Pengalaman Operasi Hemoroid

Hemoroid atau lebih dikenal dengan wasir atau ambeien/ambien merupakan masalah yang cukup serius. Penderita wasir sering kali merasakan nyeri akibat pembesaran-pembengkakan-peradangan pembuluh dara pada bagian rektum bawah. Secara klinis penyakit ini tampak seperti tumor yang berada disekitar anus dan cukup mengganggu berbagai aktifitas khususnya yang berhubungan dengan fisik.

Sebelumnya saya adalah penderita wasir stadium 4, darah sering keluar khususnya pada saat BAB. Biasanya setelah melalukan "kegiatan rutin dipagi hari" saya rutin mencari pojokan meja untuk membantu memasukkan benjolan disekitar anus, dan biasanya setelah kegiatan yang kurang menyenangkan ini berhasil dilakukan maka saya dapat menjalankan aktifitas rutin setiap hari.

Saat sakit menjadi semakin parah dan kegiatan rutin "memasukkan wasir" dirasa semakin sulit maka saya berfikiran untuk operasi hemoroid, sempat tanya sana-sini khususnya pada teman dan saudara yang pernah operasi dikatakan bahwa operasi hemoroid bukanlah pengalaman yang sangat menyenangkan. Ada yang bilang rasa sakit yang hebat khususnya setelah obat bius habis dan masa penyembuhan yang relatif lama, ada pula yang menyebutkan bahwa rasa sakit akan diderita sekitar 3 minggu pasca operasi. Sayangnya sahabat dan teman yang dengan sangat bangga menceritakan pengalamannya rata-rata melakukan operasi hemoroid lebih dari 10 tahun yang lalu sementara itu ilmu kesehatan semakin berkembang setiap tahunnya.

Berdasarkan pengalaman saya, operasi hemoroid atau wasir itu tidaklah menyakitkan, buktinya 2 hari setelah operasi saya pulang dari rumah sakin naik sepeda motor.


Dokter dan tanggungan kesehatan

Operasi hemoroid dikerjakan oleh dr.Sang Made Suryana yang notabene adalah dokter spesialis bedah. Operasi tersebut dibantu oleh tim dari Rumah Sakit Ari Canti yang berlokasi di Mas-Ubud kabupaten Gianyar, Bali. Dokter Suryana menyarankan untuk operasi hemoroid setelah melakukan pemeriksaan pada pukul 19.00 pada hari senin tanggal 1 juni dan operasipun dijadwalkan pada hari rabu tanggal 3 juni jam 9.00 pagi.

Mengenai tanggungan kesehatan saya menggunakan BPJS, mengenai tindakan operasi, booking kamar hingga makan, minum, snack, obat dan lain sebagainya telah diatur sesuai dengan hak tanggungan kecuali catgut yaitu benang jarit yang langsung menyatu dengan kulit, ga mau kan kalo setelah operasi sudah susah-susah disembuhkan malah mesti buka jaritan yang notabene membuat luka baru walaupun kecil. Untuk membeli catgut saya harus merogoh kocek sekitar Rp.75.000, dan untuk jarit luka pasca operasi hemoroid saya hanya membutuhkan 1 benang saja.

Proses sebelum dan saat operasi

Saya dianjurkan untuk puasa dari sebelum tidur hingga pada saat operasi dilakukan dikeesokan harinya. Tujuannya sudah pasti mengosongkan usus agar isi-isinya tidak keluar saat dioperasi, tidak hanya sampai disana, 3 jam sebelum tindakan saya diberikan obat pencahar yang langsung dimasukkan dari dubur dan efeknya mencret-mencret sehingga usus benar-benar bersih dari kotoran. Menurut petugas jaga, kita tidak akan memiliki refleks apapun setelah diberikan pembiusan (pinggang hingga kaki) sehingga area yang seharusnya steril tidak dikotori oleh... U know what i mean.

Proses operasinya sendiri tidaklah menyeramkan, kita akan diajak berbincang-bincang bahkan bercanda oleh petugas yang ada. Salah seorang petugas tampak menyiapkan segala sesuatunya dengan santai dan bahkan dari obrolannya seputar trend yang sedang populer ditengah masyarakat, yaitu batu akik, namun begitu operasi dimulai semuanya tampak sangat serius.

Operasinya sendiri tidak lebih dari 15 menit, tidak ada rasa sakit sama sekali. Setelah dilakukan tindakan saya ditempatkan di ruangan khusus untuk observasi pasca tindakan.

Dua tantangan pasca operasi

Tantangan pertama adalah menahan nyeri setelah obat bius habis, bagi saya sendiri rasa sakit tidaklah mengganggu, mungkin karena telah terbiasa dengan rasa nyeri seperti yang sudah dialami bertahun-tahun. Untuk meredakan nyeri saya sudah dipersiapkan dengan cairan infus yang katanya mengandung anti nyeri.

Tantangan kedua adalah BAB pertama pasca operasi. Kita akan disiapkan obat untuk melancarkan BAB, tujuannya agar kotoran tidak keras yang ujung-ujungnya melukai bagian yang sedang disembuhkan. Efek obat tergantung dari masing-masing pasien, efek obat baru saya dapat setelah 7 jam minum obat, syukurnya lantcar djaya. Ohya, kategori sembuh didapat ketika kita sanggup BAB tanpa rasa sakit dan pendarahan, maka dikeesokan harinya saya diusir dari rumah sakit.

Saat tulisan ini dibuat saya telah masuk di hari ke-3 pasca operasi, pagi tadi saya naik motor untuk beli bubur di warung langganan dan membeli cuk roll sebagai pengganti cuk yang ketinggalan di RS.

119 komentar

Click here for komentar
dian
admin
21 Desember 2015 15.12 ×

ada tips biar gak ada perasaan takut sebelum operasi?

Reply
avatar
Banu
admin
2 Januari 2016 10.55 ×

Sama sekali gk di mintain biaya apa pun ya???

Reply
avatar
2 Januari 2016 17.22 ×

Samasekali tidak ada biaya tambahan, kecuali kita butuh yg diluar tanggungan BPJS

Reply
avatar
Anonim
admin
26 Januari 2016 08.32 ×

Brp lama sembuh setelah operasi , ada efek sampingnya gak ??? Tlg balasanya

Reply
avatar
26 Januari 2016 12.34 ×

Penyembuhan tergantung tubuh masing2 orang, tapi penyembuhannya cukup cepat kok, habis operasi aja bisa pulang naik sepeda motor

Reply
avatar
Anonim
admin
27 Januari 2016 17.12 ×

Saya mau tanya apakah ada efek samping setelah operasi?

