mau ngeblog? ketahui terlebih dahulu tipe blogmu


in order to be a succesful blogger, first u have to know, WHY you're blogging
Itu adalah quote yang saya petik dari buku Creative Blog Writing karya Ollie Auliah-seorang enterpreneur dalam berbagai bisnis online yang notabene adalah seorang Blogger Pro inspiratif banyak blogger pemula seperti saya, melalui buku tersebut saya belajar banyak mengenal dunia blogger. Menambah wawasan untuk mengelola blog agar menarik minat pembaca, demi sebuah cita-cita yaitu menjadi Blogger Pro seperti mbak ollie.

Siapa sih yang ga kepingin dapat banyak gadget dari ngeblog? siapa sih yang ga kepingin keliling dunia gara2 ngeblog?

Saya jg kepingin, saya yakin anda yang ingin memulai ngeblog juga begitu, tapi sebelum menjadi seorang Blogger Pro tentunya perlu banyak tahapan yang harus dilalui, halangan dan rintangan pastinya juga banyak ditemui tapi seperti slogan Chitato "Life is never flat" juga berlaku disini.

Sebelum memulai membuat blog ada hal paling mendasar yang harus anda ketahui terlebih dahulu yaitu Mau Jadi Blogger Type Apakah Anda?

Sumber gambar Google

Ngeblog sejatinya tidak sesederhana yang kita bayangkan, diinternet kita akan menemui berbagai macam blog dengan ciri khasnya masing-masing, ada yang ngeblog seperti menulis diary, ada pula yang membagikan tips dan trik seputar ilmu photoshop, namun apapun itu rata-rata dari mereka telah mengetahui jati diri mereka sendiri, mau bikin blog sejenis apa, mau jadi kayak apa dan itulah yang harus anda ketahui sebelum memutuskan mulai ngeblog. Jadi masih mau ngeblog? ketahui terlebih dahulu tipe blogmu agar tak menyesal nanti-nanti.

Dalam dunia blogging kita akan menemui beberapa tipe blog, yaitu:

  1. Selebrity Blog. Ngeblog bisa jadi artis? why not... kita lihat Raditya Dika yang dengan sangat sukses membangun personal brandnya dari ngeblog, melalui ngeblog dia berhasil menghibur pembaca dengan gaya tulisannya yang konyol pada akhirnya raditya Dika memutuskan menerbitkan buku pertamanya yang berjudul Kambing Jantan-diangkat dari blognya- dan akhirnya menjadi best seller. Mungkin saja anda akan menjadi next selebrity blog yang mampu menghibur pembaca dengan tulisan di blog, apapun tak mustahil jika ada kemauan untuk mencoba. Betul begitu?
  2. Blogger Ahli. type blogger ini yang paling sering kita temui pada blogger indonesia, tipe blogger ini membagikan tips dan trik tentang segala hal yang menjadi keahliannya, saya yakin setiap orang memiliki keahliannya sendiri dan itu bisa dituangkan di blog melalui tips dan trik yang berguna bagi pembacanya.
  3. Blogger Motivator. yaitu blog yang isinya mengenai motivasi dan inspirasi hidup. Selama blogwalking(jalan-jalan ke blog tetangga) saya sangat jarang menemui blogger tipe ini.
  4. Pro Blogger. Ini dia yang dicita-citakan bagi para blogger didunia bahwa segala tulisan yang dihasilkannya akan menjadi uang, tentu saja pro blogger ini sudah mendapat pengakuan dari berbagai pihak terhadap karya tulisannya.
  5. Blogger Penjual. Tak dapat diragukan lagi bahwa blog merupakan sarana terbaik untuk menjual produk maupun jasa. dengan blog kita bisa memasukkan info produk, tips seputar produk dan testimonial yang bermanfaat untuk memeroleh penjualan.
  6. Personal Blogger. Salah satu tipe blogger yang paling sering kita jumpai, blogger tipe ini lebih suka menulis tentang perasaan dan kejadian-kejadian dalam hidupnya.
  7. Travel Blogger. Blogger tipe ini akan menuangkan segala cerita yang menyangkut hobi jalan-jalan mereka kedalam blog, saya banyak menemui blogger ini dari luar negeri sana, namun ada blogger yang sering saya ikuti contohnya di http://duaransel.com pengalaman saya dari mengikuti blog ini adalah kita berasa ikut jalan-jalan keliling dunia melalui tulisan si backpacker ini.
  8. Fashion Blogger. Cirinya adalah membicarakan segala hal tentang fashion disertai foto pakaian dan pernak-pernik/aksesoris yang paling unik.
  9. Food Blogger. Saya pernah stalking pada salah seorang food blogger asal inggris yang sayangnya lupa alamat situsnya, pada laman about me terdapat banyak penawaran dari beberapa restoran untuk mencoba masakan khasnya secara gratis, bahkan tak kurang dari mereka sanggup membayar dengan harga tinggi, ya seorang food blogger akan menulis segala hal tentang tempat baru serta makanan-makanan yang menjadi ciri khasnya. Berani mencoba?
  10. Community Blogger. Sebelumnya saya sempat membangun sebuah blog untuk komunitas Putra-Putri Dewata group, ngeblog dengan berbagai tulisan mengenai kegiatan komunitas tersebut, jalan-jalan dimana dan segala hal menarik yang terjadi dalam komunitas ini masuk ke blog. Tentu saja mampu menarik interaksi dari anggota komunitas tsb melalui forum komunikasi yang terdapat pada blog.
  11. Random Blogger. Ini adalah tipe blog yang sedang anda baca ini, blog saya tidak mengkhususkan terhadap satu materi/ide pokok saja, saya mengisi blog ini dengan apa saja yang menjadi pikiran saat itu, sesuatu yang keren, ataupun segla hal yang bermanfaat bagi orang lain.
  12. Corporate Blog. Blogger yang menulis untuk blog perusahaan, bisa berupa artikel yang berhubungan dengan produk/layanan perusahaan hingga untuk keperluan Publick relation.
  13. Technology Blogger. Tipe ini juga banyak kita temui, tulisannya seputar tehnologi, gadget dan lain sebagainya. Salah satunya adalah http://pandebaik.com yaitu seorang PNS di Bali yang juga seorang blogger aktif dengan konten blog berbau OS Android.
  14. Daily Blogger. Blogger ini biasanya meluangkan waktu sehari sekali untuk mengisi blog mereka, biasanya blog diisi dengan foto-foto yang relatif lebih mudah untuk diciptakan daripada menulis artikel.
Saya ingatkan bahwa blog adalah website dengan konten yang diupdate secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang "karakter" tertentu yang menjadikan kontennya khas. Jati diri seorang penulis terlihat dari kualitas tulisannya, sedangkan tipe blog membantu penulis untuk tidak keluar dari kontennya tersebut.
Akhir kata mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu mengenali jati diri anda untuk menjadi seorang blogger yang mampu menginspirasi dunia melaui tulisan dan harapannya lainnya adalah kelak kita bersama-sama menjadi seorang Master Blogger yang mampu mendulang rupiah ataupun dolar melalui tulisan di blog.
To get your dream, you have to start somewhere

Sumber: Creative Blog Writing by Ollie diterbitkan oleh Media Kita