Perbedaan Deposito dan Tabungan serta Kelebihan dan Kekurangannya

Source: http://palinko-agoston.blogspot.com

Apa sih perbedaan deposito dengan tabungan?

Deposito merupakan pilihan yang paling umum selain produk perbankan lainnya seperti tabungan. Masyarakat beranggapan bahwa deposito memiliki bunga yang lebih tinggi dan jangka waktu penarikan yang lebih panjang jika dibandingkan dengan tabungan.

Walaupun memiliki suku bunga yang lebih tinggi nyatanya sebagian besar orang lebih suka menyimpan uangnya di Bank dalam bentuk tabungan. Hal tersebut tentunya didasarkan atas banyak pertimbangan.

Nah, sebelum memutuskan untuk menyimpan uang dalam bentuk deposito, ada baiknya untuk memperhatikan perbedaan deposito dan tabungan serta kelebihan dan kekurangannya melalui ulasan dibawah ini.

1. Jangka Waktu Penarikan


Perbedaan mendasar antara tabungan dengan deposito adalah jangka waktu penarikan. Dana yang tersimpan dalam bentuk tabungan bisa diambil kapan saja, berbeda dengan deposito yang hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya deposito memiliki jangka waktu mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. Uang yang didepositokan tentunya tidak bisa ditarik sebelum jangka waktu yang telah disepakati, misalnya Anda memilih jangka waktu deposito selama 12 bulan maka Anda tidak bisa mengambil dana tersebut kurang dari 12 bulan jika tidak ingin terkena penalti yang dapat merugikan diri sendiri.

Salah satu cara menyiasati hal tersebut adalah buatlah 2 jenis pendanaan yang berbeda, yaitu dana darurat dan dana jangka panjang. Masukkan dana darurat kedalam tabungan yang bisa ditarik sewaktu-waktu, sedangkan dana jangka panjang dimasukkan kedalam bentuk deposito. Jika Anda memiliki uang dan tidak memiliki kebutuhan yang mendesak maka deposito menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan bunga yang lebih tinggi.


2. Bunga



Deposito merupakan suatu produk perbankan simpanan berjangka, tentunya memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan. Biasanya suku bunga tabungan berkisar antara 0,3% - 0,5% tergantung dari kebijakan masing-masing bank, sedangkan deposito memiliki bunga flat antara 5,00% - 7,50% setahun.

Tabungan biasa tentunya memiliki suku bunga yang rendah dan bisa jadi lebih kecil daripada biaya administrasi bulanan Bank. Namun, kita dapat melakukan penarikan sewaktu-waktu untuk keadaan darurat atau berbelanja baik secara online maupun di toko fisik.

3. Bukti kepemilikian

Buku tabungan dan ATM merupakan bukti kepemilikan tabungan di bank, sedangkan bilyet deposito merupakan bukti kepemilikan saat Anda membuka deposito.

4. Jenis Produk



Jika dilihat dari point ke-2 diatas maka deposito masuk dalam kategori investasi, sama seperti golongan instrumen investasi lainnya seperti reksadana, obligasi, forex dan lain sebagainya. Deposito merupakan produk investasi yang memiliki risiko paling minim, namun memiliki suku bunga yang paling kecil diantara produk investasi lainnya.

Deposito merupakan produk perbankan yang paling direkomendasikan untuk memulai berinvestasi bagi para pemula.

Nah, tidak mau ketinggalan dari Bank lainnya, BPR Lestari sebagai badan keuangan menghadirkan investasi dalam bentuk deposito. Program ini tentunya berlaku bagi nasabah BPR Lestari melalui aplikasi online www.Depositoku.id.


Apa sih yang membedakan deposito di BPR Lestari jika dibandingkan dengan Bank Lainnya?

1. Bunga fix 6,75% setahun


Seperti yang disebutkan diatas, suku bunga deposito berkisar antara 5% hingga 7,50% tergantung dari kebijakan bank dan sangat dipengaruhi pula oleh berapa besarnya dana yang dideopsitokan. BPR Lestari berani memberikan suku bunga 6,75% setahun dengan minimal deposito sebesar Rp 8.000.000 saja, hal tersebut tentunya berbeda dengan kebijakan bank lain dimana Anda dapat menikmati bunga deposito diatas 5% jika sanggup mendepositokan dana ratusan juta.

2. Program referral


Tidak hanya memiliki bunga tinggi dengan deposito nominal kecil, BPR Lestari juga menghadirkan program referral dengan keuntungan yang cukup menggiurkan. Dengan mereferensikan orang lain untuk membuka rekening depositoku.id Anda mendapatkan keuntungan sebesar Rp 30.000 per rekening, nah bisa dibayangkan jika Anda dapat mengajak banyak orang untuk mengikuti program ini.

Apa sih syarat mengikuti program depositoku.id?

Program ini tentunya terbuka untuk umum dengan pilihan jangka waktu 1,3,6 atau 12 bulan. Minimum penempatan deposito di BPR Lestari mulai dari Rp 8.000.000 dengan suku bunga LPS Bank Umum yang berlaku saat penempatan deposito. Target program ini adalah WNI dan WNA yang berdomisili disekitaran Kota Denpasar dan Mangupura.

Terakhir, mendaftar secara online di www.depositoku.id.

Tidak hanya program depositoku.id, ada banyak program menarik lainnya yang ditawarkan oleh BPR Lestari, misalnya nabung tanpa biaya administrasi, sadisnya potongan harga di ratusan merchant hingga program modal kerja yang ditawarkan untuk para nasabahnya.

So, buruan.. Segera bergabung dengan BPR Lestari dan nikmati segala jenis kemudahan yang ditawarkan.
Thanks for your comment