Pilih Si Bungsu M2 atau Si Sulung M2 Lite


Postingan ini diharapkan mampu menjawab pertanyaan kalian yang kepengen beli Nubia M2 tetapi mentok di buget.

Oke, saat ini nama Nubia mulai dikenal oleh publik. Dulu, diluaran sana produk smartphone ini lebih dikenal dengan flagship ZTE Nubia, namun setelah bercerai dari ZTE pada tahun 2012 lalu brand ini mengembangkan sayapnya dengan berfokus pada kamera tanpa mengesampingkan spesifikasi.

Saat ini smartphone sudah sedemikian melekatnya pada masyarakat kita. Kebanyakan orang menginginkan smartphone dengan kamera canggih yang bisa diandalkan untuk keperluan fotografi maupun sekadar selfie. Nah, Nubia rupanya memanfaatkan segmen ini dengan menghadirkan teknologi Neovision kedalam setiap perangkat besutannya.

Di halaman resminya Nubia menuai banyak pujian, banyak yang mengidam-idamkan flagship Nubia M2 yang notabene merupakan perangkat dengan kamera tercanggih saat ini. Sayangnya kebanyakan orang masih kepentok dibuget dengan harga M2 yang mencapai 4 jutaan.

Untuk keperluan fotografi ga hanya Nubia M2 yang memiliki teknologi Neovision, si sulung M2 Lite juga dibekali teknologi yang sama. Urusan ketajaman gambar dan bokeh, M2 Lite tidak kalah saing dari kakaknya.

Nah sebelum mempertimbangkan beli M2 atau M2 Lite ada baiknya untuk mengetahui perbedaan dari duet kakak beradik ini.

Tampilan fisik

Sekilas cukup sulit membedakan tampilan M2 dengan M2 Lite. Kedua perangkat ini mengusung  5.5 Inc HD, tombol power disebelah kanan layar dan volume disebelah kiri layar. Perbedaan yang mencolok adalah jenis charger yang dipakai, dimana Nubia M2 Lite menggunakan charger seperti kebanyakan hape Android pada umumnya, sementara itu Nubia M2 menggunakan USB type C yang bisa dibolak-balik. Jack Audio pada M2 Lite terletak disebelah kiri USB Port, sementara itu speaker disebelah kanan USB Port. Sebaliknya pada seri M2 terdapat jak audio disebelah kanan USB Port dan speaker disebelah kiri USB Port.

Yang membedakan perangkat ini terletak pada resolusi layar yang diusung, dimana nubia M2 beresolusi 1080 x 1920 Pixel, sementara itu M2 Lite mengusung layar beresolusi 720 x 1280 Pixel.

Kedua perangkat ini sama-sama menyediakan fitur fingerprint recognition yang terletak pada tombol berlogo lingkaran merah dibawah layar. 

Tidak banyak perbedaan dari segi fisik antara Nubia M2 dengan M2 Lite. Berbeda jika melihat resolusi layar dimana Nubia M2 dimana tampilannya lebih kinclong jika dibandingkan dengan adiknya. (Baca juga 6 alasan mengapa saya mupeng sama Nubia M2)

Kapasitas Batre

Nubia M2 memiliki kapasitas batre yang lebih besar, yaitu 3630 mAh, sementara Nubia M2 Lite memiliki kapasitas sebesar 3000 mAh. Yup, semakin besar kapasitas batre tentunya makin tahan lama saat digunakan sehari-hari.

Jeroan

Dari segi prosesor kedua perangkat ini menggunakan chipset yang berbeda. Nubia M2 menggunakan chipset Snapdragon 625(MSM8953) dengan prosesor Octa-core 64 bit, sementara itu M2 Lite menggunakan chipset Mediatek Octa-Core MT6750.

Penulis pribadi lebih suka dengan chipset besutan qualcomm (snapdragon) karena tidak panas saat digunakan untuk ngegame. Berbeda dengan Mediatek yang sanggup menghasilkan lebih banyak cache kesetiap core yang dimiliki. Urusan performa tentu saja kedua chipset ini sama-sama bisa diandalkan.

Dari segi RAM/ROM Nubia M2 dibekali RAM 4GB dan ROM 64GB sementara adiknya memiliki RAM 4GB dengan ROM 32GB. Menariknya lagi kedua perangkat ini sama-sama memiliki SIM slot hybrid yang bisa diisi dengan Micro SD hingga 200an GB.

Kamera

Nah, ini dia yang menjadi selling point Nubia. Pada seri M2 terdapat dual camera SONY CMOS yang masing-masing berukuran 13 MP serta dual LED Flash. Yang paling menarik adalah salah satu kamera yang menggunakan sensor mono untuk menangkap foto hitam-putih. Dibagian depan terdapat 16 MP kamera yang bisa digunakan untuk selfie dan membuat vlog berkualitas.

Berbeda dengan nubia M2 Lite yang hanya dibekali satu kamera utama sebesar 13 MP SONY CMOS single LED Flash. Tidak lupa kamera depan berukuran 16 MP untuk selfie dan membuat vlog berkualitas. (Baca juga: Mengapa saya mupeng sama Nubia M2 Lite)

Kedua perangkat ini sama-sama memiliki kamera utama berukuran 13 MP yang sama-sama memiliki hasil jepretan yang berkualitas, bedanya pada versi teknologi dimana M2 dibekali Neovision 6.5 sedangkan M2 Lite dengan neovision 6.0, secara otomatis nubia M2 memiliki lebih banyak fitur DSLR ketimbang M2 Lite, slahsatunya yaitu Camera 3D yang hanya terdapat pada Nubia M2.

Harga

Nah, masalah kualitas, harga memang tidak bisa bohong. Nubia M2 dibanderol dengan harga Rp4.399.000 sementara Nubia M2 Lite seharga Rp2.799.000. Yup, selisih harga sebesar Rp1.600.000.

Kesimpulan

Ada dua cara untuk memilih barang, yang pertama adalah melihat kualitas kemudian harga, yang kedua melihat buget kemudian melihat hape mana yang bisa diboyong dengan buget yang dimiliki.
Menurut saya kedua smartphone ini memiliki kualitas yang terbaik dalam segmennya. RAM yang sama-sama memiliki besaran 4GB tentunya bisa diandalkan untuk menjajal game berat tanpa takut ngelag. Begitu pula dengan kualitas bidikan dimana masing-masing perangkat memiliki 13 MP SONY CMOS yang bisa diandalkan dalam dunia fotografi. Oya, kesamaan lainnya ialah fitur fast charging dimana kita dapat melakukan pengisian daya dengan sangat cepat.


Selanjutnya kembali ke masing-masing calon pelanggan, apakah ingin membeli perangkat yang lebih murah dengan kualitas yang tidak kalah saing atau sekalian beli yang lebih mahal dengan kualitas dan spesifikasi yang lebih tinggi.
Thanks for your comment