Kelas Asik Teknologi Informasi ke 3


Lima tahun sudah bergabung di Bali Blogger Community baru kali ini ikut acara ngoprek blog yang diprakarsai Sloka Institute dan Bale Bengong. Melalui program Kelas Asik Teknologi Informasi atau yang lebih keren disingkat dengan KASTI ini kita membicarakan segala hal tentang blog, mulai dari mencari inspirasi, mengoptimalkan blog dan lain sebagainya.

Di acara yang ke tiga ini (katanya sempat vakum selama 2 tahun), KASTI menggaet dua narasumber yang berasar dari intern, yaitu @PandeBaik dan dokter Made (selebtwit) dengan akun twitter @BlogDokter. Jika dunia perbloggeran bisa diibaratkan dengan dunia persilatan, kali ini kami kedatangan Wiro Sableng dan Sinto Gendeng.

Kedua narasumber tentunya sudah tidak asing lagi di kancah perbloggeran di tanah air, Pande Baik sendiri pertama kali saya kenal sebagai pria usil yang suka ngotak-atik Android, sementara itu dokter made melalui BlogDokter.net lebih suka fokus dalam memberikan informasi seputar kesehatan. Yang paling menarik adalah, kedua narasumber ini memiliki latar belakang yang sama, yaitu seorang pegawai sipil yang lebih akrab kita sebut sebagai PNS.


Sesi pertama diisi oleh Pande Baik, pada kesempatannya, beliau mencoba untuk memotivasi dan mengingatkan kembali tentang esensi menulis melalui sebuah blog. Konsisten untuk mengisi blog dengan konten menjadi hal yang cukup penting, dan kebanyakan blog 3in1 lebih kaya akan konten namun kurang baik juga di Google.

Selanjutnya, ide bisa didapat dari mana saja, dan biasanya ide paling umum kita dapat saat "bertapa" di bilik paling pribadi di rumah kita. Agar ide tidak lenyap, kita dapat memanfaatkan smartphone untuk mencatat ide dan membuat draft untuk menyusun sebuah tulisan.

Monetize blog merupkan topik yang yang sangat asik untuk disimak, namun dokter Made lebih menekankan semangat berbagi melalui sebuah blog. Melalui kesempatannya, pemilik akun @BlogDokter ini memberikan tips tentang cara memperbanyak kunjungan ke blog, yaitu dengan membagi link ke akun sosial, blogwalking dan mengharapkan kunjungan balik.

Yang paling penting menurut dokter Made ialah usahakan memiliki satu tema pada blog, sehingga kita memiliki brand, misalnya kesehatan, fotografi dan lain sebagainya, dan inilah yang telah dibuktikannya melalui jumlah kunjungan blog dan jumlah followernya yang mencapai jutaan.

Bagaimana dengan mencari duit dari ngeblog? Monetizing bisa dilakukan dengan banyak cara, blog dokter sendiri memanfaatkan space di blognya. Beberapa layanan seperti iblogmarket, adsense, disqus comment system dan masih banyak lagi bisa dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Jadi pengen...

KASTI sendiri merupakan acara santai yang dihadiri kalangan terbatas, pas banget dengan jumlah kursi di Rumah Sanur. Disamping muka lama, acara ini dihadiri oleh Gogon, Maria dan Gandi yang notabene Blogger baru di komunitas Bali Blogger.

Tidak hanya dapat ilmu, melalui KASTI ke-3 ini kami ber hahahihi dan rasanya seperti dapat keluarga baru. Emang bener-bener rugi kalo ga ikut acara ini.
Thanks for your comment