Cara membuat watermark sederhana

Pada dasarnya membuat watermark untuk foto tergolong susah-susah gampang. Gampang apabila kita memiliki konsep, dan susahnya adalah merealitakannya kedalam seni fotografi.

Setiap orang tentunya memiliki seni tersendiri, ada yang menyukai logo, tulisan, dan juga menggabungkan kedua unsur tersebut. Melalui tutorial kali ini saya mengajak Anda untuk membuat desain watermark yang simpel, yaitu hanya berupa tulisan saja dengan memanfaatkan fitur pengolahan foto paling populer di dunia, apalagi jika bukan Photoshop.



Pertama-tama pilih File>New, disini saya menggunakan pengaturan widh 1500 dan height 500. Selanjutnya resolution 300 pixel/inch agar tepi garis terlihat lebih halus. Oya, jangan lupa gunakan transparent pada kolom background contents.



Selanjutnya pilih text tools atau tools dengan huruf “T” yang berlokasi disebelah kiri layar, kreasikan teks berdasarkan fonts (jenis tulisan), besar huruf dan warna.




Setelah mengkreasikan tulisan, simpan file dengan format PNG.


Untuk menambahkan watermark yang telah dibuat tadi kedalam foto sangatlah mudah, pilih file>open dan cari foto yang akan dibubuhkan watermark. Selanjutnya buka folder watermark, klik dan geser kedalam foto.



Atur posisi watermark dengan cara memperlebar/mengecilkan bingkai dan geser untuk meletakkan watermark pada posisi yang diinginkan. Klik tanda centang di kanan atas layar apabila ukuran dan posisi watermark dirasa sudah pas, terakhir simpan file dalam format JPEG.



Maka hasilnya seperti dibawah ini.




Bagaimana, cukup mudah, bukan? Anda dapat membuat beberapa jenis watermark sekaligus yang disesuaikan dengan latar foto, misalnya warna yang lebih terang untuk foto dengan latar gelap atau watermark gelap untuk foto dengan latar terang, tentunya disesuaikan dengan kreasi dan citarasa masing-masing.

2 komentar

Click here for komentar
6 Juni 2016 11.50 ×

Sejauh ini, belum pernah terpikirkan mengisi watermark pada foto pribadi.
Mungkin karena belum ada yang mengKlaim. he...

Reply
avatar
6 Juni 2016 12.00 ×

Kalo foto pribadi sih emang jarang ada yang ngasi WM. Hehehehe....

Reply
avatar
Thanks for your comment