Lebih Baik Pakai Blogspot atau Wordpress?

Jadi lebih bagus mana? ngeblog pakai Blogspot atau Wordpress?


Pertanyaan tersebut sering saya dengar dari para sahabat dan kenalan lainnya yang kebetulan berminat untuk ngeblog. Sebetulnya tidak ada jawaban yang pasti, semuanya tergantung dari kebutuhan masing-masing orang.

Blogger.com atau lebih dikenal dengan sebutan Blogspot dihosting dengan subdomain blogspot.com, contohnya www.arlan85.blogspot.com. Yang paling menarik dari layanan ini adalah sepenuhnya gratis dan dimiliki oleh Google.

Berbeda dengan Wordpress. blog yang dihosting pada wordpress memiliki subdomain wordpress.com, contohnya arlan85.wordpress.com. Menariknya lagi Wordpress memiliki 20% Content Management System (CMS) atau 48% CMS dari semua situs dibacking oleh Wordpress. Sederhananya, CMS adalah perangkat lunak yang memberikan keleluasaan untuk membuat, mengatur dan megunggah konten dengan sangat baik.

Saat ini Blogspot dan Wordpress merupakan layanan blog gratis yang paling terkenal. Kedua layanan ini bersaing dipuncak tangga platform blog terfavorit dengan berbagai kelebihannya masing-masing. 

Masih bingung? berikut ulasan Blogspot vs Wordpress berdasarkan atas pengalaman saya mencoba kedua platform tersebut.

Mengapa memilih Blogspot?

  • Blogspot memiliki antarmuka yang sederhana, hal tersebut tampa dari dashboard yang sangat responsif dengan teknologi AJAX didalamnya.
  • Untuk urusan mempercantik tema, blogspot memiliki ratusan bahkan ribuan tema yang bisa diatur sesuai dengan selera Anda. Tema dapat diunduh dari berbagai layanan penyedia tema blogspot di internet, namun demikian, bagi Anda yang memiliki kemampuan lebih dalam program website, template Blogger tentunya dapat diatur dan diubah hingga keakarnya.
  • Blogspot sepenuhnya dipegang oleh Google, untuk itu Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15Mb yang tentunya dibagi untuk layanan lainnya dalam satu akun Google, misalnya Google Drive, Gmail, Google Foto dan masih banyak lagi, jadi untuk urusan penyimpanan, pengguna akan dimanjakan dengan ruangan yang besar khususnya bagi pemilik blog untuk portofolio fotografi.
  • Untuk urusan iklan, blogspot merupakan anak perusahaan Google dengan iklan Adsense yang sangat menggiurkan. Adsense bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan dari ngeblog dan tidak sedikit blogger yang berjuang untuk menjadi member Adsense.
  • Tidak hanya Adsense, pengguna juga dapat memasang iklan dari pihak lainnya seperti idblognetwork, accestrade dan masih banyak lagi, asalkan sudah memiliki top level domain.
  • Domain. Bagi blogger yang sudah memiliki jumlah kunjungan yang bisa dibilang sangat baik, mungkin akan berfikiran untuk lebih profesional dalam bidang perbloggeran, salahsatunya dengan menyewa top level domain. Proses propagasi domain dengan hosting blogspot juga terbilang cukup mudah, yaitu dengan mengatur nameserver dan CNAME dilayanan penyedia domain.
  • Hosting. Bagaimanapun juga, Blogspot menyediakan hosting dengan space yang cukup besar. Cukup menyambungkan domain dengan blogspot maka blog idaman ada ditangan Anda. Salahsatunya adalah blog ini.
Kelebihan blogspot adalah penyimpanan yang besar dan cukup disambungkan dengan top level domain saja. Bagi Anda yang ingin lebih profesional dibidang blog namun dengan modal minim, cukup dengan berlangganan domain saja, misalnya domain.com seharga Rp.110.000/tahun
Kekurangan Blogspot terdapat pada pengaturan tempate, khususnya template yang diunduh dari internet. Untuk merubah dan menambahkan struktur, pengguna wajib mengetahui kode HTML dan cara mengaturnya, namun hal tersebut tidak perlu diambil pusing jika Anda memilih template bawaan blogspot.


Mengapa memilih Wordpress.com? 