Reply
avatar
david
admin
5 Maret 2016 11.12 ×

saya tidak seberuntung saudara arlan,sekedar sharing,pasca oprasi hemoroid stadium 3 di kota malang saya mengalami penyempitan anus,BAB susah keluar,pernah 2 hari tidak BAB faeces mengeras sehingga saya harus mengejan sampai berdarah,memang ada terapi lanjutan bernama businasi yakni memasukkan besi baja yg besarnya berbeda beda ke lubang anus,tapi suakitnya minta ampun,businasi dianggap selesai bila besi ukuran 17 telah gampang masuk ke anus,tapi sekali lagi suakitnya minta ampun,oprasi yg saya pakai memakal metode laser BIEM,selain saya masih ada pasien lain dengan metode oprasi yg sama tapi bisa sukses langsung beraktifitas sehari setelah oprasi,sekali lagi tidak semua seberuntung saudara admin,tapi tidak semua kurang beruntung seperti saya jadi perlu pertimbangan yg matang

Reply
avatar
5 Maret 2016 16.52 ×

Saya turut prihatin, bro david. Semoga lekas sembuh.

Reply
avatar
Unknown
admin
12 April 2016 15.54 ×

Saya baru 4 hari kemarin selesai operasi hemoroid stadium 4. Yang saya tanyakan, kenapa ya pasca operasi saya blm pernah BAB, tapi pas buang angin selalu mengeluarkan cairan sedikit, seperti mencret. Apa efek pasca operasi spt itu apa bagaimana?

Reply
avatar
12 April 2016 18.47 ×

Mas/mba anonim, hal tersebut perlu ditanyakan kembali ke dokter yang bersangkutan. Masalah belum pernah BAB mungkin karena dari segi pencernaan saja.

1-2 bulan pasca operasi, dubur akan keluar cairan agak lengket dan berbau, dan itu wajar.

Reply
avatar
Putri
admin
16 April 2016 20.53 ×

maaf min, saya mau tanya, mimin operasinya dengan metode apa ya?

Reply
avatar
Abu Zed
admin
26 April 2016 14.04 ×

Mas Arlan .. saya habis ops hemo satu minggu yang lalu .. kemarin dicek dokter katanya bagus, namun sampai saat ini dubur masih keluar cairan (kaya darah) dan bau .. apa ini wajar ? ... itu cairan apa yang keluar ? .. biasanya rasa sreset-sreset nyeri pasca sayatan lubang anus berapa minggu ? .. suwun ...

Reply
avatar
26 April 2016 19.20 ×

Kata orang sih ada yg susah kontrol kentut pasca operasi, tpi saya ga mengalami yang seperti itu.

Reply
avatar
26 April 2016 19.22 ×

Wah saya lupa nama metodenya. Mohon maafkan saya.

Reply
avatar
26 April 2016 19.29 ×

Menurut sepengalaman saya cukup wajar. Sy jg keluar cairan agak lengket dan berbau, dan itu berlaku selama sebulan lebih dikit lah. Jika kurang yakin bisa ditanyakan ke dokternya langsung.

Reply
avatar
26 April 2016 19.29 ×

Menurut sepengalaman saya cukup wajar. Sy jg keluar cairan agak lengket dan berbau, dan itu berlaku selama sebulan lebih dikit lah. Jika kurang yakin bisa ditanyakan ke dokternya langsung.

Reply
avatar
Abu Zed
admin
27 April 2016 08.27 ×

Ok ... Matur nuwun Mas Arlan ... (y) ... mugi-mugi manfaat dan minta doanya dari semua agar segera pulih kembali ... Salam :-)

Reply
avatar
27 April 2016 11.34 ×

Trims sudah berkunjung, semoga lekas sembuh :)

Reply
avatar
Abu Zed
admin
27 April 2016 16.51 ×

Oh ya satu lagi Mas Arlan semiga ndak keberatan berdiskusi, kalau kata dokternya Mas Arlan cairan yang keluar dari anus yang lengket, sedikit berbau dan berwarna coklat kemerahan itu dari apa sumbernya ? Apa dari luka jahitan yang belum kering atau dari apa ya ? ... matur nuwun dan sekali lagi mohon maaf merepotkan :-bd

Reply
avatar
Abu Zed
admin
28 April 2016 05.24 ×

Oh ya satu lagi Mas Arlan semiga ndak keberatan berdiskusi, kalau kata dokternya Mas Arlan cairan yang keluar dari anus yang lengket, sedikit berbau dan berwarna coklat kemerahan itu dari apa sumbernya ? Apa dari luka jahitan yang belum kering atau dari apa ya ? ... matur nuwun dan sekali lagi mohon maaf merepotkan :-bd

Reply
avatar
28 April 2016 20.33 ×

Saya pikr yang seperti itu bisa ditanya langsung ke teman saya yg kebetulan seorang dokter sekaligus blogger. Bida via twitter BlogDokter atau komen langsung di blogpost beliau di blogdokter.net

Atau search di google dengan keyword blogdokter wasir

Reply
avatar
7 Mei 2016 19.54 ×

mw tanya gan,, ane hemoroid external baru terasa 2 minggu,,, tpi bab normal lncar,, tnp sakit, tanpa perihh,, aktifitas normal,, hnya ada bnjolan kecil di bgian luar samping anus,, sperti daging lebih,, minta solusi gan?? trmsuk stdium brapa? obat herbal apa yg cocok?

Reply
avatar
7 Mei 2016 19.58 ×

Sodara sy banyak gerak, makan lbh banyak serat, minum air putih (2-3lt/hr) bisa sembuh. Mungkin istilahnya olahraga dan pola konsumsinya bro suhendang.

Reply
avatar
7 Mei 2016 20.25 ×

iya mnrut saran dokter juga bnyk konsumsi serat... , iyahh semoga cpet sembuh.. awalny lgsng berobat ke dokter.. 3 hari kempes,, ttpi bbrp hri lalu .. bnjolannya ada lagi... Trimakasih

Reply
avatar
marta19
admin
13 Mei 2016 23.38 ×

Bro arlan mau nanya dong, sebelum lakukan operasi langkah apa aja yg sudah dilakuin untuk sembuh? Dan sudah berapa lama wasirnya baru mengambil tindakan untuk operasi?

