Lupa nama ibu di PUPNS? inilah solusinya

Sebetulnya kalau lupa nama ibu itu namanya kurang ajar, namun namanya manusia kadang suka typo, bisa jadi salah ketik saat memasukkan nama ibu di PUPNS, khususnya bagi PNS yang lupa password dan pertanyaan keamanan PUPNS.

Sederhananya begini, bagi PNS yang lupa kata kunci PUPNS maka form lupa kata kunci dapat diperoleh melalui tautan yang terletak dibawah login, setelah memasukkan NIP baru dan nomor registrasi akan muncul pertanyaan keamanan yang sebelumnya telah disiapkan. Namun bagaimana jika lupa dengan pertanyaan keamanan? maka form pegajuan lupa pertanyaan keamanan dapat diakses dibawahnya.

Untuk mendapatkan pertanyaan keamanan, kita diwajibkan untuk memasukkan NIP baru dan nomor registrasi, setelah itu akan muncul pertanyaan paling mendasar,"Siapakah nama ibu saya?" jika Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut maka Anda akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan keamanan yang terlupakan, selanjutnya Anda dapat memasukkan jawaban pertanyaan keamanan untuk mendapatkan password untuk login di PUPNS.

Namun bagaimana jika nama ibu yang saya input ternyata salah?

Berdasarkan atas FAQ di laman epupns.bkn.go.id, bagi yang lupa dengan nama ibu kandung dapat mengirimkan email dengan subjek lupa ibu kandung_nip baru (contoh: Lupa Ibu Kandung_1988311202226251) dengan melampirkan scan SK CPNS, KPE/Karpeg, SK pengangkatan terakhir dan akte kelahiran. Email dikirimkan ke satgaspupns2015@gmail.com, selanjutnya tunggu email balasan dari Satgas PUPNS.

Salah satu hal sedikit menggelitik saya adalah email satgas PUPNS yang menggunakan domain gratis milik Google, lantas kenapa tidak menggunakan email sendiri misalnya satgaspupns2015@epupns.bkn.go.id?

Yah, kalo ada yang gratis dan ga ribet kenapa mesti pilih berbayar tapi ribet..
Thanks for your comment