Kintamani kawasan wisata yang menyuguhkan pemandangan gunung dan danau Batur yang indah


Tidak dapat dipungkiri bahwa Bali merupakan destinasi wisata yang sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Dulu, jika berbicara tentang Bali maka yang ada dibenak kita adalah kawasan pantai Kuta yang menawan dan juga area tebing yang eksotis di Pecatu, padahal Bali tidak melulu tentang pantai Kuta, masih banyak kawasan wisata lainnya yang bisa menjadi daya tarik utama disetiap kabupaten/kota, misalnya Kintamani yang terkenal dengan pemandangan gunung dan danau Batur dengan suhunya yang sejuk.

Destinasi wisata paling populer di Kintamani adalah Penelokan. Penelokan merupakan sebuah desa yang menyajikan kaldera gunung dan danau batur yang muncul akibat erupsi gunung merapi. Area ini berada di ketinggian 1400 meter dari permukaan laut dan banyak dimanfaatkan untuk sekadar bersantap siang sambil menikmati pemandangan, selain itu Penelokan juga merupakan tempat terbaik untuk berfoto selfie.

Ada tiga desa utama yang menjadi destinasi wisata di Kintamani, yaitu Penelokan, Desa Batur dan Desa Kintamani. Selain itu terdapat desa kuno yang biasa disebut sebagai Desa Baliaga bagi masyarakat Bali, yaitu Desa Terunyan dengan tradisi yang masih sangat dijaga hingga saat ini. Untuk mencapai Desa Terunyan bisa diakses dengan dua cara, yaitu menyeberang melalui dermaga di Desa Kedisan atau mengakses jalan sempit yang cukup terjal dan berliku.




Berwisata di Kintamani tidak akan lengkap tanpa foto-foto di kaldera Batur. Kawasan ini merupakan area bebatuan tajam yang biasanya digunakan calon pengantin sebagai lokasi prewedding. Area yang gersang diselingi beberapa rumput yang menguning membuat kawasan ini demikian difavoritkan bagi kalangan fotografer untuk spot fotografi terbaik.




Kaldera Batur merupakan salah satu kaldera terindah di dunia yang baru saja ditetapkan UNESCO sebagai bagian dari Global Geopark Network. Geopark atau lebih lumrah disebut taman bumi merupakan sebuah kawasan atau situs warisan geologi yang mempunyai nilai ekologi dan warisan budaya, fungsinya sebagai daerah konservasi, edukasi dan sustainable development.

Berwisata tidak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner khas Kintamani, yaitu ikan mujair. Ikan mujair yang diracik dengan bumbu lokal merupakan pilihan yang paling tepat sembari menikmati indahnya pemandangan Batur. Disepanjang jalan utama Kintamani, khususnya di jalan raya batur banyak restoran dan warung makan yang menyajikan kuliner ikan mujair, tinggal pilih yang sesuai dikatong, karena citarasa yang sama bisa dinikmati di warung-warung pinggir jalan.



Salah satu keunikan Kintamani adalah fenomena lautan awan yang cukup langka. Di waktu-waktu tertentu, biasanya saat cuaca lembab dan berawan fenomena ini akan muncul khususnya disaat subuh hingga pukul 8 pagi. Kabut atau awan tampak menutupi dasar lembah, sementara langit diatasnya cukup cerah sehingga kita akan menyaksikan pemandangan lautan awan yang menakjubkan.


Kintamani merupakan salahsatu kecamatan yang terletak di Kabupaten Bangli, daerah wisata ini dapat dicapai dengan jarak tempuh 60km atau sekitar 1,5 jam dari Denpasar, sementara itu Anda dapat menempuh jarak 80km dari Bandara Udara Ngurah Rai. Salah satu kesulitan dalam mengakses daerah ini adalah minimnya sarana transportasi umum, sehingga Anda wajib merogoh kocek yang lebih dalam untuk menyewa Taxi.

Bagi Anda yang ingin menyewa kendaraan murah di Bali maka menyewa jasa transportasi online merupakan pilihan yang paling tepat. Selain proses sewa yang terbilang cepat, harga yang disajikan cukup kompetitif mengingat ketatnya persaingan rental mobil di Bali.

Salah satu penyedia layanan transportasi tersebut adalah Vokamo, tidak hanya menyediakan paket wisata Bali murah, Vokamo menyediakan rentalmobil dan rental bus yang memudahkan Anda untuk berwisata di Bali. Tinggal kunjungi websitenya, pilih transportasi yang sesuai keperluan dengan harga yang cukup kompetitif dan pelayanan yang memuaskan.

Kesimpulannya, Kintamani merupakan daerah wisata komplit yang sayang jika dilewatkan jika Anda berliburan di Bali. Kintamani menyuguhkan pemandangan gunung dan danau yang indah, pemandian air panas, waterspot dan juga kuliner yang menggugah selera.

10 komentar

Click here for komentar
Aldiansyah
admin
30 Januari 2016 22.33 ×

Menarik om, btw itu mujair nyatnyat ya? Kangen banget makan mujair di Kintamani lagi.

Reply
avatar
Anonim
admin
30 Januari 2016 22.35 ×

Trims infonya, khususnya yg terakhir, jadi ada referensi sewa mobil di bali

Reply
avatar
Made Wira
admin
30 Januari 2016 22.36 ×

Hahaha... Saya tourguide di Bali jarang liat lautan awan di kintamani

Reply
avatar
30 Januari 2016 22.38 ×

Anda cuman kurang beruntung, bli :)

Reply
avatar
Mirna
admin
31 Januari 2016 10.07 ×

Kira2 berapa sewa mobil di bali?

Reply
avatar
31 Januari 2016 10.09 ×

Silakan cek di vokamo, linknya dikalimat rental mobil blog post diatas

Reply
avatar
Richard Lee
admin
1 Februari 2016 15.24 ×

Ada rekomendasi restoran ga bro? Yang murah gitu.

Reply
avatar
1 Februari 2016 15.26 ×

Waduh, saya ga pernah makan di restoran sana, kecuali warung mujair nyatnyat yg seporsinya 15rb. Coba intip webnya vokamo, kali aja ada.

Reply
avatar
Thanks for your comment