9 Cara Menghemat Kuota Pada Smartphone


Kuota kini telah menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi, khususnya bagi mereka yang menggunakan smartphone. Dan terkait kuota, banyak pengguna smartphone yang melakukan segala cara agar kuota yang ada pada smartphonenya bisa hemat.

Pastinya Anda juga melakukan hal yang sama bukan? Lantas bagaimana cara menghemat kuota internet yang ampuh dan terbukti efektif?

Cara Menghemat Kuota Internet

1.  Kompres Halaman pada Google Chrome
Salah satu cara menghemat kuota internet bagi Anda yang menggunakan Google Chrome, yaitu dengan mengaktifkan opsi Data Saver di Google Chrome. Cara ini dapat menghemat 30-35% konsumsi kuota internet pada smartphone Anda. Meskipun fitur ini sedikit memperlambat akses internet Anda, namun tidak berarti akan menghambat aktivitas internet Anda.
2.  Mengompresi Video melalui Opera
Nah, jika Anda menggunakan Opera pada smartphone Anda, Anda bisa mengompresi video saat berselancar di dunia maya. Jika Anda biasa menonton streaming video, tentu akan menghabiskan banyak kuota. Oleh sebab itu, untuk menghematnya, Anda bisa melakukan pengaturan pada Opera dengan mengaktifkan Data Savings.
3.  Hindari Penggunaan Aplikasi Facebook
Jika Anda terbiasa aktif di sosial media facebook, maka sebaiknya jangan menggunakan aplikasi facebook. Tahukah Anda, bahwa aplikasi facebook merupakan salah satu aplikasi yang memakan banyak data kuota Anda. Jadi, lebih baik Anda mengakses facebook melalui browser seperti Opera maupun Google Chrome.
4.  Gunakan Berbagai Aplikasi dan Game Offline
Cara menghemat kuota internet selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi dan game offline. Jika Anda membutuhkan aplikasi kamus, Anda bisa mendownload kamus offline atau Navigasi offline sehingga tetap berfungsi tanpa harus membutuhkan kuota internet. Dan jika Anda salah satu gamer, Anda dapat memilih game-game offline saja.
5.  Batasi Penggunaan Data Latar Belakang
Cara menghemat kuota juga dapat Anda lakukan dengan membatasi data di latar belakang. Data latar belakang ini dapat memakan kuota meskipun Anda tidak menggunakannya, seperti widget cuaca, update feed, serta email. Anda dapat mengaturnya pada menu setting à Data Usage à Restrict Background Data.
6.  Nonaktifkan Auto-Update pada Aplikasi
Salah satu yang membuat kuota cepat habis yaitu update aplikasi secara otomatis. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengatur ulang di Google Play, caranya pilih auto-update à lalu pilih Do not auto-update apps atau Auto update apps over Wi-Fi Only.
7.  Simpan Daftar Musik Kesayangan Anda
Nah, jika Anda sering mendengarkan musik melalui smartphone Anda, maka lebih baik simpan musik-musik favorite Anda pada smartphone. Sehingga Anda tidak perlu streaming musik langsung yang akan menghabiskan kuota.
8.  Hapus Aplikasi yang Memakan Data Tinggi
Aplikasi yang memutuhkan data yang tinggi tentu akan menghabiskan kuota internetmu, untuk itu pilih dan hapus beberapa aplikasi yang mengonsumsi data tertinggi, seperti Yahoo.
9.  Kurangi Kirim File Gambar dan Video lewat Sosial Media
Jika Anda ingin berbagai file foto ataupun video, lebih baik gunakan fitur Bluetooth agar tidak mengurangi kuota internet Anda.


Itulah beberapa cara menghemat kuota internet yang cukup efektif agar kuota  tidak boros. Selamat mencoba.
Thanks for your comment