Mabinogi Duel, free to play game yang sanggup bikin greget sekaligus penasaran


Saat ini Trading Card Game atau yang lumrah disebut dengan TCG sudah sedemikian populernya diranah mobile gaming. Puluhan bahkan ratusan judul dapat kita temukan pada OS Android dan iOS dan tentu saja dapat dimainkan lintas platform. Mabinogi Duel merupakan salah satu produk yang muncul akibat populernya TCG pada platform mobile. Game besutan Nexon Mobile ini mengajak kamu untuk berpetualang dalam dunia imaginatif dimana pertarungan antar summoner menjadi inti dalam permainannya.

Mobile TCG bukanlah merupakan barang baru, kita intip saja Rage of Bahamut yang telah sukses dengan gameplay, art dan event yang diperbarui setiap minggunya. Dilain pihak Gameloft melalui Order and Chaos Duels - Trading Card Game telah menyita perhatian pecinta TCG diberbagai belahan bumi.

Tak mau kalah dari kedua game papan atas tersebut, Nexon Mobile bekerjasama dengan DevCat menghadirkan pengalaman bermain yang tidak kalah seru. Melalui Mabinogi Duel kita tidak hanya berpetualang dan bertarung melalui sebuah misi, kita juga akan dituntut untuk mengoleksi kartu-kartu tertentu untuk memperkuat deck. Seperti apakah keseruan dalam bermain Mabinogi Duel? Berikut ulasannya.


Mode Permainan

Mabinogi Duel hadir dengan berbagai pilihan mode permainan didalamnya, mulai dari story mode hingga multiplayer battle online yang cukup menegangkan.

Inti dari permainan ini terletak pada story mode yang dikemas apik dengan petualangan yang mendebarkan. Karakter utama dalam permainan ini adalah Remiere, seorang petarung berdarah campuran, yaitu setengan manusia dan setengah elf. Remiere berpetualang untuk mencari kolam suci, dimana kolam ini sanggup menghilangkan setengah dari ras yang dimilikinya. Tujuan dari story mode sendiri yaitu mengantarkan pemeran utama dengan menghabisi rintangan yang ada untuk menjadi manusia seutuhnya.

Melalui story mode kita akan belajar tentang seluk beluk permainan Mabinogi Duel, mulai dari pengenalan kartu, sistem resource, jenis kartu, menyerang dan lain sebagainya. Kamu akan disiapkan 12 kartu dan diberikan petunjuk bagaimana cara menggunakan kartu-kartu ditangan secara efektif. Kartu-kartu yang muncul tentunya disesuaikan dengan jalan cerita, jadi mode ini menyediakan pengalaman bermain yang cukup variatif sehingga kita tidak mudah bosan dalam memainkan mode ini.

Tidak hanya melalui story mode, kita juga wajib menjajal daily mission yang terbagi menjadi 6 misi dengan tingkat kesulitan yang berbeda, yaitu 3 misi beginner dengan masing-masing 2 stage disetiap misinya, 2 misi medium dengan 3 stage disetiap misinya dan terakhir final mission dengan total 4 stage. Reward berupa koin dan diamond bisa didapat melalui mode ini, jadi pastikan untuk menyelesaikan mode ini disetiap harinya.

Berbeda dengan story mode, disini kita dapat menyiapkan sendiri kartu-kartu ditangan, tentunya disesuaikan dengan gaya bermain masing-masing player. Kartu yang disusun tentunya didapat dari misi harian, membeli booster pack, barter dan lain sebagainya.


Sebuah permainan TCG tidak akan lengkap tanpa fitur PVP, kamu dapat menjajal berbagai strategi bermain melalui arena dengan berbagai pilihan mode. Hadiah untuk menjuarai turnamen cukup menggiurkan, yaitu ratusan diamond, kupon dan juga booster pack.

Sistem resource

Resource diperlukan untuk menggunakan kartu. Kamu akan mendapatkan satu resource disetiap giliran, walau demikian kamu juga dapat mengorbankan kartu kedalam graveyard untuk mendapatkan resource tergantung dari jenis kartu yang dikorbankan. Kamu juga dapat memilih recharge untuk mendapatkan resource, namun fitur ini ibarat melempar dadu karena resource yang kamu dapatkan akan muncul secara acak.


