Inliah Hal-Hal yang Menyebabkan Internet di Indonesia Lemot



Kebutuhan akan internet seakan menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi bagi sebagian besar orang. Namun sayangnya akses internet yang dirasakan para pengguna tidak selalu lancar, sesuai dengan keinginannya. Salah satu masalah internet yang kerap kali dikeluhkan yaitu internet yang lemot, khususnya di Indonesia.

Lantas sebenarnya apa sih hal-hal yang menyebabkan internet di Indonesia lemot? Nah, berikut jawabannya.

Hal-Hal yang Menyebabkan Internet di Indonesia Lemot

1.  Luasnya Kondisi Geografis

Kondisi geografis mempengaruhi kelancaran akses internet di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kepulauan terbesar di dunia, yang memiliki lebih dari 13.000 pulau yang terbentang luas. Luasnya daerah dan kondisi medan yang terdiri dari bukit dan lembah membuat tantangan berat dalam membangun infrastruktur jaringan internet yang lancar baik kabel maupun nirkabel.

2.  Mahalnya Biaya Infrastruktur

Untuk membangun jaringan internet dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, mulai dari biaya penyediaan kabel hingga tower. Nah, mahalnya biaya infrastruktur ini membuat jaringan internet tidak dapat dibangun secara merata diberbagai wilayah. Hal inilah yang menyebabkan akses internet menjadi lemot.

3.  Tingginya Pengguna Internet

Hal-hal yang menyebabkan internet di Indonesia lemot yang ketiga yaitu terkait jumlah pengguna internet yang semakin meningkat. Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah pengguna internet terbesar ke-8 di dunia, dan menduduki posisi ke-4 di Asia. Banyaknya pengguna internet, akan menyebabkan rata-rata kecepatan internet semakin menurun karena harus dibagi-bagi.

4.  Adanya Perang Promosi Antar Operator Penyedia Jaringan Internet

Para operator penyedia jaringan internet saling berlomba-lomba mendapatkan konsumen dengan promosi produk dengan harga yang murah. Dengan harga yang murah, kualitas kecepatan internet yang dinikmati konsumen justru menurun.

5.  Mengakses Website Luar Negeri

Kebanyakan masyarakat mengakses situs website luar negeri yaitu Youtube, Google, dan berbagai sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Hal inilah yang menyebabkan koneksi internet menjadi semakin lemot.

6.  Regulasi Pemerintah Kurang Efisien

Hal-hal yang menyebabkan internet di Indonesia lemot yang terakhir yaitu terkait regulasi pemerintah yang dirasa kurang efisien. Para operator dibebani dengan BHP (Biaya Hak Penyelenggaraan) yang dianggap terlalu tinggi. Hal inilah yang membuat para operator jaringan mulai hitung-hitungan bisnis balik modal. Alasan tersebut, membuat para operator menunda investasi teknologi yang lebih cepat seperti 4G LTE.

Walaupun para pengguna seringkali mengeluhkan jaringan internet yang lemot, namun Indonesia masih perlu bersyukur karena kecepatan internetnya tidak sampai 1 Mbps. Di beberapa negara seperti Libya dan Suriah, bahkan kecepatan internetnya kurang dari 1 Mbps.

Itulah hal-hal yang menyebabkan internet di Indonesia lemot. Meskipun lemot, namun Indonesia masih dapat menikmati akses internet yang cukup memuaskan, dan tidak ketinggalan perkembangan zaman.





Thanks for your comment