Reply
avatar
17 Mei 2016 00.03 ×

Udah sebulan lebih pasca operasi, tapi pantat rasanya pegel & kalau buat duduk masih gabisa lama. Apa emang gt ya efeknya mas arlan ?

Reply
avatar
17 Mei 2016 13.11 ×

Efek setelah operasi apa bro arlan? saya udah 1 bulan operasi hemoroid, tapi tiap setelah BAB dubur rasanya pegel.

Reply
avatar
28 Mei 2016 06.45 ×

o ya ms saya mau tanya,, saya bru oprasi 4 hari yg llu tapi kenapa masih sakit banget, klo kentut si lancar tapi belum BAB,tolong masukan nya mz mkzmsh

Reply
avatar
1 Juni 2016 14.18 ×

Jd sedikit lega nih baca post nya mas arlan
Minggu depan saya mau operasi mas
Doakan semoga nanti saya lancar juga seperti mas arlan ya

Reply
avatar
2 Juni 2016 12.01 ×

Saya doakan mudah-mudahan lancar :)

Reply
avatar
2 Juni 2016 12.04 ×

Langkah untuk mengurangi nyeri dengan obat herbal, daun temen lumayan membantu.

Reply
avatar
2 Juni 2016 12.06 ×

Mungkin efeknya setiap orang beda-beda, saya juga kadang merasa pegal pas 1 bulan pasca operasi, kemudian ada cairan agak lengket dan berbau.

Reply
avatar
2 Juni 2016 12.09 ×

Luka tergantung dari lokasi pembengkakan, lebih baik konsultasikan ke dokter bedahnya jika masih belum bisa BAB.

Reply
avatar
9 Juni 2016 19.21 ×

Kalo baca blognya mas arlan g serem. Tp baca koment2nya serem jg.tgl 20 niat mau operasi.bro arlan gmn kondisi skg?

Reply
avatar
9 Juni 2016 20.29 ×

Kondisi sekarang cukup baik. Jadi gini, kita ga usah mikirin 1-2 hari setelah operasi sakitnya kyk apa, bisa bab atau engga, suasana bakal kyl apa, kita ga usah mikir 1-2bln pasca operasi bakal gimana, ygjls kedepannya kayak gimana..

Dulu sehabis bab kerjaannya nyari pojokan buat masukin si anus, skr abis bab bisa langsung jingkrak2.

Ingat doa minta kemudahan, niscaya akan baik2 saja.

Reply
avatar
14 Juni 2016 20.34 ×

Bisa berbagi/tanya2..saya jg pernah operasi hemmorhoid/wasir. Saya jg pngin curhat ke orng yg pernah operasi.. Sms aj ya :) 085774116455

Reply
avatar
14 Juni 2016 20.38 ×

Saya mau tanya mas arlan.. Wktu operasi yg di potong kanan kiri atau sebagian aja ya? Trs skrng klo bab lancar ga?

Reply
avatar
15 Juni 2016 06.10 ×

Saya kurang paham potong kiri-kanan, full-sebagian, ygjls semua sy serahkan ke dokternya. Saat ini bab sangat lancar :-d

Reply
avatar
16 Juni 2016 10.31 ×

Banyak orang bilang,, kalo abis operasi salah satu efek sampingnya adalah,, buang air besar tidak bisa di kontrol lagi/di tahan (keluar dgn sendirinya)
Apakah itu betul??...

Reply
avatar
16 Juni 2016 10.34 ×

Kalau saya, bisa dikontrol kok bro.

Reply
avatar
17 Juni 2016 05.15 ×

bang ane kemarin periksa katanya grade 2. semisal disuruh operasi disuruh metode TAD HAL. agan tau metode itu?agan pake metode apa gan?

Reply
avatar
17 Juni 2016 10.55 ×

Mas kalau udh bab kadang lama masuknya apa harus dioprasi

Reply
avatar
17 Juni 2016 14.59 ×

Jujur aja bro, saya masih awam, sy pikir yg namanya operasi dimana2 sama dan dokternyapun tidak menjelaskan metodenya.

Reply
avatar
17 Juni 2016 15.01 ×

Jika masuknya alami jelas lama, kalau sengaja dimasukkan misalnya duduk di pojokan meja ya lumayan cepat walaupun ga nyaman

Reply
avatar
18 Juni 2016 12.27 ×

Salam kenal min. Kebetulan hari senin(13 juni) saya menjalani operasi. Yg saya tanyain sampai hari ini saya masih belum BAB walaupun rasanya sudah mulas sekali tapi ketika di wc samaa sekali tidak keluar. Dan terakhir keluar darah cukup banyak. Mohon masukannya min. Thanks

Reply
avatar
18 Juni 2016 13.18 ×

Lebih baik dikonsultasikan ke dokter yang menangani. Ini sudah hari ke-5 pasca operasi dan belum BAB.

Reply
avatar
1 Juli 2016 18.48 ×

Bro gue kan kemaren hari senin tgl 27 abis operasi hemoroid setadium 4, gue bab belom lancar cuma baru bisa 1 kali bab doang, soalnya kalo di paksain malah sakit. emang jaitan yang ada di anus harus dicabut ya? Mohon Infonya yaa

Reply
avatar
1 Juli 2016 19.56 ×

Perbanyak makanan berserat agar bab tidak keras, misalnya sayur dan buah2an. Biasanya dikasi obat sejenis pencahar jg dirumah, keluar darah pas bab itu normal.

Masalah benang jarit, biasanya yang dipakai itu benang yang nantinya menyati dengan kulit, jadi tidak perlu ke rs lg buat cabut benang. Coba dipastikan dl, itu benang nantinya mesti dicabut atau tidak?

