Laporan Akhir Tahun: Kunjungan naik tipis



Akhir tahun pun tiba dan sudah saatnya menyampaikan laporan untuk pembaca setia arlan85blog (itupun kalau punya pembaca setia).

Arlan85blog merupakan judul blog sebagai penerus Notes of a blogger. Saya pikir judul yang ditetapkan pada pertengahan 2016 lalu lebih cocok untuk blog kebanggaan saya ini. Arlan85blog yaitu blognya si Arlan Pratama,  bandingkan dengan Notes of a blogger yang terkesan terlalu umum untuk sebuah blog pribadi.

Sesuai dengan resolusi yang telah ditulis pada bulan desember 2015 lalu, blog ini lebih mengkhususkan diri pada tema seputar teknologi, seperti game, aplikasi dan hal-hal lainnya. Blog ini juga membahas review tentang gadget, walaupun pengetahuan saya juga terbatas dalam dunia ini. Sukurnya keterbatasan tersebut menjadikan motivasi buat saya untuk "penasaran" dan selalu mencari tau agar dapat memberikan informasi yang akurat untuk pembaca.

Gaya bahasa sesuai dengan mood

Nah, salahsatu kekurangan terbesar saya adalah menulis masih disesuaikan dengan mood sehingga imbasnya ke gaya bahasa. Jika kalian mengikuti blog ini pastinya akan berfikir bahwa Arlan85blog merupakan blog pribadi yang dibangun secara keroyokan, padahal semua konten yang ada murni sayayang bikin.

Blog ini menggunakan gaya bahasa campuran, misalnya gaya bahasa gaul dan kekinian yang merupakan imbas dari pekerjaan saya sebagai penulis lepas di beberapa website gaul dalam negeri. Hal tersebut berlaku pula dari gaya bahasa lainnya, misalnya gaya bahasa formal sebagai imbas dari kontribusi saya sebagai penulis lepas di kerjanya.net

Di tahun berikutnya, gaya bahasa akan lebih diperhatikan. Saya pikir jika gaya bahasa yang tidak formal atau gaya bahasa yang berkesan terlalu kaku akan diganti menjadi gaya bahasa yang lebih friendly.

Seberapa banyakkah jumlah kunjungan blog ini?

Pada intinya sih blog ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan statistik pada tahun 2015. Pada statistik bawaan blogger sendiri jumlah kunjungan yang tercatat sebanyak 1000 kunjungan perhari di tahun 2015 meningkat menjadi 2200 ditahun 2016. Hal tersebut berlaku pula pada statistik webmaster dimana jumlah kunjungan perhari ditahun 2015 sebanyak 300 kunjungan/hari menjadi 350-500 kunjungan perhari. Membanggakan memang, tetapi tetap saja peningkatan tersebut dirasa cukup tipis.

Gimana bisa punya pemasukan jika kunjungan blog saja minim. Ya ga..

Penghasilan dari ngeblog

Untuk tahun ini pemasukan dari blog bisa dibilang tidak ada. Berbeda dengan tahun sebelumnya bisa dapat 3-5 kali job berbayar. Saat ini PPC diharapkan bisa menghasilkan pundi-pundi penghasilan walaupun dari segi statistik tidak begitu banyak pergerakan pada lini ini.

Oya, ternyata job ngeblog tidak hanya bergelut pada nulis-publish-dapat bayaran. Hubungan berkesinambungan antara "pemberi job" dengan blogger memang harus dilanjutkan walaupun kontrak iklan sudah habis, misalnya dengan menaikkan rating perusahaan pengiklan melalui media/jejaring sosial yang kita miliki. Harapannya sih pengiklan akan mempertimbangkan kembali job-berikutnya untuk dipercayakan kepada pengiklan. Ya seperti itulah kira-kira.

Resolusi tahun 2017

Sama seperti tahun sebelumnya, resolusi perlu dibuat untuk lebih meningkatkan pelayanan khususnya dalam dunia blogging. Berkat resolusi ditahun sebelumnya jumlah kunjungan di blog ini terus meningkat dan harapannya resolusi yang dibuat sekarang sanggup menjadi rancangan yang baik untuk dibawa kemana blog ini selanjutnya.

Ditahun 2017 saya akan menerapkan gaya bahasa yang friendly dan terintegrasi dengan media sosial khususnya twitter dan facebook. Untuk tema, saya lebih cenderung ke hal-hal yang berbau teknologi, misalnya review gadget dengan sudut pembahasan yang berbeda dari blog lainnya, seperti review Android yang diambil dari sudut pandang kemampuannya dalam memainkan game berat.

Ok, saya rasa sekian penyampaian laporan dan resolusi blog ini. Sebagai owner blog arlan85.com saya mengucapkan selamat tahun baru 2017, semoga damai dalam kebinekaan dan sukses bersama kita semua.
Thanks for your comment