  • Wordpress memiliki jumlah pengguna yang cukup tinggi, tampilannya yang lebih profesional dan pengaturan tema yang sangat mudah disukai dan difavoritkan blogger baru hingga profesional. Tampilan dashboard yang tidak banyak mengalami perubahan membuat kita tidak perlu menyesuaikan diri dengan dashboard baru.
  • Untuk urusan import blog, wordpress ahlinya. Wordpress mampu menerima suntikan konten dari blog lain, misalnya blogspot, tumblr dan lain sebagainya.
  • Wordpress memiliki kapasitas penyimpanan gambar sebesar 3Gb dengan fitur pencarian gambar pada dashboard.
  • Antarmuka dashboard yang simpel memudahkan kita untuk mengakses fitur-fitur penting didalamnya.
  • Statistik yang baik, sehingga memudahkan kita untuk mengetahui jumlah kunjungan, pageview dan lain sebagainya.
Kelebihan Wordpress.com terletak pada kemudahannya dalam membuat, mengatur dan memublish konten. Dengan kapasitas yang besar dan pengaturan yang mudah sangat disukai blogger baru.
Pengguna dapat menyewa top level domain, sama seperti blogspot. Bedanya, domain dan sitemap hanya bisa disewa melalui wordpress.com untuk itu Anda wajib menyiapkan $18 setahun untuk profesional dalam dunia blogging berplatform Wordpress.
Kekurangannya, Wordpress memiliki kebijakan ketat untuk melarang pemasangan iklan pada subdomain Wordpress.com. Iklan hanya bisa dipasang setelah menyewa domain dan sitemap, itupun iklan yang disediakan oleh wordpress saja, namun iklan yang disediakan wordpress sudah cukup ampuh untuk dijadikan sumber penghasilan tambahan.
Mengapa Memilih Wordpress Self Hosting? 

  • Sesuai dengan namanya, Wordpress Self Hosting atau dihosting sendiri merupakan platform wordpress pada versi Wordpress.org, berbeda dengan Wordpress.com. Anda wajib memiliki domain dan hosting untuk menggunakan platform ini.
  • Pada dasarnya wordpress.org dan wordpress.com memiliki tampilan dan fitur yang sama, kecuali keleluasaan dalam mengatur segala sesuatunya mulai dari tampilan, komposisi blog hingga keakar-akarnya dapat dilakukan pada Wordpress.org atau Wordpress Self Hosting.
  • Tampilan yang profesional, karena bisa diatur dengan sangat leluasa, berbeda dengan Blogspot dan Wordpress.com yang masih memiliki batasan/aturan rumah tangga masing-masing perusahaan.
Kelebihan blog ini adalah tampilan yang lebih profesional dengan template gratis dan premium yang bisa diunduh di internet. Pengaturan tampilan yang lebih leluasa ini sangat disukai blogger profesional, sehingga tidak heran jika banyak blogger-blogger kawakan lebih memilih Wordpress Self Hosting ketimbang platform lainnya.
Tidak hanya dari segi tampilan, Wordpress Self Hosting memiliki keleluasaan untuk memasukkan iklan didalamnya, mulai dari adsense, iklan yang disediakan Wordpress itu sendiri, IDblognetwork, Accestrade dan masih banyak lagi.
Kekurangannya terletak pada pengaturan hosting yang meliputi PHP, instalasi Wordpress, pengaturan nameserver dan lain sebagainya. Diperlukan  pengetahuan khusus agar dapat mengonfigurasi keduanya, namun tersedia ratusan artikel yang dapat dijadikan referensi untuk mengatur Wordpress Sef Hosting.

Kesimpulannya, masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Dari segi tampilan tema, Wordpress.org menyediakan lebih banyak template yang dapat diatur untuk memiliki web/blog dengan tampilan yang lebih profesional, sementara itu blogspot juga memiliki fitur yang sama, namun pengaturannya lebih ribet dengan pengaturan kode-kode HTML dengan syarat sudah dipasangi top level domain.

Dari segi iklan, blogspot dan wordpress.org sama-sama memiliki keleluasaan untuk menyisipkan kode-kode tertentu yang berhubungan dengan afiliasi dan iklan lainnya seperti CPC, CPA dll.

Dari segi kemudahan, saya menyarankan Wordpress, namun jika memiliki kemampuan yang lebih dalam bidang pengkodean maka blogspot jawabannya. Salahsatu contohnya begini, dengan template yang sama dengan fitur iklan didalamnya, Anda dapat mengatur dan merubah kolom iklan melalui dashboard, berbeda dengan blogspot, Anda wajib mencari link gambar dan merubah kode tersebut dengan kode dan link lain untuk iklan.

Well, demikianlah artikel Lebih Baik Pakai Blogspot atau Wordpress? Tidak ada jawaban yang pasti mengenai hal tersebut, dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan penggunanya.







Thanks for your comment