Reply
avatar
11 Juli 2016 11.36 ×

Mudah mudahan suami saya oprasi nya selancar bang arlan ini,,,,,

Reply
avatar
Mitha
admin
22 Juli 2016 14.52 ×

Iya betul. Kalo Mau mikirin sakit pasti kita ketakutan.. Karena operasi hemorrhoid adalah operasi yg paling sakit di antara semua operasi. Tapi mikirnya sakit sebentar tapi selamanya kita ga ketakutan mulu. Bro Mau nanya. ...saya abis operasi udah 8 hari. Tapi kok nyeri banget. ... kaya sreset2 gitu rasanya. Apakah itu proses dari pada pengeringan luka atau jahitan ya? Makasih sebelumnya

Reply
avatar
Anonim
admin
28 Juli 2016 01.16 ×

Mimin ada bakat keloid? dokter bedahnya patut direkomendasikan tidak? saya ingin bedah tapi masih ragu memilih dokter...

Reply
avatar
28 Juli 2016 18.50 ×

Semoga diberikan kelancaran :)

Reply
avatar
28 Juli 2016 18.53 ×

Bakat keloid tidak ada. Sepengalaman saya, dokter bedahnya layak direkomendasikan. Ragu itu wajar, siapa sih yang tidak takut sama rasa sakit? Lebih baik menderita sebentar, namun masalah teratasi.

Reply
avatar
28 Juli 2016 18.57 ×

Rasa sreset2 itu mungkin karena benang untuk jarit lukanya, sepengalaman saya belum pernah ngerasain luka mengering di anus. 1 atau 2 minggu terkadang masih terasa nyeri, untungnya ga nyeri2 amat.

Reply
avatar
Anonim
admin
31 Juli 2016 22.38 ×

Mas,kemarin sembuh total pasca operasi berapa bulan?

Reply
avatar
6 Agustus 2016 00.23 ×

Bner banget mas, GW susah kentut setelah operasi stqpler. Pas kentut malah cepirit

Reply
avatar
Unknown
admin
17 Agustus 2016 09.59 ×

Mas arlan, sya baru saja mengalami pasca oprasi abien tgl 13 agustus 2016 , tetapi saya belum bisa BAB padahal sudah di berikan obat utk pelancaran BAB 😢 gimana ya mmas solusinya

Reply
avatar
Rio B.A
admin
17 Agustus 2016 10.04 ×

Saya juga sama mas david ... pascaa oprasi ambien tgl 13 agustus 2016 kemarin sampai komentar ini saya buat saya belum BAB .. sulit buang gas, saya juga menggunakan metode laser, adakah herbal yg bisa memperlancar BAB saya ya mas ?

Reply
avatar
Rio B.A
admin
17 Agustus 2016 10.12 ×

Mas arlan, sya baru saja mengalami pasca oprasi abien tgl 13 agustus 2016 , tetapi saya belum bisa BAB padahal sudah di berikan obat utk pelancaran BAB 😢 gimana ya mmas solusinya

Reply
avatar
17 Agustus 2016 10.26 ×

Belum bisa BAB krn belum mules2 atau sudah mules2 tpi ga bisa BAB? Dalam kebanyakan kasus ga bisa BAB pdhl sudah kepengen itu krn perasaan was2 tkt jaritan lepas atau berdarah. Sy pernah mengalami itu, bahkan sesaat pasca operasi susah buang air kecil krn itu.

Reply
avatar
19 Agustus 2016 07.24 ×

Mas arlan, kmaren yg digunakan bius lokal atau bius spinal yg dsuntik lwt tulang blakang?

Reply
avatar
19 Agustus 2016 07.26 ×

Mas arlan, kmaren yg digunakan bius lokal atau bius spinal yg dsuntik lwt tulang blakang?

Reply
avatar
19 Agustus 2016 08.50 ×

Disuntil dari tulang belakang bro.

Reply
avatar
shella
admin
19 Agustus 2016 12.31 ×

Mas arlan saya mau operasi tapi takut, apa sehabis operasi sakit nya lama?

Reply
avatar
20 Agustus 2016 11.41 ×

Saya agak kesulitan menjawab pertanyaan mba Sella. Sakit/tidak tergantung jenis operasi, besarnya luka dan obat apa yang fikonsumsi.

Reply
avatar
20 Agustus 2016 20.00 ×

Sy sudh 24 hr operasi tp kdng msh nyeri kdng juga gatal.pas bab jg msh keluar bercak darah dan nyeri.sprtix luka yg di dlm blm sembuh.hhhhmmmm....lumayan bikin khawatir.

Reply
avatar
20 Agustus 2016 20.12 ×

Sy sudh 24 hr operasi tp kdng msh nyeri kdng juga gatal.pas bab jg msh keluar bercak darah dan nyeri.sprtix luka yg di dlm blm sembuh.hhhhmmmm....lumayan bikin khawatir.

Reply
avatar
Anonim
admin
16 September 2016 17.42 ×

Mau operasi tapi takut

Reply
avatar
4 Oktober 2016 20.02 ×

Saya juga begitu terjadi penyempitan anus,mau bab sakitya minta ampun pdahal yg dikluarkan kecil,sehari saya bab ntah berpa kli..sekrng sya blm sembuh sdh 1 buln 2 minggu,,

Reply
avatar
11 Oktober 2016 02.32 ×

Mas kira2 brpa yah biaya yg prlu dikeluarkan..??

Reply
avatar
11 Oktober 2016 02.37 ×

Mas kira2 brpa yah biaya yg prlu dikeluarkan..??

Reply
avatar
Anonim
admin
11 Oktober 2016 15.54 ×

Kalau masalah biaya mungkin beda2 yah tiap rumah sakit akujuga pake bpjs dicover 16juta saya bayar 14 juta.. Itu pake metode stapler sama ntahlah soalnya 2metode karna stapler aja tidak mempan buat saya.. Rasanya ya sakit seudah operasi tapi gak sesakit waktu masih ada haemoroidnya bab berdarah itu wajar kluar cairan lengket2 bau gmna juga wajar ini saya masih masa pemulihan dirumah, jangan takut saya dibius smua mungkin yah karena tau2 beres dan saya operasi kurang lebih 2 jam karena kasusnya udah beda terlalu.berat katanya tapi skrg saya fine2 aja :D

Reply
avatar
17 Oktober 2016 12.31 ×

Mau tanya saya operasi tgl 24 september tgl 26 plng dr rs. Dan sudah kontrol 3x terakhir kmrin,, q plang itu mlmnya jm sblas bisa bab dan 5hr kemudian bs bab tp hbs itu kok susah bab cm babnya dikit di celana seperti butiran cepirit smpai 3mggu gitu skitnya minta ampun d dubur seperti ada tamponya apakah wajar gan mohon di jwb