Berbicara tentang resource, kita akan disediakan lima resource untuk dimainkan dalam pertarungan, yaitu Gold, Mana, Light, Dark dan Nature, sayangnya kamu hanya boleh memilih tiga dari lima resource untuk dimainkan didalam arena.

Kamu akan mendapat 2 resource secara acak saat level up, tidak hanya sampai disana, jumlah giliranpun akan bertambah tergantung dari jumlah level yang dicapai, sebagai contoh, kamu dapat melakukan 2 aksi disetiap giliran jika telah mencapai level 2, begitu pula pada level 3 yang merupakan level tertinggi dalam permainan ini.

Jenis kartu



Pada dasarnya Mabinogi Duel menyediakan dua jenis kartu didalam permainannya, yaitu summoning dan spell card. Summoning card digunakan untuk memanggil kartu kedalam deck, kartu ini memiliki beberapa status seperti point serangan, health point dan pertahanan ekstra. Dilain pihak, spell card berfungsi sebagai kartu jebakan serta meningkatkan point stat tergantung dari deskripsi didalamnya.

Membangun deck dengan dua jenis kartu dan maksimal 3 resource merupakan kemampuan paling mendasar yang wajib kamu kuasai dalam permainan ini. Jika kamu merasa kesulitan untuk menyusun deck, tekan tombol auto untuk membuat deck yang direkomendasikan oleh sistem. Cukup praktis, bukan?

Store

Membeli booster pack mampu menambah variasi bermain, masing-masing kartu tentunya memiliki skill yang berbeda, untuk itu mengoleksi kartu merupakan kegiatan yang paling mengasikkan sekaligus memusingkan mengingat tidak semua kartu akan cocok dengan gaya bermainmu.


Melalui toko, kamu dapat membeli booster pack dengan menggunakan diamond, yaitu mata uang premium yang didapat melalui IAP dan menyelesaikan misi tertentu. Kamu juga dapat membeli low level card secara acak dengan menggunakan koin.



Personal shop menyediakan kartu yang lebih spesifik dimana kartu-kartu ini dapat dibeli dengan menggunakan koin. Personal shop bisa kamu temukan di menu store dengan mengklik banner dibagian atas layar. Kelebihan dari personal shop adalah kamu dapat memilih kartu yang difavoritkan untuk dijadikan koleksi binder, tentunya ada rupa ada harga yang harus ditebus.

Kualitas grafis

Urusan grafis sudah tidak perlu diragukan lagi, walaupun tidak menggunakan grafis 3D nyatanya Mabinogi Duel menghadirkan fisual efek yang terbaik khususnya saat menyerang dan mengeluarkan skill dari spell card. Fisual efek tersebut didukung oleh sound efek yang baik sehingga menghadirkan pengalaman bermain yang menegangkan sekaligus candu. Untuk desain game sendiri dikerjakan oleh Kim Donggun, JeongSub Bae, Burnoru, Dos dan Gefaltete.

Sayangnya kualitas grafis tidak didukung oleh kualitas art yang memadai, walaupun dari segi desain kartu dibooking keroyokan oleh 11 art team dan 6 ilustrator asal Korsel nyatanya masih belum sanggup menandingi art desain pada permainan Rage of Bahamut.

Kesimpulan


Mabinogi Duel merupakan free to play game yang sanggup bikin greget sekaligus penasaran. Walaupun tidak memiliki kualitas desain karakter sebaik Rage of Bahamut namun melihat kualitas game yang dihadirkan membuat game ini cukup direkomendasikan sebagai tambahan daftar mobile gaming kamu. Bagi pecinta game strategi berbasis TCG maka game ini sangat cocok untuk menemani waktu luang kamu karena suguhan storyline, gameplay dan efek terbaik yang jarang ditemukan pada game bergenre TCG lainnya.



Link Banner




Thanks for your comment