Berbagi lokasi dengan LINE Here


LINE Here merupakan layanan berbagi lokasi yang mempermudah pengguna untuk mengetahui keberadaan teman dan keluarga terdekat melalui peta digital. Fungsinya sama dengan Pelacak Keluarga – 360 dan Here Maps, yaitu layanan berbagi lokasi yang digunakan untuk janjian bertemu disuatu tempat.

Melalui aplikasi ini, penggunanya dapat mengetahui keberadaan orang lain melalui map dengan ikon yang telah disiapkan sebelumnya. Hal ini memudahkan kita untuk mengetahui posisi orang lain saat sedang janjian, atau memudahkan kita mencari anggota yang terpisah dari rombongan. Yang paling menarik adalah, fitur ini digunakan secara real time dan gratis.

LINE Corporation sadar akan kebutuhan privasi penggunanya, untuk itu ita dapat mengatur kepada siapa saja lokasi kita dibagikan dan siapa saja yang dapat melihat lokasi kita pada saat itu.

Berbicara tentang privasi, LINE Here menghadirkan fitur berbagi lokasi secara aman dengan menggunakan timer. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi lokasi dengan batas waktu yang ditentukan, yaitu 1 hingga 24 jam, sehingga pengguna tidak perlu mematikan lokasi secara manual setelah bertemu dengan sahabat lainnya.

Walaupun memiliki label aplikasi LINE nyatanya pihak pengembang mengijinkan penggunanya untuk login menggunakan akun Facebook selain akun LINE. Selain itu, melalui opsi berbagi, kita dapat mengundang sahabat melalui aplikasi messenger lain seperti WhatsApp dan Facebook Messenger.


Sama seperti layanan berbasis lokasi pada umumnya, LINE Here menggunakan fitur GPS pada perangkat untuk menentukan lokasi yang lebih akurat. Sayangnya GPS terkenal boros dengan konsumsi batre sehingga layanan ini hanya digunakan seperlunya saja. Tidak hanya sampai disana, walaupun sudah menggunakan GPS tampaknya masih banyak pengguna LINE Here yang mengeluhkan keakuratan lokasi, hal ini mungkin disebabkan oleh gangguan pada perangkat atau sinyal tertentu yang mengganggu keakuratan lokasi pada aplikasi LINE Here.

Thanks for your comment