Reply
avatar
17 Oktober 2016 12.34 ×

Mau tanya saya operasi tgl 24 september tgl 26 plng dr rs. Dan sudah kontrol 3x terakhir kmrin,, q plang itu mlmnya jm sblas bisa bab dan 5hr kemudian bs bab tp hbs itu kok susah bab cm babnya dikit di celana seperti butiran cepirit smpai 3mggu gitu skitnya minta ampun d dubur seperti ada tamponya apakah wajar gan mohon di jwb

Reply
avatar
21 Oktober 2016 21.28 ×

Saya baru siap operasi tanggal 20 kemaren bulan ini.
Rasanya masih sakit, apalagi setelah tampoon dicabut.
Pedihnya minta ampun.
Tapi, saya yakin akan sembuh.
Saya pasrahkan kepada ALLAH SWT.

Reply
avatar
16 November 2016 09.14 ×

Sebelum operasi saya coba searching google cari informasi sebanyak banyaknya termasuk blog arlan ini, saya operasi wasir tgl 15 okt 2016 di RS Hermina grand wisata tambun (menggunakan BPJS - pelayanan memuaskan), saran saya bagi yg sdh operasi wasir, pagi sarapan buah2an seperti buah naga, apel pear, alpuket, 1 jam kemudian saya konsumsi ektrak sayuran/buah2an, susu kedele (produk melilea ataupun sejenis), makan siang nasi merah, sayur dan ikan gabus (bagus untuk mempercepat kering luka -silahkan searching google), abis maghrib saya konsumsi lg produk melilea lg, sayangnya saya lakukan ini 10 hari pasca operasi, tapi Alhamdulillah BAB tidak sesulit sblmnya, bisa sharing di 08128238140

Reply
avatar
21 November 2016 08.39 ×

Mas saya baru operasi hemoroid 2hr yg lalu. Tadinya cuma penembahan gada operasi tp krna anus saya udh robek akhirnya dioperasi. Setelah operasi saya biasa aja. Tp saat pulang kepala sakit, muntah& setelah saya BAB bagian anusnya perihnya bukan main. Itu wajar gak ya?

Reply
avatar
22 November 2016 12.16 ×

mba Devi, mungkin krn efek obatnya sudah habis, atau mungkin saja karena antibiotik atau bisa juga pereda nyeri yg diberikan via infus efeknya sudah habis, makanya pulang2 langsung pusing dan nyeri2. Sekali lagi ini masih "mungkin" lho ya, ada baiknya jika dikonsultasikan langsung dengan dokternya.

Semoga lekas sembuh :)

Reply
avatar
24 November 2016 10.47 ×

Sy punya wasir tp takut periksa ke dokter..takut disuruh oprasi soalnya kayaknya wasirnya udah grade 3...metode apa ya yg penyembuhan nya cepwt dan ga ada efeksamping dan ga sakit...

Reply
avatar
27 November 2016 20.43 ×

Apakah operasi bisa di taggug kartu kiss... mohon pencerahannya...

Reply
avatar
27 November 2016 20.45 ×

Apakah operasi bisa pake kartu kis... mhon pencerahan.a

Reply
avatar
27 November 2016 20.55 ×

Bisa pake kis operasi.a gak..

Reply
avatar
28 November 2016 00.11 ×

Ada baiknya jika konsultasikan ke faskes 1 dalam hal ini puskesmas.

Reply
avatar
28 November 2016 00.15 ×

Ditempat sy ada praktek dokter yg menggunakan injeksi (suntik obat tertentu) untuk mengatasi wasir. Banyak pasien yg mengaku sembuh setelah treatment sebanyak 5-8 kali tergantung grade wasir. Hanya saja kita kudu iklas habis 500rb per kunjungan dengan jarak 1x per minggu.

Reply
avatar
28 November 2016 17.42 ×

Persis sama kaya saya mas bisa minta no hp ga ,,, biar komunikasi lancar ini no saya 081220978402

Reply
avatar
Anonim
admin
4 Desember 2016 00.02 ×

Sakit gak operasinya mas admin

Reply
avatar
4 Desember 2016 00.13 ×

Saat dioperasi tidak sakit, nah pasca operasi itu yg tiap2 orng beda2

Reply
avatar
4 Desember 2016 00.15 ×

Saran saya ada baiknya dikontrol ke dokter yang menangani operasinya. Semoga lekas sembuh.

Reply
avatar
4 Desember 2016 00.16 ×

Lewat tulang belakang. Rasanya rada ngeri, tapi efek lumpuhnya itu lho, luar biasa.

Reply
avatar
Anonim
admin
4 Desember 2016 08.53 ×

Sharing...

Ane udah operasi wasir sebelum bulan puasa tahun ini. Tingkat wasirnya stadium 4. Minum obat anti nyeri ngga mempan lagi, akhirnya ane putusin operasi. Awalnya mau pakai BPJS. Mengingat kualitasnya yang ane ragukan (operasi konvensional), atau apakah ada biaya tambahan, akhirnya ane cari tempat yang pakai teknologi BEIM. Biayanya menurut cerita relatif lebih murah daripada cara lain.

Sebelum operasi besoknya, disuruh puasa dulu. Udah gitu cek tensi dan cek darah. Kalau ada apa2 bisa dibatalin operasinya. Nunggu di klinik sempat panik, karena denger biusnya disuntik ke tulang belakang. Ane kira bakal sakit di suntik ke tulang, tapi untungnya cuma di persendian tulang. Seperti di gigit semut dan agak kesetrum. Setelah daerah pinggang ke bawah terasa kebas barulah operasi dilakuin. Ngga sakit. Totalnya makan waktu kurang lebih 30 menit. Abis itu nunggu bius ilang. Udah langsung bisa jalan, dan pulang. Tapi disarankan bawa orang yang ngantar. Sesampai di rumah langsung istirahat.

