Catatan akhir tahun: Mau dibawa kemana nih blog?


Punya blog berdomain utama menuntut kita untuk selalu update, kalo ga gitu kan rugi tiap tahun bayar domain.

Untuk catatan akhir tahun ini, seperti biasa saya ingin mengulas kembali pencapaian tahun sebelumnya dan apa yang menjadi resolusi di tahun berikutnya dari blog yang saya banggakan ini, termasuk merencanakan hal-hal yang sekiranya menarik untuk dimasukkan kedalam blog sehingga menjaring banyak pembaca.

Notes of a blogger masih menjadi judul utama blog ini, walaupun dari segi materi sudah diperbaiki dan diperbarui dengan tema yang lebih mengkhusus. Tema lifestyle seperti game dan aplikasi, tech seperti gadget dan internet, jalan-jalan atau wisata dan kesehatan masih menjadi topik andalan.

Syukurnya apa yang diresolusikan di tahun 2015 sedikit tidaknya mulai menampakkan hasil, jumlah pengunjung mulai lebih stabil yaitu diantara 350-450/hari dengan pengukuran Statcounter. namun jika dilihat dari statistik bawaan blogger, jumlah kunjungan tersebut justru meningkat signifikan dari yang cuma 350 kunjungan perhari menjadi 500 kunjungan dan bahkan lebih, mungkin salah satu faktornya adalah template responsif besutan Ariana yang SEOnya keren habis.

Berbicara tentang penghasilan dari blog, syukurnya Smartfren melalui launching MiFi 4G M2P dan M2Y mengundang Bali Blogger untuk menyicipi kecepatan jaringan 4Gnya. Selain membawa pulang perangkat M2Y, kami juga mendapat santunan untuk menulis kesan-kesan yang dirasakan saat menjajal varian terbaru Andromax tersebut.

Melalui Kasti atau kelas informasi teknologi dengan narasumber PandeBaik dan BlogDokter saya mendapatkan banyak referensi monetise blog, khususnya dari pengalaman dr.Coc yang seorang blogger, selebtwit dan juga pionir praktik konsultasi online di Indonesia.

Dari segi PPC, PPA dan lain sebagainya masih belum bisa diandalkan, khususnya Google Adsense yang masih dibilangan $30++, GA memang baiknya dijadikan hiasan, karena blog dengan iklan didalamnya terlihan cukup keren.

Mau dibawa kemana blog ini?

Mengurangi tema menjadi konsentrasi utama saya, brand sedikit demi sedikit mulai harus dibentuk dengan menyisakan beberapa tema utama saja. Di tahun 2016 saya akan lebih banyak mengulas tentang mobile game, aplikasi ponsel dan seputaran gadget. Ide ini sebenarnya sudah ingin direalisasikan di tahun 2014, sayangnya kesibukan sebagai penulis lepas di Kerjanya.Net membuat saya jarang update di blog ini, bisa dimaklumi lah, menyelesaikan 40 topik/bulan bukanlah perkara mudah.

Mungkin ditahun berikutnya disiplin ngeblog memang harus lebih ditingkatkan, walaupun punya banyak deadline sekalipun. Mungkin tulisan ringan bergaya berita harus diperbanyak, misalnya postingan 100 kata, setidaknya ada ketimbang tidak samasekali.

Dari segi pekerjaan didunia nyata ya ga ada yang istimewa, masih sebagai PNS di Puskesmas Kintamani I dan praktik swasta di Kamandhani Dental Care. Tidak ada yang spesial dari hal tersebut sehingga rasanya tidak perlu diceritakan lebih jauh.

Sebagai akhir kata saya ucapkan selamat tahun baru 2016, semoga apa yang dicita-citakan ditahun sebelumnya dapat terwujud ditahun yang baru.

2 komentar

Click here for komentar
4 Januari 2016 05.08 ×

40 topik per bulan? Weleh... Saya 15 topik per bulan gen be aget :ng

Reply
avatar
4 Januari 2016 06.14 ×

Itulah kesibukan di th 2014-2015, mumpung sube suwud dadi kontributor ngidaang konsen ke blog jani. :-bd

Reply
avatar
Thanks for your comment