Nubia UI 5.0 Yang Bikin Mupeng Abis

Pernah dengar Nubia? Ya pastinya dong..
Nubia merupakan brand smartphone asal Tiongkok yang memulai debutnya di tanah air diakhir 2016 lalu. Pada tahun 2017 ini Nubia menghadirkan tiga varian terbarunya mulai dari seri N 1 lite, M 2 Lite, dan M 2.


Dulu saat masih digandeng ZTE brand ini menghadirkan berbagai varian entry level yang laris dipasaran regional Asia. Brand ini mulai melebarkan sayapnya setelah resmi bercerai dari ZTE.
Brand ZTE Nubia telah sedemikian mengakar pada benak masyarakat kita, maka tidak heran hingga saat inipun masih banyak kita temui review yang secara monohok membuat ulasan tentang produk terbaru Nubia dengan sebutan ZTE Nubia M 2 Lite, walaupun flagship ini lahir setelah kedua belah pihak mengakhiri masa kontrak mereka.

Ok, itu sekilas tentang Nubia dan ZTE, selanjutnya kembali ke topik Nubia User Interface. Setiap brand Android tentu memiliki tampilan antarmukanya sendiri, begitupula dengan Nubia. Saat tulisan ini dibuat, Nubia menghadirkan UI versi 4.0 kedalam flagship besutannya dipasaran. yang menarik adalah Nubia UI versi 5.0 yang saat ini hanya dibenamkan pada flagship Z17.

Impresi awal Nubia UI v5.0

Secara sepintas tampilan awal pada versi 4.0 dengan 5.0 tidaklah berbeda. Dibagian kanan layar pada versi 5.0 terdapat status bar yang bila digeser akan menampilkan beberapa widget (card management) seperti reminder, recent file, status sistem (memory, sampah, jaringan, dan status batre).



Yang membuat penulis terkaget-kaget adalah submenu (WiFi, Bluetooth, Airplane dll) yang biasa kita akses saat menarik layar dari bagian atas ke bawah tidak terdapat pada versi ke-5 ini. Sebagai gantinya terdapat menu notifikasi sistem ala-ala Apple iPhone.

Trus submenunya kemana?

Submenu Nubia UI v5.0 yang mirip degan Apple iPhone

Untuk mengakses submenu kita bisa menggeser bagian bawah layar keatas. Yup, tampilan submenu rada-rada mirip dengan submenu iPhone.



Pada submenu ini terdapat flashlight, kalkulator hingga fitur scan. Dibawahnya terdapat menu WiFi, Mobile data, Bluetooth dan lain sebagainya.

Yang menurut saya paling mirip dengan submenu iphone adalah fitur Nubia Transfer yang sebelasduabelas dengan AirDrop iphone, dan Projection Nubia dengan pencerminan Airplay besutan Apple.

Well, menurut saya fitur submenu ini tumpang tindih dengan fitur splitscreen yang sama-sama diakses dengan menyapukan jari dari bagian bawah layar.

Semua fitur DSLR ada dalam satu layar



Yang paling membuat saya tertarik adalah menu khusus yang disediakan Nubia untuk mengakses fitur DSLR. Fitur ini dapat kita akses dengan menyapukan jari dari tepi kiri layar. Jadi kita tidak perlu repot-repot mengaktifkan kamera dan mengakses Camera Family untuk mencari fitur DSLR tersebut.

Yup, dengan sekali sapuan layar maka ke-16 fitur DSLR bisa diakses untuk keperluan fotografi yang lebih cepat.

Perangkat yang terintegrasi dengan Akun Nubia



Saat menjajal UI versi 5.0 penulis menemukan integrasi perangkat dengan akun Nubia, sebuah fitur yang tidak ditemukan di perangkat Nubia yg dipasarkan di Indonesia. Penulis kurang paham, apakah Nubia Account hanya tersedia pada versi Tiongkok saja ataukah versi internasional yang tidak tersedia di perangkat yg dipasarkan di Indonesia. Yang jelas penulis berharap pada versi 5.0 bisa ditemukan integrasi akun Nubia minimal bisa digunakan untuk berbagi foto, semacam akun Xiaomi Yi yang digunakan khusus untuk berbagi foto langsung setelah gambar diambil menggunakan Yi Cam.
Thanks for your comment