Nubia Ga Bakal Kasi Update OS, Mengapa?

Disclaimer: tulisan ini merupakan analisa yang diambil dari beberapa fakta yang penulis dapat. Tulisan ini tidak mewakili pihak nubia, dan analisa tersebut bisa jadi benar dan salah.

Gambar: CNET


Tulisan ini dibuat didasari atas pertanyaan-pertanyaan yang paling umum penulis baca di postingan medsos Nubia dan komunitas user Nubia di Facebook. Pertanyaan paling mendasar yang juga menjadi tuntutan kita sebagai seorang user product kepada developernya adalah,”Kapan Update OS?

Selain menawarkan fitur dan keamanan yang lebih canggih, update OS akan memaksa para vendor untuk memperbarui kode-kode dan pembaruan lainnya yang biasa kita dapat melalui sistem update. Artinya, terdapat perubahan dan perbaikan besar-besaran saat vendor memutuskan update OS pada perangkatnya. Keuntungannya? tentu saja peningkatan signifikan pada kinerja perangkat tersebut.



Bagaimana dengan Nubia?

Nubia merupakan brand yang ber-solo karir semenjak berpisah dari ZTE pada tahun 2012 lalu. Hingga kini puluhan seri telah dikeluarkan di puluhan negara yang menyediakan Nubia dimana sektor kamera menjadi senjata utamanya. Dengan bertajuk Mobile Photography Expert, Nubia akhirnya semakin dikenal oleh masyarakat, khususnya setelah menghadirkan empat tipe smartphone di tanah air (terhitung hingga tulisan ini dibuat).

Nubia sendiri hadir di tanah air pada pertengahan 2017 yang lalu. Penulis berkesempatan untuk mengikuti acara launching Nubia M2 yang berlokasi di Bistro Rumahan, Denpasar. Penulis yang sedikit tidaknya paham tentang fotografi dibuat terkaget-kaget dengan berbagai fitur fotografi yang sangat komplit.

Animo masyarakat terhadap seri M2 semakin meningkat. Tidak hanya di Indonesia, perangkat M2 juga laris manis di berbagai Negara di Asia Tenggara, bahkan banyak calon user yang menunggu dengan tidak sabar saat Nubia Indonesia melakukan restock terhadap perangkat M2 yang habis dipasaran.

Nah, berdasarkan fakta diatas kita tentunya dibuat bertanya-tanya, mengapa Nubia tidak memberikan update OS terhadap produk M2 yang sedang laris dipasaran? (seperti yang dilakukan oleh brand sebelah pada perangkat terlarisnya)

Pertanyaan berikutnya adalah, mengapa pihak Nubia tidak menyediakan update OS untuk produk-produknya?

Salah satu jawaban yang menurut kebanyakan orang paling masuk akal adalah, Nubia tidak menyediakan update OS sebagai salah satu strategi untuk menjual perangkat-perangkat terbarunya. Bisa jadi, hanya saja penulis berkeyakinan ada alasan penting lainnya yang tidak berkaitan dengan marketing. Apakah itu?

Nah, disini penulis mencoba untuk menganalisa berbagai fakta yang penulis dapatkan. Fakta-fakta tersebut berdasarkan wawancara terhadap para petinggi nubia indonesia pada bulan Juni 2017.

Singkat cerita penulis mencurigai teknologi Neovision sebagai biangkerok mengapa hingga kini nubia belum menyediakan update terhadap produknya, namun sebelum mengarah pada pernyataan diatas penulis mencoba untuk menyampaikan fakta-fakta tentang teknologi Neovision.

Fakta-fakta tentang neovision:
  1. Nubia merupakan perangkat dengan lebih dari 65rb paten, dimana Neovision memiliki porsi 50% dari paten tersebut.
  2. Neovision merupakan teknologi yang dimiliki sendiri oleh Nubia, alias bukan merupakan teknologi yang dibeli atau lisensi dari pengembang lainnya
  3. Teknologi tersebut adalah filter-filter dalam kamera, fitur-fitur dalam kamera family hingga bokeh digital.
  4. Neovision merupakan perpaduan dari software dan hardware yang dibenamkan kedalam kamera nubia.
Mengapa penulis berani menyebutkan bahwa Neovision merupakan teknologi yang menggabungkan software dan hardware? Tentu saja karena penulis bertanya langsung kepada ahlinya, yaitu salah satu petinggi yang ada di nubia indonesia.