Mungkin ane ngga seberuntung yang lain. Tapi ane beruntung pake metode BEIM karena ngga ada jahitan. Resiko pendarahan jadi minim. Jadi ceritanya ane punya maag. Obat anti nyerinya bikin ane mual2. Semua orang juga gitu. Tapi berhubung maag, apa yang masuk ke mulut ane langsung dimuntahin. Harus belajar atur nafas supaya ngga muntah. Awalnya ane pikir obat pencahar yang dikasih malah nambah mual. Akhirnya ane ngga minum, gantinya makan buah pepaya. Tapi kotoran masih kurang lunak. Pas BAB sakitnya minta ampun. Itu karena anusnya ngga bekerja seperti semula. Karet anus udah hilang. Wasir ane 90% keliling. Ane ngejan semampus mampusnya. Keluar darah beberapa tetes. Jadi apapun yang terjadi jangan berhenti minum obat pencahar sampai disuruh berhenti sama dokternya.

Ane menderita banget selama seminggu. Tapi penderitaan yang sebenarnya baru terjadi dua minggu setelahnya. Ane ngalamin penyempitan anus. Biasanya itu diderita oleh pasien yang wasirnya keliling kayak ane. Pas masa penyembuhan lukanya mengkerut dan akhirnnya menyempitlah si anus. Malemnya ane ngga bisa tidur karena ngga bisa BAB. Padahal udah diujung. Perut berkontraksi terus tapi anusnya mampet. Ane sampai tidur samping WC. Pas mules tiap 5 menit ane coba terus sepanjang malam. Kadang keluar. Tapi sebesar ujung jari kelingking. Ane minum obat pencahar hampir satu botol. Bodo amat efek samping. Plus pepaya. Akhirnya pas adzan subuh bisa keluar sedikit demi sedikit. Nih kotoran udah numpuk 3 hari.

Begitu klinik buka paginya langsung ane samperin. Langsung dilakukan pengecekan anus. Jari telunjuk dan tengah dimasukkan untuk mengukur seberapa sempit anusnya. Lalu ditekan ke arah atas bawah kiri kanan. Karena luka belum sembuh, terpaksa ane nangis. Setelah itu businasi harus dilakukan, yaitu memasukkan besi panjang ke dalam anus untuk mencegah penyempitan dan mengembalikan elastisitas. Jangan ditanya sakitnya.

Sampai hari ini ane masih melakukan businasi. Tapi rasa sakit perlahan berkurang. Sebulan pertama businasi dilakukan setiap hari. 2x sehari. Pagi dan sore. Masing2 selama satu jam. Ane ngga berani masukin sendiri. Jadi harus bolak balik ke klinik. Untung kliniknya dekat. Pas bulan ke dua udah bisa dilakukan sendiri. Diganti dengan lilin. Tapi berhubung ane males2an, anusnya menyempit lagi. Jadi ane harus ngulang dari awal. Yang bikin ane males2an karena setiap masukin selalu berdarah. Kalau ngga sama perawatnya jadi kurang oke. Tapi ane ngga enak balik ke klinik lagi. Kayaknya mereka udah males. But it's okay. Ane cuma heran kenapa luka ane lama banget sembuhnya.

Reply
avatar
Unknown
admin
7 Desember 2016 00.04 ×

Ma saya juga lagi galau ini saya periksa wasir saya ternyata sudah grad 4, saya takut sekali oprasine,jadi saya memutuskan. Untuk suntik. Setelah di suntik satu hari sembuh, memasuki hari kedua kambuh lagi, kira kira ma allah waktu operasi sudah grad berapa? Dan setelah operasi aktivitas kembali bekerja berapa hari/ minggu?

Reply
avatar
Unknown
admin
7 Desember 2016 01.04 ×

Saya pasca operasi tgl 1 Desember kmrn. Pasca operasi pantangan makan pasti ada lah yg sy mw tanya apakah ada pantangan utk gerak or lakukan kegiatan pengaruh nya ke rasa nyeri dr kegiatan yg ky lakukan atw gak yah. Thank before

Reply
avatar
7 Desember 2016 06.32 ×

Masing2 RS beda2 mas. Kalau pakai bpjs tentunya sudah dicover semua

Reply
avatar
21 Desember 2016 00.09 ×

untuk menghilangkan bekas luka atau keloid pakai obat penghilang bekas luka dan keloid LiquidRx skin aid, terbukti ampuh dan efektif gan..

Reply
avatar
Anonim
admin
24 Desember 2016 01.58 ×

Coba Mas atau Mbak yang mau operasi, periksa aja ke dokter dulu, nanti ketahuan harus dilakukan operasi atau enggak
Saya juga pasca operasi awal desember lalu, saya di rumah sakit total 8 hari , dan istirahat dirumah 7 hari baru setelah itu berani untuk mulai bekerja (ringan) masih takut yg terlalu capek dan berat
Tiap hari air 2 liter lebih, dan buah pepaya (kates)
Obat yang diberikan ada vitamin, obat lambung, antibiotik dan antinyeri
BAB masih terasa sakit dan masih ada cairan lengket agak bau , kata dokter itu wajar

Reply
avatar
Anonim
admin
24 Desember 2016 08.15 ×

Bro kalau pake BPJS itu cuma cover benang jahit nya aja?

Reply
avatar
24 Desember 2016 21.26 ×

KIS itu produk BPJS gratis untuk masyarakat kurang mampu. Intinya sih bisa.

Reply
avatar
24 Desember 2016 21.38 ×

seluruh tindakan termasuk biaya kamar ditanggubg bpjs. Benang jarit jg ditanggubg bpjs, hanya saja untuk operasi ambeien lebih baik jika pakai benang yang nantinya menyatu dgn kulit. Ga apa2lah bayar sedikit, daripada nanti kontrol luka mesti tahan2 linu buat pencabutan benang.

Reply
avatar
25 Desember 2016 00.45 ×

perlu di coba ini untuk memperlancar bab tanpa obat apapun.makan buah apa aja saat perut kosong.jadi sebelum makan besar seperti nasi+lauk ya.klo bingung kpn waktu perut kosongnya ya bangun tidur aja rutin makan buah nya misal satu buah jeruk jangan di jus karna kita perlu serat dan harus di kunyah ya tujuannya agar tercampur air liur.krn obatnya ini campuran dari buah dan air liur.jadi seperti detox ya.kabar baiknya kita bisa makan apa kira kira 20 menit setelah makan buah.karna bua/sayur ini cuma butuh 20 menit untuk mencerna sampai kebawah.sedangkan nasi atau karbohidrat lain butuh waktu 4 kira kira 4 jam untuk mencernanya.sedangkan protein contoh daging telur butuh waktu kira kira 6 jam untuk mencernanya.jadi dari catatan saya bisa disimpulkan harus makan urutannya harus benar.makanan buah sayur sebaiknya sewaktu perut kosong.harus di biasakan .semoga bisa membantu.

