11 tips Mobius Final Fantasy yang wajib kamu diketahui


Mobius Final Fantasy merupakan game RPG yang hadir pada versi global di bulan Agustus 2016. Game ini sebelumnya cukup popular di beberapa Negara dan bahkan sempat menjadi Mobile gaming no satu di Jepang. Seperti franchise Final Fantasy pada umumnya, game besutan Square Enix ini pun hadir dengan berbagai fitur menarik yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Nah, bagi kalian yang masih bingung memainkan Mobius FF, berikut saya hadirkan 11 tips Mobius Final Fantasy yang wajib kamu diketahui.



Ikuti storyline

Hingga artikel ini ditulis Mobius Final Fantasy pada versi global hanya memiliki dua chapter saja, yaitu Chapter 1 Blank Slate dan Chapter 2 Hope and Propechy. Mengikuti jalan cerita utama merupakan langkah yang sangat penting agar bisa membuka berbagai fitur penting didalamnya.
Tidak hanya main quest, Mobius Final Fantasy menghadirkan berbagai side quest yang sangat penting untuk memperkuat karakter. Selain itu hadirnya side quest ini sanggup memberikan berbagai kartu-kartu tertentu yang bsas dijual untuk mendapatkan uang dan juga sebagai “tumbal” untuk memperkuat Ability Card.

Pilih job yang sesuai dengan gaya bermainmu

Mobius Final Fantasy menyediakan empat job dasar yang bisa dicoba satu persatu, yaitu Warrior, Mage, Ranger, dan Monk. Masing-masing karakter tentunya memiliki keunggulannya tersendiri. Diawal permainan kamu akan bermain pada klas Warrior, sedangkan job lainnya dapat dibuka setelah menyelesaikan tutorial. Mencoba berbagai karakter dan evolusi dari keempat job tersebut memang membutuhkan waktu, namun cara inilah yang paling efektif untuk mendapatkan job yang benar-benar sesuai dengan gaya permainanmu.

Sayangnya saat artikel ini dibuat karakter Monk belum tersedia untuk versi global.

Basmi musuh dari level terendah

Setiap stage terdiri dari beberapa ronde, sedangkan masing-masing ronde memiliki jumlah musuh yang wajib untuk dilibas. Adakalanya kita akan dikeroyok oleh lima monster campuran mulai dari monster yang kuat hingga monster yang lemah.

Semakin sedikit musuh yang ada maka semakin sedikit pula jumlah serangan yang diterima, untuk itu pastikan untuk mengalahkan monster dari level terendah terlebih dahulu

Farming Skillseeds untuk membuka Skill Panel



Yang perlu ditekankan adalah job apapun yang dimiliki saat ini merupakan job yang terbaik. Tentu saja, masing-masing job memiliki kelebihan yang berbeda, hal tersebut akan meningkat seiring dengan jalannya permainan.

Masing-masing job memiliki varian dari kelas yang sama, misalnya Ranger yang nantinya akan berubah menjadi Hunter, dan Thief dan ini artinya semakin tinggi level dan dan evolusi job yang dimiliki maka semakin tinggi kemampuan yang dimiliki.

Nah, untuk meningkatkan karakter diperlukan Skillseeds untuk membuka Ability Panel. Satu job memiliki 16 panel ability yang masing-masing panel membutuhkan resource yang berbeda. Jika kalian berhasil membuka seluruh panel maka karakter baru dengan kemampuan yang lebih mumpuni dapat digunakan untuk menjalani misi di Palamecia.



Tips: Jika karaktermu cukup kuat bermainlah pada level hard. Pada level ini skillseeds yang didapat berlipat ganda jika dibandingkan pada level normal.

Perhatikan kesesuaian elemen pada Ability Card dengan ketersediaan Elemen Slot pada masing-masing karakter



Pada dasarnya Mobius Final Fantasy menghadirkan empat elemen dasar dan satu elemen support. Keempat elemen dasar tersebut adalah air, api, udara, dan tanah. Masing-masing job dan evolusinya hanya menyediakan tiga elemen yang berbeda, dilain pihak masing-masing musuh juga memiliki elemennya tersendiri.

