Nubia N2 Lite: chubby-chubby cabe rawit


Kesan pertama yang saya rasakan saat pertamakali memegang ponsel Nubia N2 Lite adalah “chubby” dan “ngegemesin”, betapa tidak, body yang sedikit lebih “gemuk” membuat saya sedikit terkaget-kaget apalagi karena terbiasa menggunakan Nubia M2 yang tipis dan licin.

Walaupun tergolong dalam hape sejutaan namun kesan premium masih terpancar saat pertama kali memegang ponsel ini. Perangkat yang saya ulas kali ini merupakan varian warna black gold dengan OS dan layar kekinian.

Berbicara tentang layar, Nubia N2 Lite menghadirkan format 18:9 dengan ukuran 5,7 inc beresolusi HD, untuk itu perangkat ini tidak menyediakan tombol home yang juga berfungsi sebagai fingerprint scanner, maka fitur pemindai sidik jari ini dipindahkan dibelakang perangkat, walau demikian Nubia tetap berusaha mempertahankan ciri khasnya dengan menghadirkan virtual halo button yang juga berfungsi sebagai menu home.

Diatas layar, hadir sebuah kamera berukuran 5 Megapixels dengan LED flash, hal ini cukup membantu kita saat selfie ditempat yang gelap. Oya, kamera ini juga menghadirkan fitur AI yang bisa digunakan untuk facescanner untuk membuka layar. Dibelakang perangkat terdapat dua kamera yang beresolusi 13 Megapixel dan 2 Megapixel. Kedua kamera ini juga didukung LED flash yang membantu kita memotrek ditempat yang gelap.

Frame yang mengelilingi Nubia N2 Lite terbuat dari metal berwarna emas, bagian belakang terbuat dari plastik dengan finishing doff, kekurangannya sih berbekas saat dipegang oleh jari yang berminyak. 

Nubia N2 Lite menempatkan tombol volume disebelah kiri dan tombol power disebelah kanan, disisi bawah terdapat loudspeaker dan port USB type-B, sementara itu port audio 3,5 mm pada bagian atas.

Oya, walaupun sedikit lebih tebal jika dibandingkan perangkat nubia yang lainnya, saya tidak menemui masalah saat mengantongi Nubia N2 Lite di saku celana.

Ok, itu dari sisi body, bagaimana dengan software?

Nubia N2 Lite menggunakan User Interface versi 3.0 pada OS Android 8.1 Oreo. Sayangnya fitur edge gesture untuk berpindah antar aplikasi dihilangkan dari perangkat ini, sebagai gantinya kita dapat gonta-ganti tema sesuka hati, fitur ini tentunya tidak dimiliki oleh perangkat pendahulunya. Oya satu lagi, wallpaper lockscreen dapat berubah-ubah saat mengakses tombol power, jadinya makin kece dan ga ngebosenin.

Salahsatu fitur yang menurut saya sangat keren adalah “Freezer”. Fitur ini mampu membekukan aplikasi yang tidak digunakan sehingga sanggup mempercepat ponsel dan meningkatkan efisiensi energi. Fitur ini cocok bagi kalian yang memiliki aplikasi yang jarang digunakan namun enggan untuk dihapus, bahkan fitur ini sanggup membekukan aplikasi-aplikasi bawaan Google. Menarik kaan..





Nubia menghadirkan fitur split screen pada perangkat ini. Berbeda dengan perangkat-perangkat yang terlebih dahulu rilis di Indonesia, split screen pada Nubia N2 Lite bisa diakses setelah membuka aplikasi, yaitu dengan menekan tombol kiri agak lama.




Nubia N2 Lite menggunakan prosesor MTK 6793 Quad Core dengan RAM 3GB dan ROM 32GB. Walaupun menggunakan prosesor menengah namun perangkat bisa diandalkan untuk main game sekelas Mobile Legend, AOV, serta PUBG Mobile pada setingan low.