Reply
avatar
sansun
admin
26 Desember 2016 21.46 ×

Sy operasi wasir tgl 21, tiap hari sy bisa bab 2 sampai 3x sehari pasca operasi,dan tiap hari rasa sakit n perih nya juga makin berkurang,yg jadi was2 sampai skrg tgl 26..kenapa ada cairan rembes kekuning2 an ya tiap sy lap pakai tisu?apa itu wajar ya mbak/ mas yg pernah oprasi wasir

Reply
avatar
Unknown
admin
26 Desember 2016 22.11 ×

Mas arlan atau yg lain yg pernah merasakan bius utk tindakan operasi wasir, saya numpang tanya.. Untuk kegiatan sehari2 apa tidak risih dengan cairan yg berbau dan keluar itu? Apa ada cara utk mengatasi cairan yg berbau itu? Mohon pencerahannya. Lalu saya juga tidak tahu benang yg digunakan utk operasi, apa itu menyatu dgn kulit atau tidak -,- terimakasih admin arlan.

Reply
avatar
27 Desember 2016 22.05 ×

Keluar cairan lengket agak kekuningan dan berbau itu normal mas/mba sansun. Semua pasien yang pernah saya tanya juga mengalami hal yang sama.

Reply
avatar
Anonim
admin
30 Desember 2016 16.59 ×

Hai..buat yang pernah operasi wasir pakai metode stapler, saya mao nanya apakah setelah habis operasi gitu di anus masih terasa seperti masih ada benjolan atau wasir gitu ya??

Soalnya suami saya tgl 26 des kemarin baru abis operasi dan hari ini tgl 30 des dia baru pulang dari rs. Katanya setelah operasi dia merasa kyk masih ada sesuatu yg mengganjal di anusnya. Skrg uda hari ke 4 setelah operasi, ganjalab itu terasa lebih kecil dari hari pertama operasi. Cuma yg mao ditnyain,,klo ada yg pernah alami seperti itu apakah ke depannya masih tetap begitu??

Dan hari ini sblum pulang dr rs,kata dokternya harus bisa bab dulu baru boleh pulang. Dan memang akhirnya dia tadi bisa bab
taoi itu dikit bgt,,paling setengahnya jari kelingking. Apakah itu uda trmasuk uda bisa bab ya??

Buat yang uda ngalami, tolong bantu share ya pengalamannya. Thanks

Reply
avatar
Hasya
admin
30 Desember 2016 17.37 ×

Oh iya mas arlan, kira-kira berapa lama ya cairan berbau itu hilang? Sudah mau 3 minggu pasca operasi, saya blm hilang juga cairan yg keluar itu.

Reply
avatar
13 Januari 2017 13.10 ×

Iyah ga serem kok op hemoroid itu, aku tgl 3 januari selesai op dan ga seperti yang orang2 bilang pas bab pertama ga ngerasain sakit cuma mules berlebihan maklum mungkin sudah d seting dokter biar ga bab dulu selama 2 hari padahal makan muluk. Dan selama ini lancar2 aja babnya padahal hemoroidku di ambil 2 dan itu gede2.. Jd yang mau op ga usah kawatir, dokter sekarang canggih canggih..

Reply
avatar
13 Januari 2017 13.23 ×

Iyah ga serem kok op hemoroid itu, aku tgl 3 januari selesai op dan ga seperti yang orang2 bilang pas bab pertama ga ngerasain sakit cuma mules berlebihan maklum mungkin sudah d seting dokter biar ga bab dulu selama 2 hari padahal makan muluk. Dan selama ini lancar2 aja babnya padahal hemoroidku di ambil 2 dan itu gede2.. Jd yang mau op ga usah kawatir, dokter sekarang canggih canggih..

Reply
avatar
Ed J
admin
17 Januari 2017 11.34 ×

Operasi dengan metode apa ya klo boleh tau mbak Desty?
Skrang kondisinya gmna?
Aku lgi planning operasi jg ini.

Reply
avatar
Ed J
admin
17 Januari 2017 11.34 ×

Operasi dengan metode apa ya klo boleh tau mbak Desty?
Skrang kondisinya gmna?
Aku lgi planning operasi jg ini.

Reply
avatar
herr ma
admin
20 Januari 2017 22.47 ×

Saya rencana mau oprasi.. Wasir saya sudah stadium 3,,,, tlng teman" bagi pengalaman nya

Reply
avatar
22 Januari 2017 14.41 ×

saya operasi tgl 18 januari lalu. bius lokal. operasi berlangsung cepat kira2 15 menit karena saya kondisi sadar kecuali perut sampai kaki gk ada rasa. efek bius baru hilang setelah 7,5 jam (normal 2-3 jam). dan sakit mulai terasa. BAB pertama langsung besoknya tapi sedikit. BAK di bantu kateter karena belum bisa. tgl 20 keluar dari RS.
sampai sekarang BAB bisa 3 kali sehari tapi sedikit. dan sakitnya sangat luar biasa tiap BAB, tapi setelah selesai gk sakit lagi.
tgl 24 nanti konsul lagi..

Reply
avatar
26 Januari 2017 18.22 ×

Saya tgl 23 jan kemaren habis oprasi juga, BAB uga susah cuma keluar dikit2 kaya sembelit, untuk BAK lancar aj.
Apa emang seperti itu ya susah buat BAB?
082227833322 wa saya kalau ada yg mau ngasih jawaban atau tanya jawab

Reply
avatar
yanita
admin
29 Januari 2017 14.07 ×

Mas mau nanya. .kmrn tgl 16 jan saya juga abis operasi dan sd hari ini saya sdh kontrol sampai 2x dan kata dokter juga tdk perlu kontrol lagi. Krn kondisi saya sdh baik tinggal pemulihan katanya bs sampai 3minggu. Memang kondisi saya sampai 2minggu kmrn baik2saja. Bahkan BAB saya lancar. Ya nyeri sedikit tapi sdh tdk seperti saat sebelum operasi yg sakit minta ampun. Dan setelah operasi saya sama sekali blm pernah berdarah. Dan setelah dinyatakan dokter kondisi saya baik, ehhh baru kemarin dn hari ini saya berdarah kalau saat BAB. Saya jdi khwtr ini emg lukanya yg belum kering atau saya kambuh lagi. Krn 2minggu stelah operasi saya tdk berdarah sama sekali saat BAB. Menurut mas enaknya gimana ya?