Mungkin kalian bertanya-tanya apa hubungannya Neovision dengan update OS? Update OS bisa dilakukan melalui FOTA atau firmware over the air alias update dengan mengunduh file, sayangnya tidak dengan hardware. Faktanya adalah hardware Neovision yang dibenamkan kedalam perangkatnya merupakan hardware build in OS versi bawaan. Mungkin sampai disini kalian akan beranggapan bahwa penulis ini sok tau, sekarang kita lihat potongan screenshot dibawah ini.




Mengapa hardware Neovision pada Nubia M2 build in Marshmallow?

Berdasarkan perbincangan penulis dengan petinggi Nubia Indonesia, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa  Neovision pada Nubia M2 merupakan software dan hardware yang bekerja secara maksimal pada OS versi saat ini (Marshmallow), begitu juga dengan M2 lite. Hal tersebut bisa berarti bahwa hardware Neovision pada Nubia M2 memang build in Marshmallow dan tidak semudah itu jika mau update ke versi terbaru.

Nah, apa yang terjadi jika kita melakukan update OS tanpa mengganti hardware? tentu saja akan mengganggu kinerja kamera, misalnya filter-filter yang tidak bisa diakses atau kegagalan saat mengakses kamera family. Jika hal tersebut benar, bisa dibayangkan betapa ribetnya mengganti sukucadang ke Service Center Nubia demi update OS, tentunya butuh waktu, tenaga, dan uang.

Apakah nubia “malas” update OS buat usernya? penulis pikir tidak demikian adanya, perangkat yang telah menghadirkan puluhan ribu paten selama kurang lebih lima tahun ini tentunya tidak main-main dengan perangkat yang dikembangkannya. Bayangkan 65rb paten dengan perhitungan 13rban paten setahun, berapa banyak insinyur, engineer, teknisi ahli dan lain sebagainya yang bekerja pada perusahaan tersebut untuk kita cap sebagai "malas" hanya karena tidak ada update OS?

Menurut penulis alasan yang paling masuk akal adalah kendala pada intern nubia yang membuat perangkatnya sangat sulit untuk update OS, yaitu hardware Neovision.

Ibarat pedang bermata dua, Neovision merupakan teknologi yang sangat “menjual” dan dilain pihak berpotensi untuk menghancurkan perusahaan jika kelemahan tersebut tidak diatasi pada produk-produk berikutnya.

Bagaimana dengan kita sebagai user Nubia? disinilah kebijaksanaan kita dibutuhkan, buat apa membahayakan perangkat untuk update OS hanya untuk mengikuti trend tetapi mengorbankan fitur kamera? Penulis sendiri selama ini cukup nyaman dengan Nubia M2 pada OS yang ada saat ini, walau demikian pembaruan berkala melalui update system tentunya sangat dibutuhkan untuk mengatasi bug dan juga memperbaiki kinerja bokeh digital pada mode portrait.

Well, sekali lagi ini adalah kesimpulan yang penulis buat berdasarkan pengamatan terhadap fakta-fakta yang ada. Hasil pengamatan ini bisa jadi benar dan bisa juga salah. Menurut kalian?



3 komentar

Click here for komentar
5 Maret 2018 08.58 ×


Saya mah gak terlalu peduli sama OS apa, toh semua itu jamannya udah lewat pas masa Android 2.1 terdahulu.

Kini yang terpenting Stabilnya dan Manfaatnya. toh soal UI, bisa pake Launcher favorit

Reply
avatar
15 Mei 2018 03.39 ×

Sudah puas dgn yg skrg meskipun ga ada update os atau apalah yg penting hp ny berjalan lancar dan nge hank, itu aja udh makasih

Reply
avatar
Unknown
admin
21 September 2018 19.19 ×

kalau bisa upgrade os nya pasti tambah keren de nubia tp gk bisa sayang sekali

Reply
avatar
Thanks for your comment