari Bold dan diikuti oleh Telkomsel, Xl dan Indosat. Tidak mau ketinggalan dalam ranah 4G LTE, PT Smartfren Telecom, Tbk menambah layanan internet 4G menggunakan kecepatan koneksi LTE Cat4. Tidak hanya sampai disana, operator seluler yang berkomitmen untuk menjadi penggerak dan inisiator dalam ekosistem mobile broadband di tanah air ini menciptakan berbagai perangkat berkemampuan 4G LTE dengan menggandeng beberapa vendor terkemuka.

Setelah sukses meluncurkan varian Andromax 4G, pada tanggal 19 Juli 2015 Smartfren dengan mengundang berbagai media dan komunitas kreatif termasuk Bali Blogger Community meluncurkan varian MiFi (Mobile WiFi) dengan kemampuan 4G LTE. Kedua perangkat yang diperkenalkan melalui sebuah event bertajuk Fast and Fabulous ini adalah Andromax M2P dan Andromax M2Y dengan jangkauan hingga 32 user. Secara teori kecepatan internet yang didapat pada kedua perangkat ini adalah 75Mbps hingga 300Mbps, hal tersebut berarti kestabilan dan kecepatan 4G sudah bisa dirasakan di Andromax.

Spesifikasi

Smartfren Andromax M2P
1.      Mini Router LTE TTD 2.300 Mhz dan LTE FFD 850 Mhz
2.      Smartfren 4G LTE SIM Card
3.      LTE Cat4 Modem Capability
4.      Kapasitas baterai 1500 mAh

Smartfren Andromax M2Y
1.      Mini Router LTE TTD 2.300 Mhz dan LTE FFD 850 Mhz
2.      Smartfren 4G LTE SIM Card
3.      LTE Cat4 Modem Capability
4.      Kapasitas baterai 2000 mAh
5.      Wireless storage melalui koneksi WiFi
6.      MicroSD slot up to 32 Gb

MicroSD slot pada perangkat Andromax M2Y dapat difungsikan sebagai penyimpanan (wireless network) hingga 32Gb, untuk keperluan tersebut Andromax M2Y tampil sedikit lebih gendut jika dibandingkan dengan Andromax M2P. Saat ini PT Smartfren Telecom, Tbk telah menggandeng dua vendor raksasa, dimana Andromax M2P dikerjakan oleh Huawei dan Andromax M2Y oleh Haier.

Password standar bisa kita temukan pada bagian penutup belakang MiFi 4G, sementara itu pengaturan MiFi 4G Smartfren dapat diakses dengan menyambungkan perangkat ke PC.

Hasil pengujian

Pada hasil pengujian MiFi 4G Smartfren dengan menggunakan Andromax M2P di wilayah Waturenggong, Denpasar didapatkan data-data dibawah ini:


Kecepatan download berkisar antara 9 Mbps dan kecepatan unggahan kurang dari 5 Mbps, sementara itu untuk mengunduh game berukuran sedang, perangkat sanggup menyelesaikan unduhan sebesar 15,56Mb dalam waktu 4 detik. Sayangnya jaringan 4G LTE Smartfren masih dalam fase uji coba sehingga kecepatan minimum 4G (75MBps) belum didapat melalui hasil pengujian kali ini.

Internet cepat, stabil dan murah merupakan kebutuhan masyarakat kita, sayangnya tidak semua kriteria dapat dipenuhi oleh berbagai operator di Indonesia. Hal tersebut diakui oleh pihak Smartfren saat gathering MiFi 4G Smartfren bersama Komunitas Bali Blogger. Ketersediaan jaringan 4G LTE hanya bisa dinikmati dibeberapa kota di Bali, yaitu Badung (area Kuta-Nusa Dua), Denpasar dan Gianyar (Sukawati). Namun pihak Smartfren berjanji akan memperluas jaringan 4G LTE dalam beberapa bulan kedepan.

Acara gathering Andromax LTE sendiri berlokasi di Cosmic Diner yang beralamat di jalan Sunset Road, Kuta. Pada acara ini muncul beberapa blogger senior Bali seperti dokter Made dengan akun @BlogDokter dan pemilik akun @PandeBaik yang biasa saya panggil Bli Pande, Mas Hendro pemilik akun @hendrawsaputra. Berikutnya blogger-blogger muda yang masih eksis seperti Didik, Anggara Mahendra, Diah, Putra, Osila, Mahayanthi dan saya sendiri. Pada acara ini disediakan beberapa hadiah menarik berdasarkan live tweet terbaik menggunakan hastag #Go4Gready dan #Bali4Gready.

Selain menghadirkan 4G LTE, Smartfren juga menghadirkan beragam layanan untuk mempermudah pelanggannya untuk mendapatkan paket internet yang sesuai dengan kebutuhan. Tersedia bonus internet untuk jam-jam tertentu yang bisa dimanfaatkan untuk mengunduh aplikasi atau game tanpa memotong kuota utama. Walau demikian jaringan LTE masih belum merata, belum lagi kedua MiFi 4G tidak support mode hibrid yang memungkinkan perangkat beralih ke jaringan EVDO jika LTE tidak tersedia. EVDO sendiri merupakan jaringan stara 3,5G yang hingga kini masih tetap eksis digunakan pecinta Smartfren.

Walaupun masih dalam tahap uji coba, jaringan internet pada area-area yang tercover Smartfren LTE saat ini tidak kalah saing dengan jaringan LTE besutan operator lainnya. Untuk memastikan ketersediaan area coverage Smartfren LTE dilokasi Anda ada baiknya untuk bertanya langsung ke gerai Smartfren terdekat.

Pada masa promosi, Smartfren menghadirkan Andromax M2P dan Andromax M2Y seharga Rp.399.000 untuk 1000 pembeli pertama, selain itu terdapat paket bundling seharga Rp.150.000/bln dengan komitmen 12 bulan. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai promo Andromax 4G dan paket internet menarik lainnya bisa diakses melalui www.smartfren.com.

2 komentar

Click here for komentar
6 Desember 2015 22.08 ×

Thanks gan infonya, bermanfaat banget..

Reply
avatar
7 Desember 2015 09.03 ×

Sama-sama masbro, trims sudah berkunjung :)

Reply
avatar
Thanks for your comment