Reply
avatar
8 Maret 2017 16.12 ×

saya juga dulu mengalami penyakit hemoroid yang lumayan cukup parah sakit nya, saya di anjurkan untuk oprasi, tapi karna kata orang orang bakal kabuh lagi dan bisa timbul penyakit lain saya jadi takut, untuk oprasi... karna ada teman saya yg sudah oprasi malah tambah sakit dan susah untuk bab, tapi sekarang beliau sudah sehat dan penyakit nya hilang total bab juga sudah nyaman kata nya, saya tanya ke teman saya itu kata nya dia brobat ke aceh, dng bpk yusuf, dalam hati gila jauh nya kalau harus brobat ke aceh, tapi dia bilang kamu gak prlu ke aceh cukup telp atau washapp beliau aja untuk konsultasi cara pengobatan yg aman baik dan nyaman...akhir nya saya branikan diri untuk konsultasi dng pak yusuf dan saya di njurkan untuk menjalani pengobatan nya dan obat beliau kirim dari aceh melalui paket, dalam hati boleh juga saya coba mana tau cocok masalah harga saya gak pikir sebab saya ingin sembuh... dan setelah saya minum obat beliau saya sudah enak kan dan baba sudah gak sakit lagi tinja juga banyak keluar itu baru 5 hari sya minum , dan setelah habis obat nya benjolan di anus saya sudah masuk lagi dan saya akhirnya bisa sembuh tanpa oprasi...bagi yang masih sakit saya saran kan coba hub pak yusuf kita saling br bagi pengalaman semoga br manfaat , no hp pak yusuf 085361675232

Reply
avatar
Anonim
admin
12 Maret 2017 03.47 ×

Saya operasi tahun 2013, nyaman2 saja, malah merekomendasikan teman lain utk di operasi dg metode yg sama. Oktober 2016, karena pola makan, pola tidur tdk baik, susah BAB dan feses kecil-kecil. Lalu anus serasa penuh, ketika kontrol dokter ternyata ada feses kecil nyangkut, itu yg membuat radang. Desember 2016 di luar anus ada benjolan, meradang, sakit sekali saat jalan. Saya kembali ke dokter, katanya itu bukan wasir tapi trobus atau darah beku. Kemungkinan karena sering duduk terlalu lama. Tapi menghilang sakit dan benjolannya (kebetulan saat umroh), speechless sekali. Terakhir, maret 2017 perut perih, mual, muntah, anus tertutup sampai buang angin saja susah. Akhirnya konsul ke dokter via whatsapp, tapi googling malah dapat info gejala seperti yg saya alami adalah gejala kanker usus. Panik dan stress mungkin membuat saya makin drop lalu saya dibawa ke UGD. Tapi di UGD dokter jaga lebih fokus ke perih lambungnya. Sedangkan saya berfikir perihnya itu karena anus yg tertutup dan tdk buang gas itu. Tidak puas dg penanganan dokter jaga, besoknya saya ke spesialis dalam. Anusnya di dilihat sekilas, tidak cek dalam langsung menyimpulkan bahwa itu wasir. Akhirnya saya kembali menghubungi dokter wasir saya dan diminta datang untuk kontrol. Tgl 9 maret 2017 kontrol, lalu dijelaskan tdk ada wasir. Hanya kulit sisa yang kadang meradang saja, akhirnya ditawarkan utk dibersihkan. Sempat ragu, tapi bosan dg sakitnya yang sering kambuh, akhirnya saya setuju. Hanya 30 menit proses selesai (itu pun karena saya tersadarnya lama, pules banget). Hari itu justru tidak terasa keluhan. Jadi sya pikir karena sering merasakan yang lebih sakit mungkin, atau karena yg dibersihkan hanya kulit bagian luar saja. Malam kedua mulai terasa gatal. Menurut dokter karena tumbuh kulit baru. Untuk menghilangkan sakitnya saya berendam di air hangat ke arah panas. Hari ketiga gatalnya semakin sering, sehingga sehari 4-5x berendam. Ternyata sekitar anus justru merah-merah, mungkin iritasi, dan gatalnya semakin luar biasa. Malam ketiga (malam ini) kembali tdk bisa tidur karena gatal. Tp saya coba kompres dengan es batu (ice gel), terasa lebih baik (bisa sambil ketik ini) ^^
Minta doanya teman-teman semua semoga cepat pulih.

Saran untuk yang sdh pernah operasi, jagn sampai ada operasi kedua. Betul-betul jaga gaya hidup, pola makan. Merasa sdh sembuh saya makan pedasnya kuat, santan, atau telat makan,sayur, buah jarang konsumsi. Jd harus ada part 2. Semoga ada pelajaran yang bisa diambil dari cerita saya.

Reply
avatar
19 Maret 2017 12.12 ×

hai mas arlan. sy bru operasi kemren tgl 15 maret.. tgl 16 sy udah cek out drimh skit.kalau kentutn sy lancarntapi bab susah.pernh sekali bab tpi udahnyaxjadi sakitt... dan klu btuk jadi ikut sakit...kya ketarik.kepal say sakittt bener.. apakah pernh mersakn sama. terus obt ap yg hrus dibeli diapotik

Reply
avatar
Anonim
admin
24 Maret 2017 04.36 ×

Ane bru selesai operasi wasir internal tgl 14 maret grade 3-4 dgn bpjs, lancar setelah pasca operasi bius ilang gak merasa sakit, dan bab hari ke 2 gak sakit karna byk makan serat.. total ane di rawat di rs 4 hari bru bleh pulang..sekarang masih menjalani penyembuhan hari ke 9 dan hari ini bisa naik motor..kata dokter kunci di waktu bab penyembuhan pasca operasi harus makan berserat bab gak sakit dan saat bab jangan terlalu lama...saran ane bagi penderita wasir mau operasi jgan takut yaa..

Reply
avatar
Thanks for your comment