Memancing traffic blog dengan konten how to

Berbicara tentang memancing ga melulu tentang hobi menangkap ikan. Memancing, walaupun diselipkan pada kalimat yang berbeda, misalnya memancing masalah, memancing jodoh ataupun memancing yang lainnya tetap memiliki sifat yang sama, yaitu disengaja. Begitu pula dengan memancing traffic agar blog kita makin laris dikunjungi orang.

Istilah memancing traffic baru saya sadari saat mengikuti program KASTI (Kelas Asik Teknologi Informasi) beberapa waktu yang lalu. Saat itu dokter Made - blogger dan selebtwit dengan akun @BlogDokter - memberikan materi tentang cara monetize blog. Salah satu hal yang paling saya ingat dari pengalaman beliau adalah blog yang mengangkat tips & trik dan blog yang menyampaikan fakta lebih disukai pembaca ketimbang blog dengan tema lainnya.

Jika dibandingkan dengan blog ini, apakah sudah mengangkat salah satu atau kedua kriteria diatas? Jawabannya adalah tidak. Arlan85.com merupakan blog gado-gado atau yang sering disebut dengan blog 3in1 oleh bli @PandeBaik. Jumlah kunjungan di blog ini bisa dibilang masih... Ya gitu deeh... karena kontennya lebih banyak diisi dengan topik yang ga penting.

Namun jangan salah, blog ini memiliki rata-rata kunjungan sebanyak 6.000/bulan dengan 200++ kunjungan setiap harinya, jadi ada satu atau dua hal yang menyebabkan pengguna internet secara sengaja atau tidak sengaja masuk ke blog ini.

Setelah dicari-cari berdasarkan postingan terbanyak dan kata kunci yang masuk, rupanya pengunjung lebih suka dengan topik how-to yang terkadang saya buat di blog ini. Jika Anda menggunakan tampilan desktop, di bilah kanan blog ini terdapat gadget dengan judul 7 days popular post, kira-kira saat Anda membaca tulisan ini, topik apakah yang sedang banyak dikunjungi peselancar maya di blog ini?

Kembali ke topik memancing traffic dengan konten how-to. Bagi Anda yang memiliki blog gado-gado, jangan lupa menyelipkan topik tutorial dan fakta di blog. Topiknya bisa apa saja asalkan diminati banyak orang, misalnya cara membuat blog, cara menghemat gaji bulanan, tips mengasuh anak, 7 daerah wisata termurah di Bali, akibat-akibat terlalu sering bergadang dan lain sebagainya. Idealnya sih, topik how-to dengan topik umum perbandingannya 1:5, dimana satu topik how-to diselipkan diantara lima topik yang sesuai dengan minat, saya kira itu sah-sah saja, namanya juga usaha.

Saya pikir sebagai seorang blogger betapa pentingnya memiliki jumlah kunjungan tinggi, kali-kali aja bisa dimanfaatin buat monetize blog sehingga menjadi salah satu aset untuk menambah penghasilan.

Kan siapa tau...
Thanks for your comment