Air efektif untuk melawan api dan sebaliknya, sementara itu tanah efektif melawan udara dan juga sebaliknya. Ability Card dengan elemen yang sama tidak akan efektif untuk melawan musuh, untuk itu jangan menyusun deck dengan menggunakan Ability Card berelemen sama dengan musuh

Tips: Mobius Final Fantasy menyediakan fitur multy slot yang bisa dimanfaatkan untuk menyusun deck sesuai kebutuhan. Misalnya jika karaktermu memiliki elemen api, tanah, dan udara maka kamu dapat menyusun dua kartu berelemen api (jika ingin farming seed berelemen api), satu tanah, dan satu udara untuk melawan musuh berelemen air. Pada deck kedua kamu dapat memasang satu elemen api, dua elemen tanah (jika ingin farming seed berlelemen tanah) dan satu kartu support untuk melawan monster berelemen udara. Disini saya menghindari kartu berelemen udara karena tidak efektif untuk melawan boss berelemen udara.



Oya, jangan menggunakan elemen yang tidak tersedia pada job class, karena elemen tersebut tidak akan bisa digunakan dalam pertarungan.

Tingkatkan level & SkillSeed dari Ability Card yg sering digunakan



Semakin tinggi level ability card maka semakin tinggi pula kemampuan yang didapat. Tidak hanya level kartu, kemampuan dari kartu tersebut dapat dibuka dengan melakukan fusion dari kartu dengan elemen yang sama. Tingkat keberhasilan unlock ability tergantung dar jenis kartu yang dipakai, jadi harap diperhatikan jumlah prosentasi dari kartu “tumbal”.

Tips: Gunakan 1-2 kartu tumbal jika jumlah prosentase minimal 80%, maka kemungkinan skil yang dibuka akan semakin tinggi. Maksimal kartu yang ditumbalkan adalah lima, jadi usahakan untuk mendapatkan kartu dengan level tinggi untuk kemungkinan sukses yang lebih tinggi khususnya saat unlock skill seed ke 4-6 (6 Skillseeds untuk ability card bintang 3).

Gunakan Trick Attack saat Break



Break merupakan kondisi saat pertahanan musuh dihancurkan. Saat break musuh akan rentan dari segala serangan dan membutuhkan beberapa waktu untuk memulihkan pertahanan tersebut. Saat status break gunakan trick attack, yaitu jurus pamungkas yang dimiliki masing-masing karakter.

Gunakan Element Drive untuk perlindungan ekstra



Jika Trick Attack memberikan serangan yang lebih besar pada lawan, maka Element Drive sanggup memberikan perlindungan ekstra dari elemen moster yang sedang dihadapi. Saat menghadapi boss monster aktifkan Element Drive dengan elemen yang sama dengan lawan, maka serangan lawan dapat diredam selama beberapa giliran.

Manfaatkan fitur Auto Full



Salah satu fitur yang menurut saya cukup membantu kita dalam bermain adalah Auto Full. Fitur ini memungkinkan kita bermain secara manual maupun otomatis. Jika kalian tidak memiliki banyak waktu luang, maka fitur otomatis bisa dimanfaatkan dalam pertarungan.

Tips: Mode otomatis berjalan pada dua cara, yaitu mode pertahanan dan menyerang. Mode menyerang tentunya sedikit mengabaikan pertahanan, maka kedua mode ini harus dipilih secara bijak. Kamu juga dapat mengaktifkan  elemen drive, maka karakter akan mengeluarkan jurus pamungkasnya secara otomatis saat dibutuhkan.

Gunakan Magicite untuk membuka Skill Panel jika kamu tidak sabaran



Magicite merupakan satuan mata uang premium dalam dunia Mobius Final Fantasy. Magicite bisa digunakan dalam berbagai keperluan. Magicite memiliki rentang harga yang cukup mahal, misalkan saja 3000 Magicite bisa dibeli dengan harga 279 ribu rupiah untuk summon 1 job card. Bagaimanapun juga, jika mau bersabar kita akan mendapatkan 100 magicite setiap 16 jam.

Mengumpulkan Magicite memang butuh kesabaran, namun hasilnya cukup memuaskan, misalnya purchase Mobius Gift Box seharga 3000 magicite dengan item-item yang sangat berguna didalamnya.
Bagi kalian yang tidak sabaran untuk farming skillseeds (khususnya pada evolusi job ke 2), 1000 magicite dapat digunakan untuk membeli lima tiket opener untuk membuka lima skil yang terdapat pada panel skill.

Reset Save Data

Rerolling atau reset save data merupakan cara terakhir bagi pemain yang tidak puas dengan statistik pertama mereka. Pemain dapat mengulang permainan dan fokus pada job pertama yang diinginkan. Dalam permainan Mobius FF, kamu dapat melakukan reset save data pada menu ECT.


Thanks for your comment