9 Tips Phonegraphy Yang Wajib Dibaca Untuk Pemula

9 Tips Phonegraphy Yang Wajib Dibaca Untuk Pemula

Beberapa orang belajar bertahun-tahun untuk menguasai teknik pemotretan dan editing, baik pada fotografi profesional maupun pada genre phonegraphy. Tidak sedikit juga yang menghabiskan banyak uang dengan mengikuti kursus fotografi demi meningkatkan level fotografinya ke level yang lebih tinggi. Namun, hanya dengan beberapa trik sederhana kita juga dapat mengambil fotografi setaraf profesional.
Nah, melalui tutorial ini kita akan belajar tips fotografi melalui 9 tips phonegraphy untuk pemula dengan cara yang mudah dan cepat.
Buat Foto Yang Sederhana
Salah satu cara untuk menghasilkan foto yang indah adalah dengan memotrek kesederhanaan, dalam artian jangan memasukkan terlalu banyak elemen kedalam foto. Foto yang terlalu banyak detail dengan sangat mudah mengalihkan perhatian orang yang melihat.
Foto yang baik adalah foto yang mudah diingat, caranya adalah dengan memiliki satu subjek dan satu cerita. Mengapa komposisi minimalis cukup ideal untuk dibagikan ke media sosial? jawabannya cukup mudah, pemirsa biasanya mengakses kiriman foto melalui perangkat seluler mereka, jadi foto yang tersaji berdasarkan berapa besar layar perangkat yang mereka bawa. Siapapun pastinya setuju jika foto yang terlalu ramai cukup mengganggu dan berpotensi kehilangan pemirsa.
Membuat foto yang sederhana merupakan salah satu tip phonegraphy termudah namun paling ampuh yang bisa Anda pelajari.
Ambil Gambar Dari Sudut Rendah
Kebanyakan orang mengambil foto dengan memposisikan kamera setinggi dada orang dewasa ketika berdiri. Cara ini mungkin cara yang paling mudah dan lazim untuk mengambil foto, namun tentunya ada banyak cara yang lebih kreatif.
Salah satu cara kreatif untuk mengambil gambar adalah dengan memosisikan kamera dari sudut rendah. Alasan pertama adalah kita akan mendapatkan sudut pandang yang baru, begitu juga dengan pemirsa yang melihat dunia dengan cara yang baru.
Alasan selanjutnya untuk mengambil gambar dari sudut rendah adalah menghilangkan gangguan agar membuat subjek lebih menonjol. Alih-alih memotrek subjek dengan latar yang ramai dan tidak beraturan, alangkah baiknya memosisikan kamera dari sudut rendah dengan memberikan latar langit pada subjek.
Tunjukkan ”Kedalaman” Dalam Foto
Pada kebanyakan fotografi landscape, sebuah foto akan terlihat jauh lebih indah jika sanggup menyampaikan kedalaman bidang. Hadirnya kedalaman bidang sanggup membuat foto terlihat lebih hidup dan membantu menarik perhatian pemirsa untuk masuk kedalam adegan dalam foto.
Ada beberapa teknik yang mudah untuk menghadirkan kedalaman bidang. Salah satu metode yang ampuh adalah menggabungkan garis-garis kedalam komposisi.
Jalan, jalur, sungai, atap bangunan, rel kereta api, atau tepi pantai merupakan garis-garis yang paling umum digunakan. Pastikan Anda membuat foto dengan memanfaatkan garis alami ini agar foto tidak terkesan datar.
Teknik berikutnya untuk menciptakan kedalaman bidang adalah memasukkan sesuatu yang menarik dan diletakkan pada foreground, seperti bebatuan, bunga, daun atau objek lainnya yang dapat kita temukan. Pastikan bahwa pemirsa dapat mengira-ngira ukuran objek tersebut sehingga pemirsa dapat membandingkan objek dengan latar. Nah, jika Anda berusaha untuk memasukkan objek pada  latar depan ke dalam komposisi, cobalah untuk mengambil gambar dari sudut yang lebih rendah.
Cara lainnya untuk menciptakan kedalaman bidang pada foto Anda adalah dengan menggunakan sesuatu di latar depan untuk membingkai pemandangan. Memotret melalui bingkai alami membantu menarik mata melalui bingkai ke pemandangan di luar, sehingga menciptakan perasaan kedalaman yang lebih kuat dalam foto. Dengan mengikuti tips fotografi sederhana ini, Anda akan segera membuat gambar menjadi lebih hidup.
Tangkap detail dalam foto close-up
Salah satu kesalahan yang umum dilakukan Phonegrapher saat mengambil foto adalah tidak terlalu dekat deng objek, padahal detail, warna dan teksture akan lebih terlihat jelas jika kamera smartphone berada dekat dengan objek.
Perlu diingat bahwa kamera smartphone Anda tidak akan bisa fokus dengan benar jika lensa terlalu dekat dengan subjek. Jika Anda ingin menangkap close-up detail kecil yang ekstrem, Anda harus menggunakan lensa makro yang memungkinkan untuk mendapatkan fokus yang sangat dekat dengan subjek.
Sertakan Bayangan Dalam Komposisi Anda

Ketika matahari semakin rendah, seringkali bayangan yang dihasilkan oleh objek lebih menarik jika dibandingkan dengan objek itu sendiri. Memotret bayangan dapat menambah kesan misterius dalam foto, dan kebanyakan fotografer lebih suka meletakkan bayangan ke latar utama (foreground) untuk menambah visual kedalam foto.
Bayangan panjang tercipta saat matahari berada pada posisi sangat rendah di langit. Pengambilan gambar saat goldem time saat mentari terbit atau menjelang terbenam merupakan waktu terbaik untuk mengambil foto semacam ini.
Untuk memastikan bahwa bayangan yang difoto tampak menonjol pada gambar, maka gunakan pengaturan foto manual sehingga bayangan tampak cukup gelap. Cara yang paling mudah adalah melakukan pengaturan foto melalui aplikasi, dengan mengatur kontras dan brigness.
Ambil Foto Siluet

Siluet merupakan salah satu foto yang paling populer. Foto ini diambil dengan memanfaatkan benda atau sesuatu yang diambil membelakangi cahaya, sehingga onjek akan tampak gelap dengan batas tepi yang jelas.
Sama seperti memotret bayangan pada point 5, foto siluet akan tampak lebih bagus jika diambil saat golden time, dimana langit berwarna sangat indah untuk dijadikan latar dalam foto.
Refleksi Foto
Foto refleksi merupakan foto yang memanfaatkan pantulan untuk menggandakan objek. Pada dasarnya kita akan menemukan banyak permukaan yang sanggup memantulkan bayangan, namun genangan air merupakan refleksi terbaik dan paling umum digunakan oleh fotografer.
Ambil Foto Simetris
Simetris merupakan sebuah kata yang menggambarkan dimana kedua bagian dari sesuatu terlihat identik atau hampir sama, dengan kata lain sejajar.
Lakukan pengeditan foto melalui aplikasi
Saat ini retouch atau editing foto tidak bisa dipisahkan dari seni fotografi. Editing foto memungkinkan kita untuk mengoreksi hal-hal yang sebelumnya cukup menggangu pada foto yang dihasilkan, juga memperbaiki warna dan tingkat kecerahan. Jadi jangan ragu-ragu untuk melakukan pengeditan foto jika dirasa perlu.
Thanks for your comment