Ditenagai dengan baterai 3.300 mAh perangkat ini sanggup buat nge-game seharian. Sayangnya tidak dilengkapi dengan fitur fast charging sehingga proses pengisian daya pun terasa lama.





Nubia N2 Lite menyediakan dua slot sim dan satu slot Micro SD Card. Untuk memasukkan SIM Card kita harus rela untuk sedikit kerepotan dengan cara membuka penutup belakang melalui port USB dibawah perangkat. Terkesan oldies ya gan, hehehe..

Oya, walaupun kita dapat membuka chasing bagian bawah jangan harap bisa melepas batre tanpa membuka bautnya terlebih dahulu.

Kamera Nubia N2 Lite

Nubia N2 Lite juga memiliki kamera yang dapat diandalkan. Kamera utama sebesar 13 Megapixels yang dipadukan dengan lensa sekunder sebesar 2 Megapixels. Saya tidak menemukan menu untuk mengakses kamera sekunder ini, maka sayapun berasumsi bahwa kamera utama berfungsi sebagai fokus dan lensa sekunder berfungsi untuk blurring.

Pada sisi depan terdapat kamera selfie beresolusi 5 Megapixels. Yang paling menarik adalah kamera ini disediakan flash LED buat kalian yang doyan selfie bahkan ditempat gelap sekalipun.

Absennya teknologi Neovision merupakan salah satu kekurangan terbesar pada perangkat ini, jadi kalian tidak dapat membuat foto kreatif seperti slow shutter, Light draw, trajectory, electronic aperture, hingga clone yang merupakan fitur andalan Nubia. Sebagai gantinya terdapat fitur VAN Cam yang berfungsi untuk menambah aksesoris kekinian saat selfie seperti telinga kucing dan lain sebagainya.




Apakah Nubia N2 Lite bisa menghasilkan bokeh ekstrim? Sayang sekali perangkat ini tidak menyediakan mode portrait seperti halnya Nubia M2, bahkan tidak tersedia pemotretan mode PRO/Manual untuk mengatur aperture untuk menghasilkan foto bokeh, untuk itu aplikasi Google Camera bisa digunakan untuk menutup kekurangannya.

Pantaskah saya beli Nubia N2 Lite?

Buat saya, pantas atau tidaknya memboyong sebuah smartphone bergantung dari harga jualnya dan budget yang dimiliki. Simpelnya sih ada harga ada kualitas, dalam hal ini Nubia Indonesia termasuk berani menghadirkan perangkat sejutaan dengan berbagai fitur baru dan juga pengurangan fitur lainnya jika dibandingkan dengan perangkat terdahulunya.

Bagi kalian yang ingin memiliki smartphone layar kekinian dengan buget sejutaan maka Nubia N2 Lite bisa dibeli, namun jika kalian tipe orang yang suka memperhatikan "mending ini mending itu" lebih baik pikir-pikir dulu deh, hanya saja penilaian saya terhadap perangkat ini adalah Value sepadan dengan harga. Thats it!

Nah, berikut adalah spesifikasi lengkap Nubia N2 lite

Design

OS
Android 8.1 (Oreo)
SIM Slot
4G LTE/WCDMA/GSM

LTE FDD: B1, B3, B5, B7, B8

LTE TDD: B410
Network
WCDMA 850/900/2100/MHz

GSM 850/900/1800/1900MHz
Hardware

Procesor
MTK 6739 Quad Core 1.3 GHz
Memory
3GB RAM + 32GB ROM
Fingerprint
Yes
Sensors
Light Sensor, G Sensor, Proximity Sensor
Battery
3300mAh
Display

Size
5.7"HD + 2.5 (1440*720)
Format
18:09
Camera

Rear
13 MP AF + 2 MP with flash
Front
5 MP FF with flash
Connectivity

WiFi
Wi-Fi 802.11 b/g/n, 2.4g
Bluetooth
V 4.2
USB OTG
No
USB-Standard & Speed
V 2.0
Dual Mic
Yes


Next
This is the current newest page
Thanks for your comment