Hal-hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Mulai Ngeblog


Tulisan ini merupakan request dari salahsatu sahabat saya di Facebook. Jadi daripada cape-cape menjelaskan melalui chating mending dituliskan kedalam blog.

Blog merupakan sebuah sarana untuk mendapatkan ilmu. Berbeda dari buku dan majalah, blog dapat diakses dengan sangat mudah. Kalian hanya perlu sebuah perangkat yang tersambung dengan internet, maka membaca konten blog bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun diperlukan.

Apa yang paling pertamakali kalian lakukan saat kepengen membeli hape baru? tentunya nyalakan hape, buka Google dan ketik,"Harga dan spesifikasi Sungsam Galaksih 7 edge" dan dari sekian daftar dari peringkat 1-10 di mesin pencarian ini, kesemuanya adalah blog.

Apa itu blog? Blog adalah konten yang diupdate secara berkala, sedangkan 'Konten' tersebut adalah teks, gambar, audio, dan video. Biasanya jika kita menyebut blog maka yang terlintas dalam pikiran adalah tulisan panjang yang berisi sedikit gambar dan terkadang ditambah pemanis berupa video.

Apa beda Blog dengan Mikroblogging? Blog biasanya memiliki teks dengan jumlah kata yang banyak, sementara mikroblogging pendek. Contoh mikroblogging adalah Facebook, Twitter, Path dan lain sebagainya.

Apa beda Blog dengan Vlog? Blog memiliki konten yang lebih banyak, sementara itu Vlog/Video Blog hanya mengkhusus pada video dengan sedikit narasi berupa teks sebagai pemanis. Contoh Vlog kebanyakan di Youtube.

Nah, itulah sekilas tentang blog, selanjutnya adalah hal-hal yang wajib diketahui sebelum memulai ngeblog.

Ketahui tujuan ngeblog

Setiap orang memiliki tujuan ngeblog, ada yang sekadar berbagi, ada yang ingin terkenal, ada pula yang ingin mendapatkan profit dari blog.

Di Indonesia blog tidaklah sepopuler diluar sana, pun demikian blog juga jarang dijadikan profesi utama, hal tersebut diakibatkan karena profit dan masa depan yang tidak pasti. Walaupun sedikit, kini blogger Indonesia mulai meniru blogger-blogger diluaran sana, bahkan tidak sedikit juga yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan.

Tips: Ketahuilah apa yang membuat kalian tertarik untuk menjadi blogger. Tujuan merupakan penuntun keberlangsungan seseorang untuk betah menjalani profesi ini. Tanpa tujuan yang jelas, sekarang ngeblog, besok juga udahan.

Pilih tema blog

Masing-masing blogger tentunya memiliki minatnya sendiri. Ngeblog berdasarkan minat sangat disarankan buat pemula, hal ini memudahkan pembaca untuk mengelompokkan kalian berdasarkan kategori.

Blog itu ada berbagai tema, misalnya Fashion Blog yang mengulas tentang fasion, Blog Tech yang mengulas tentang teknologi (HP, Laptop, internet dll), Travel Blog yang mengulas tentang wisata seru dan unik, Food Blog yang mengulas tentang makanan dan resep.

Tips: Pilihlah satu tema yang paling diminati dan dikuasai. Membahas hal-hal yang diminati merupakan kegiatan yang paling seru, bukan?

Pilih gaya tulisan yang paling cocok dengan karaktermu

Biasanya gaya tulisan dipengaruhi oleh tema yang diangkat. Bahasa baku lebih cocok untuk berita, gaya bahasa yang gaul lebih cocok untuk hal-hal lucu dan cenderung untuk kalangan anak muda. Blog ini memiliki gaya semi-baku, karena menargetkan segala usia.

Pilih Wordpress atau Blogspot

Blogspot/Blogger dan Wordpress merupakan content management yang paling sering digunakan. Wordpress dibagi menjadi dua, yaitu wordpress.com sebagai tempat untuk ngeblog gratis (bisa juga berbayar untuk mendapatkan domain sendiri) dan Wordpress self hosting dengan domain dan hosting berbayar.

Saya menggunakan Blogspot/Blogger karena memiliki ruang penyimpanan sebesar 1,5Gb serta memudahkan kita memasukkan domain sendiri.

Hosting diibaratkan dengan rumah. Kita membutuhkan rumah termasuk lebar ruangan. Semakin besar ruangan maka banyak barang yang bisa kita masukkan. Hosting adalah rumahnya blog/website. Semakin besar hosting yang dimiliki maka semakin banyak konten yang bisa dimasukkan. Hosting memiliki besaran dalam MB.

Domain diibaratkan dengan alamat rumah. Kita bisa memilih untuk menggunakan domain gratis atau berbayar. www.arlan85.com merupakan domain berbayar, harganya Rp110.000/tahun.

Memilih nama domain

Nama domain hendaknya mencerminkan sipemilik atau tema yang dimiliki dalam blog. Blog ini menggunakan domain dengan nama sendiri karena tentu saja menceritakan segala hal yang menarik bagi sipemilik blog. Blogdokter.Net merupakan blognya seorang dokter, sipemilik menuliskan segala sesuatu yang berbau kesehatan.

Oya, domain yang berakhiran COM merupakan jenis yang paling lazim digunakan. Domain NET merupakan singkatan dari Network yang berarti jaringan atau jejaring. CO.ID biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

Kesimpulan

Ngeblog merupakan kegiatan yang asik dan seru. Banyak hal yang tak terduga saat kita ngeblog, misalnya punya teman baru, gabung komunitas dengan hobi yang sama, endorse hingga mendapatkan penghasilan yang tak terduga.

Ketahuilah apa alasan kalian untuk ngeblog, apakah sekedar berbagi atau memiliki target tertentu? itu semua kembali ke masing-masing orang, yang jelas kita kudu punya alasan yang kuat untuk ngeblog agar nanti-nanti tidak berhenti ditengah jalan akibat jenuh karena yang diharapkan belum terwujud.

Pastikan jika kalian sudah memiliki personal branding, gunakan satu tema yang dikuasai saja untuk memudahkan pembaca untuk mencari kalian berdasarkan kesamaan minat.

Utamakan berbagi dalam konten blog. Konten yang problem solving lebih laris dipasaran, jadi pastikan untuk menulis artikel ini sesering mungkin.


Thanks for your comment